Kategori

2019/02/26

Resensi SHERLOCK HOLMES THE SIGN OF FOUR


SHERLOCK HOLMES
THE SIGN OF FOUR






Identitas buku :
Judul                : Sherlock Holmes, The Sign Of Four
Penulis             : Sir Arthur Conan Doyle
Penyunting      : Albert
Editor              : Satya
Setting             : Redaksi Shira Media
Cover               :Redaksi Shira Media
Penerbit          : Shira Media
Pemasaran      : Solusi Distribusi


Sir Arthur Ignatius Conan Doyle (lahir 22 Mei 1859 – meninggal 7 Juli 1930 pada umur 71 tahun) adalah pengarang cerita fiksi terkenal berkebangsaan Inggris. Salah satu karangannya yang paling terkenal adalah serial petualangan Sherlock Holmes, seorang detektif fiksi yang eksentrik.
Doyle dilahirkan pada tahun 1859. Ia mendapat gelar dokter dari Universitas Edinburgh dan mulai membuka praktik di SouthseaInggris pada tahun 1882. Ia mengarang banyak cerita, dua diantaranya tidak pernah dipublikasikan.
Pada tahun 1886, ia menciptakan tokoh Sherlock Holmes yang diilhami dari Dr. Joseph Bell, salah satu dosennya. Cerita pertama yang berjudul A Study in Scarlet (bahasa IndonesiaPenelusuran Benang Merah) ini diterima publik dengan baik. Akan tetapi, ketenaran tokoh itu baru dimulai pada tahun 1891 ketika ia menulis serial petualangan Sherlock Holmes bersama sahabat setianya, Dr. Watson, dalam bentuk kompilasi cerita pendek.
Buku ini memiliki ukuran yg cukup kecil sehingga mudah untuk dibawa. Buku ini memiliki 212 halaman sehingga tidak begitu tebal dan bisa dibaca dengan cukup cepat.Cover pada buku ini bewarna biru gelap  dengan gambar bayangan dari detektif Sherlock Holmes.Warna biru gelap ini seperti meminterprestasikan hal yang berbau misteri. Buku ini memiliki berat 0,2 kg dan ukuran 1 13 19 cm.
Novel ini mengambil setting di London pada abad 19. Dengan tokoh utama seorang detektif bernama Sherlock Holmes dan temannya Dr. Watsons seorang dokter yang khawatir dengan Holmes yang ketergantungan terhadap narkoba yaitu kokain. Holmes adalah orang yang sangat teliti, buktinya “Ayah anda sudah menyimpannya dengan hati hati dalam buku catatan saku , karena kedua sisinya sama bersihnya.”
Kasus dimulai dengan kedatangan Mary Morstan kepada Sherlock Holmes untuk meminta bantuan memecahkan sebuah misteri hilangnya ayahnya, Kapten Arthur Morstan. Arthur Morstan dan temannya di India, Mayor  Thaddeus Sholto kembali ke London karena mendapatkan harta karun yang sangat besar jumlahnya. Namun ketika Mary tiba di hotel tempat ayahnya  berada, sang ayah sudah lenyap tanpa jejak.
Pada bukunya ini,Sir Arthur Conan Doyle menggabungkan unsur misteri, petualangan, dan kisah cinta. Bermula dari misteri hilangnya Mr. Morstan, membawa Sherlock Holmes dan Dr. Watson menuju pencarian harta karun Agra yang hilang dengan nilai setengah juta poundsterling.
Alur cerita pada novel ini maju-mundur karena terdapat banyak flashback ke tahun tahun sebelumnya untuk mengingat banyak halk penting yang dapat menjadi kunci unutk memecahkan kasus. Sehingga novel ini agak sulit dimengerti.
Buku ini menggunakan sudut pandang orang ketiga. Dimana kita menjadi teman Holmes, Dr. Watsons yang menceritakan cara kerja Holmes dan selalu mengikuti Holmes kemanapun dia pergi.
 Setelah membaca buku ini saya mendapat banyak nilai-nilai kehidupan yaitu 1. Pelajarilah hal-hal dari yang paling mudah
2. Belajarlah mengamati bukan sekedar melihat dan melupakan
3. Jangan terkecoh oleh masalah besar, hingga hal terkecil penyebab masalah tersebut.
            Menurut saya buku ini cocok dibaca untuk anak remaja diatas 17 tahun, karena buku ini banyak mengandung unsur unsur dewasa, seperti penggunaan narkoba, pembunuhan, dan pencurian.
            Penulis buku ini menggunakan gaya bahasa yang baku sehingga terdengar sopan dan banyak kata yang sulit dimengerti anak anak dibawah umur. Di buku ini ada juga kata yang diganti menjadi sebuah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu.
            Buku ini selain bermanfaat untuk menghabiskan waktu luang juga berguna untuk orang yang ingin mengasah kemampuan otak mereka dengan ikut memecahkan kasus kasus yang ada.
            Alasan saya memilih buku ini, karena saya suka novel dengan tema misteri karena alur cerita buku nii sulit ditebak dan pada akhirnya pelaunya adalah orang yang tidak dapat diduga. Selain itu, saya takjub dengan kecerdasan Holmes memecahkan kasus pada buku ini.


*** Selamat Membaca ***


www.pixabay.com

Baca juga:


resensi-novel-sherlock-holmes-kesaksian


resensi-magnus-chase-and-gods-of-asgard

resensi-cataluna-chronicles-dark-secret

Tidak ada komentar:

Posting Komentar