Kategori

2019/02/22

Resensi Novel "Nathan & Laura"

Resensi Novel
"Nathan & Laura"

 
www.google.com

Judul Buku                : Nathan & Laura
No. ISBN                    : 9786026940544
Penulis                       : Aqilah Tisalsabilah
Penerbit                      : Best Media
Tanggal terbit            : Februari 2017
Jumlah Halaman       : 408
Kategori                      : Romance
Harga Buku                  : Rp87.000,00


            Buku dengan sampu dominan berwarna putih dan terdapat judul Nathan & Laura dengan sepasang cangkit berwarna ungu dan orange. Judul dari buku tersebut mempunyai tekstur yang glossy. Kertas yabg digunakan adalah kertas lembaran biasa. Design dari buku tersebut pun cukup sederhana tetapi menarik.
          Pertama kali saya selesai membaca novel ini, saya menyangka bahwa penulis novel ini adalah seorang siswa SMA atau mungkin berumur lebih dewasa. Dan itu membuat saya lumayan terkejut ketika mengetahui bahwa si penulis Aqilah Tisalsabila mengeluarkan buku ini di umur kurang lebih 10 tahun . Aqilah berhasil menuliskan sebuah cerita kisah anak SMA dengan bahasa yang sangat ringan sehingga sangat mudah dipahami. Saya rasa, siapapun yang membaca novel ini akan mudah mengikuti alur cerita di dalam novel ini.
            Kisah anak SMA yang bernama Nathan, seorang lelaki yang dingin, namun dibalik sifat dinginnya ia memiliki rasa peduli yang besar terhadap sesama. Disini Nathan bertemu dengan seorang perempuan dengan sifatnya yang tidak bisa diam, Laura.Selain itu, seseorang dari masa lalu Laura datang di saat Laura ingin mengapus dirinya dari kehidupannya telah merubah banyak hal dalam diri Laura.Ditambah lagi kisah tentang adik Laura dan adik Nathan yang membuat saya menerka banyak hal sebelum selesai membaca novel ini.
            Di novel Nathan & Laura ini, Aqilah akan mengaduk perasaan kalian sebagai pembaca novel ini. Alur cerita yang maju mundur terkadang membuat jantung degdegan, menerka akhir cerita yang ternyata membuat saya terkejut.
            Penulis berhasil menciptakan seorang tokoh yang membuai para pembaca. Bagaimana di bersikap, tingkahlakunya, kejahilannya, dan bagaimana cara Nathan ketika bersama dengan Salma- semua terkesan sangat menarik. Untung masalah karakter, penulis sudah berhasil membuat karakter-karakter yang kuat, ak hanya pada tokoh utamanya, untuk tokoh pendukung yang jumlahnya tidak sedikit, penulis dapat memberikan mereka ciri khas pada masing-masing tokoh.
           Buku ini memiliki Tema yang cukup disukai banyak kalangan remaja. Tetapi, alur ceritanya yang maju mundur cukup membuat bingung pembaca. Dialognya banyak sehingga terkesan pembaca akan lebih tertarik untuk mengikuti alur ceritanya. Konflliknya yang banyak membuat seru dan berkesan lebih menantang. Beberapa bagian terlalu mengandung unsur yang kurang masuk akal.
            Laura menahan napasnya saat air mulai membasahi kepalanya.Matanya ditutup rapat.Mulutnya diikat kain dengan kuat.Laura tidak bisa melihat keadaan sekitar karena matanya tertutup.Tangannya perih.Dia diikat di kursi." Dari kutipan novel tersebut, dapat disimpulkan bahwa sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu sudut pandang orang ketiga serba tahu.
            Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu bahasa yang mengikuti perkembangan zaman, tidak kaku ataupun membosankan, melainkan menggunakan bahasa komunikatif sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami oleh pembaca khususnya bagi kalangan remaja : Cabut,Guys,
            Amanat yang dapat dipetik dari cerita ini adalah dimana banyak ilmu yang dapat kita ambil dari novel ini. yaitu tentang pengorbanan, tentang kasih sayang, persahabatan, bahkan tentang mau menerima kenyataan dan arti memaafkan.

           
 *** Selamat Membaca ***

www.pixabay.com



 Baca juga: 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar