Kategori

2019/02/08

Dampak Media Sosial


Dampak Media Sosial terhadap Nilai Akademik Siswa


www.pixabay.com

Media sosial sudah terkenal bagi masyarakat Indonesia terutama dikalangan remaja. Di mana remaja zaman sekarang identik dengan handphone yang ada ditangannya selama 24 jam.  Media sosial yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja seperti facebook, twitter, path, youtube, Instagram,dan Line.  Di mana media sosial ini memiliki keunggulan masing – masing yang membuat para remaja nyaman dalam menggunakan media sosial. Media sosial  menawarkan banyak kemudahan, terutama kemudahan dalam mendapatkan informasi serta ilmu pengetahuan.
Penggunaan media sosial ini juga berkembang dari zaman ke zaman, di mana sekarang perkembangannya berlangsung dengan cepat.  Hal ini terjadi karena sekarang setiap orang sudah memiliki media sosial.  Dahulu, media sosial masih tradisional , seperti koran, televisi, atau radio sehingga dibutuhkan modal yang besar untuk memperoleh berbagai macam informasi, karena perkembangan media sosial masih berlangsung lambat. 
Karena itu pengguna terbanyak dari media sosial zaman sekarang adalah para pelajar yang berada dikalangan remaja. Di mana dalam media sosial mengandung berbagai macam pesan, serta informasi yang dapat dengan mudah tersebar dan diperoleh oleh banyak orang.  Bisa saja informasi yang diberikan dalam media sosial dapat menguntungkan buat para penggunanya, tapi bisa juga informasi tersebut menyesatkan mereka.
Siapa yang tidak mengenal media sosial ? Semua pasti sudah mengenal media sosial mulai dari anak - anak sampai kakek nenek, mereka telah akrab dengan yang namanya media sosial terutama bagi para pelajar yang berada di masa remaja.  Setiap jam pandangan mereka hanya tertuju pada smartphone, baik untuk membuka email, facebook, twitter dan aplikasi yang lainnya.  Di mana media sosial ini adalah sebuah media dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, dan forum yang ada di gadget mereka.

Berikut ini adalah dampak positif dan dampak negatif yang dapat diberikan oleh media sosial:

Dampak positif:
·         Media sosial dapat mempermudahkan kita mencari dan mendapatkan informasi serta ilmu yang susah dimengerti pada saat pelajaran di sekolah.
·         Media sosial dapat membuat komunikasi antara sahabat serta kakak kelas menjadi lebih mudah, sehingga tidak susah dalam hal mendapatkan ilmu dengan bantuan media sosial.
·         Pekerjaan kelompok dalam tugas sekolah yang mudah dilakukan, karena bantuan dari media sosial tidak adanya lagi masalah seperti mesti kumpul semua untuk mengerjakan suatu tugas kelompok.
·         Meningkatkan kekreatifan dan kecerdasan para pelajar dalam mencari ilmu dan pengetahuan.
·         Meningkatnya kemampuan penyerapan informasi melalui media sosial. Di mana sudah dibuktikan di periset pemetaan otak di UCLA bahwa para remaja lebih mudah menyerap informasi dengan menggunakan media sosial.

Dampak negatif:
·         Banyaknya situs website dalam media sosial yang menunjukkan kekerasan serta pornografi. Dapat timbul nya perilaku yang tidak benar dan tindakan yang salah pada remaja sehingga dapat mempengaruhi nilai akademik siswa
·         Membuat orang yang menggunakannya menjadi kecanduan jaringan sosial di mana orang tersebut tidak dapat lepas dari media sosial. Sehingga tidak pedulinya pelajar terhadap pelajaran serta tugas sekolah malah proritas utama mereka menjadi media sosial.
·         Membuat orang menjadi tidak peduli terhadap lingkungan disekitarnya dan hanya mementingkan diri sendiri. Sehingga jika ada suatu masalah mereka tidak akan membantu orang dan tidak peduli terhadap temannya dan akhirnya nilai akademik mereka menurun karena tidak adanya orang yang mau membantu mereka juga.
Media sosial tidak akan lepas dari dampak positif serta dampak negatif. Dampak yang diberi oleh media sosial semua tergantung bagaimana penggunaannya. Oleh sebab itu, kita harus menggunakan media sosial secara bijak untuk mengambil manfaat positifnya dan menghindari akibat negatifnya.


Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar