Kategori

2019/02/04

Resensi Harry Houdini (Pesulap)

Harry Houdini, Pesulap Multitalenta


www.google.com

Penulis                                 : Tui T. Sutherland
Penerbit                              : Grasindo
Tahun terbit                       : 2005

                Harry Houdini adalah pesulap terkenal, Ia juga seorang bintang film, pilot, pemain akrobat, dan penulis. Ia tidak suka disebut pesulap karena menurutnya ia adalah seorang “escape artist” atau “artis menghilang”. Banyak orang terikat pada Harry Houdini karena, aksi – aksinya yang tidak pernah dilakukan oleh orang lain. Bahkan banyak rahasia sulap Houdini yang hingga kini masih menbjadi misteri. Houdini terkenal tanpa memanfaatkan televisi, komputer, atau film. Bahkan sampai sekarang pun, 75 tahun lebih setelah meninggalnya, ia masih diakui sebagai pesulap terkenal yang pernah hidup.
                Pada tahun 1886, saat Houdini masih berusia 12 tahun ia berniat ingin pergi ke Texas. Tapi nyatanya, ia malah menuju ke Kansas City, Missouri. Ia melakukan itu karena ia kabur dari rumah untuk mencari uang yang lebih banyak untuk keluarganya. Banyak orang mengira bahwa Amerika adalah tempat ajaib untuk merubah hidup menjadi lebih baik lagi. Ayah Houdini salah satu orangnya, namanya Mayer Samuel Weiss. Harry pun meiliki nama Weiss di namanya, nama aslinya adalah Ehrich Weiss.
                Bagi Harry sukses bukanlah “keajaiban” yang lahir dalam sekejap. Pertama, Harry mempelajari segudang tipuan. Ia selalu meletakan buku catatan emngenai trik – trik  di sisi tempat tidurnya, untuk menuangkan ilham yang datang di tengah malam. Pertunjukan pertamanya adalah “Houdini Bersaudara”. Ia melakukannya dengan adik laki – lakinya, Theo sebagai mitranya. Hingga suatu malam, Theo gagal memperagakan tipuan Harry yang paling bagus, padhal Harry sangat membenci kekeliruan. Pada tahun 1894, Harry bertemu dengan Bess. Bess san Harry jatuh cinta pad pandangan pertama. Keduanya menikah hanya dalam waktu dua minggu.
                Harry berhasil menemukan sesuatu yang unik untuk emmbuatnya terkenal yaitu menghilang. Ia adalah orang pertama yang menjadikannya menjadi atraksi utama dalam pertunjukannya. Pada tahun 1899, Harry dan Bess sudah berkelana selama 5 tahun. Harry mulai patah semangat, berpikiran untuk mberhenti melakukan sulap, dan menjual semua trik – triknya. Sampai suatu saat, ia bertemu Martin Beck, pengelola sirkuit Orpheum yang memberinya saran yang berarti bagi Harry. Ia membuat Houdini menjadi sadar akan kemampuannya dan menjadi lebih sukses lagi akan atraksinya. Akhir tahun 1899, penghasilannya suda sampai $100 perminggu.
               Bulan Mei 1900, dua puluh dua tahun setelah datang ke Amerika, ia kembali menyeberangi Samudra Atlantik. Harry, Bess dan anjingnya Charlie melakukan perjalanan jauh selama dua minggu. Akhirya ia tiba di Inggris, lebih tepatnya ia menuju London, Scotland Yard. Ia langsung menunjukan aktraksinya di kantor kepolisian ternama. Hal itu mengantarkan Houdini untuk tampil di teater ternama London yaitu Alhambra. Alhambra adalah panggung paling mengesankan, tempat itu mirip gedung opera, para penontonnya lebih anggun dan tidak banyak bicara. Tanggal 24 Oktober 1902, seorang pria tiba – tiba meniaki panggung, namnya William Hodgson. Ia menantang Harry dengan borgol yang sudah ia siapkan. Namun selama satu jam setengah ia berhasil meloloskan diri dari jebakan Hodgson.
                Pada 1908, pertama kalinya Houdini memperagakan tipuan barunya yang ia anggap sebagai yang terbaik yang pernah ia lakukan. Triknya itu adalah dengan meminta para penonton untuk menghitung berapa lama ia dapat bertahan di dalam gentong yang berisi air. Trik itu membuat para penonton masuk kedalam suasana tegang dan membuat aksi Harry Houdini menjadi aksi yang paling dinantikan di negara mereka. Tidak hanya sampai itu Harry Houdini kembali menemukan aksi yang tidak kalah menegangkan dari aski sebelomnya. Yaitu aksi untuk meloloskan diri dari sungai, Harry Houdini akan menyeburkan diri ke dalam sungai dengan melompta dari atas jembatan menuju sungai. Ada beberapa pesulap yang juga ikut mengikuti atraksinya, namun sebagian besar dari para pesulap malah menybabkan kematian bagi dirinya sendiri.
                Harry Houdini senang menjadi orang terkenal. Ia suka menjadi orang yang terbaik dan pertama untuk melakukan hal yang baru. Harry mendengar bahwa pesawat telah ditemukan oleh Wright bersaudara. Mengingat bahwa Harry tidak suka menaiki kapal, karena ia sangat membenci laut yang selalu menyebabkannya mabuk laut. Akhrinya Harry memutuskan untuk belajar mengemudikan pesawat. Ia juga berpikir bahwa ia harus menjadi bagian dari sejarah penerbangan. Dengan cara, ia membeli pesawat pribadi beranama Voisin dan menaikinya ke atas kapal uap. Pada 18 Maret 1910, sekelompok wartawan sudah menunggu – nunggu Harry mengemudikan pesawat pribadinya perlahan – lahan di sekeliling tanah lapang. Dan akhrinya, rekor resmi mengatakan bahwa peristiwa ini adalah penerbangan perdana di Austraia, berlangsung selama tiga setengah menit dan terbang setinggi seratus kaki di angkasa.

                 Pada tahun 1900-an, film – film pertama mulai diputar di teater. Mendengar itu Harry sangat tertarik untuk bermain dalam film. Harry berhasil untuk main film perdananya yang berjudulThe Master Mystery, pertama kali diputar pada tahun 1919. Film itu adalh film berseri. Tidak hanya sampai itu, pada empat tahun kedepannya ia membintangi empat film.



*** Selamat Membaca ***


www.pixabay.com
Baca juga:

resensi-hermes-fortune-i-am-best-i-am

jack-ma-1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar