Kategori

2019/02/22

Resensi House of Secret


House of Secret
Dokumen pribadi

            
Penulis: Chris Columbus dan Ned Vizzini
Penerjemah: Lulu Fitri Rahman
Penerbit: Penerbit Noura Books
Pendistribusi: Mizan Media Utama
Ukuran kertas: A5
Tebal buku:455 halaman
Cetakan:I,April 2015
ISBN:978-602-0989-46-4



               Chris Columbus pernah menulis, menyutradarai, dan memproduksi sebagian film box-office paling sukses dalam sejarah Hollywood.Dia kali pertama terkenal setelah menulis beberapa scenario asli yang diproduksi steven Spielberg,termasuk film laris Gremlins dan The Goonies.Sebagai sutradara,Columbus pernah memimpin beberapa proyek film dari Harry Potter.Sebagai produser,Columbus berada di balik film laris Last Night at the Musem dan The Help.
               Ned Vizzini mulai menulis untuk New York Press pada usia 15 tahun.Pada umur Sembilan belas,dia menerbitkan Teen Angst.Novel perdananya, Be More Chill, meraih Best Book of the Year oleh Entertainment Weekly dan terpilih untuk Klub Buku Today Show oleh Judy Blume.Di televise,ia pernah menulis Teen Wolf untuk MTV.Ned tinggal di California bersama istri dan putranya.
               Kondisi buku ini terbilang bagus,wajar karna buku ini masih berusia setidaknya 3 tahun.Di masing-masing halaman kiri,terdapat tulisan dari penulisnya dan di halaman kanan terdapat tulisan judul dari bukunya yang membuat tidak terkesan polos saja per halaman.Kertas buku ini juga tebal beserta covernya yang memang menjelaskan isi novelnya.
               Tema dari buku ini adalah horror.Buku ini mengisahkan petualangan 3 saudara kandung yaitu Cordelia(anak pertama) lalu Brendan(anak kedua) dan Eleanor(anak ketiga) yang berusaha menemukan orang tua mereka(Mr. dan Mrs. Walker) yang hilang karna seorang penyihir yang dendam dengan keluarga Walker.
               Tokoh utama dari novel ini ada 3 yaitu Cordelia yang merupakan seorang kutu buku.Lalu ada Brendan yang pemberani dan ingin melindungi keluarganya dari bahaya.Dan ada Eleanor yang tidak bisa membaca dan sangat menyukai kuda.Serta ada musuh mereka yaitu Dahlia Kristoff.
               Latar waktu dan suasana tidak dijelaskan secara jelas setiap saat,namun hanya beberapa kali yaitu saat malam(“tapi kami sedang makan malam”).Ada latar suasana yaitu tegang(Dia mencengkram pergelangan tangan Brendan,tetapi Brendan berusaha melepaskan).Latar tempat dijelaskan sangat detail jika berpindah-pindah(kita sedang berada di lorong) (dapur ini sedang kosong).
         

               Alur pada novel ini adalah maju.Jadi dikisahkan bahwa keluarga Walker ingin pindah ke suatu rumah tepi tebing yang besar namun murah.Mereka tidak menyangka bahwa rumah itu ada penyihirnya.Setelah mereka pindah,mereka langsung diserang penyihir dan terpisah dengan orang tua mereka.Mereka akhirnya berjuang untuk menemukan orangtua mereka dan melawan penyihir angina.
               Sudut pandang dalam novel ini yaitu orang ketiga serba tahu.Disini penulis mengetahui semua tentang tokoh-tokohnya seperti sifat-sifatnya(Dia gadis bermata tajam,dengan hidung kecil mancung).
               Gaya bahasa yang digunakan bisa dimengerti dengan mudah.Bahasa yang dipakai tidak menggunakan bahasa senonoh yang vulgar.
               Manfaat novel ini adalah bagaimana perjuangan yang rumit harus dilewati meski dengan susah payah untuk mendapat sesuatu.Novel ini bisa meningkatkan imajinasi dari para pembaca karena banyak hal fantasi disini,seperti ada sebuah patung yang ternyata seorang manusia dan rumah yang bisa berpindah tempat.
               Novel ini cocok untuk orang dibawah umur 20 tahun.Novel ini banyak mengisahkan tentang fantasi yang mungkin bosan dan dianggap tidak mungkin oleh kalangan yang sudah dewasa.Minimal setidaknya usia 13 tahun yang berani dengan kisah horror.
               Alasan saya memilih novel ini karena saya suka dengan sesuatu yang menantang.Bagi saya horror adalah sesuatu yang menantang meski terkadang saya juga takut.


*** Selamat Membaca ***

www.pixabay.com

Baca juga:






              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar