Kategori

2019/02/20

RESENSI NOVEL “BALI TO REMEMBER”

RESENSI  CERPEN “BALI  TO REMEMBER”

www.google.com

Judul : Bali to Remember
Penulis : Erlin Cahyadi
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Desember 2010
Jumlah halaman: 224 halaman 

Sinopsis 



Novel ini menceritakan tentang seorang wanita yang bernama Kira. Kira terpilih menjadi host acara One Week Show. On Week Show adalah acara yang setiap bulannya menampilkan satu orang beruntung untuk dijadikan sebagai host. Dan bagi pemenang akan diperintahkan untuk mengenalkan asal kota pilihannya. Kira pergi ditemani bintang idolanya dan ,seluruh kisah perjalanan Kira bersama idolanya akan disiarkan di TV. Harusnya Kira merasa senang dengan terpilihnya menjadi pemenang, tetapi malah sebaliknya Kira tidak senang dengan perjalanannya tersebut. Karena Kira harus memperkenalkan kota Bali bersama Dean Christian seorang aktor muda yang tampan dan banyak disukai banyak remaja.
Kira terpilih menjadi host pun bukan karena kemauannya , itu semua karena ulah mamahnya yang mengirimkan curriculum vitae nya ke pihak TV dengan menuliskan nama Dean Christian sebagai artis idola Kira. Kira memang dulu pernah ngefans dengan Dean,tetapi suatu hal yang membuatnya benci dari Dean Christian yaitu karena Dean Christian mempunyai sifat yang sombong,angkuh dan sebagainya. Alhasil,sementara proses liputan tersebut berlangsung,Kira dan Dean kerap bertengkar. Awalnya kira terpesona pada salah satu kru televise yang bernama Andros , yang dari penggambarannya Andros sangat tampan dan baik hati. Namum kebersamaanya seminggu di Kota bali malah membuat Kira awalnya bermusuhan dengan Dean ,jadi berbalik jatuh cinta. Mereka berdua terlihat mesra. 
Disisi lain Andros merasa cemburu berat. Tetapi karena Dean adalah seorang artis .Manajernya melarang Dean berpacaran dengan kira karena akan menyebabkan fans akan meninggalkan Dean. Dean berbohong pada manajernya kalau Dean tidak akan mungkin jatuh cinta dengan Kira, karena Kira hanya wanita biasa dan tidak masuk dalam kriteria wanita yang Dean sukai. Dan ternyata Kira mendengar semua percakapan antara Dean dengan Manajernya. Kira pun langsung menangis karena Dean sudah menyakiti perasaannya. Di saat Kira patah hati ,Andros pun menghampiri Kira yang sedang menangis untuk memanfaatkan situasi renggangnya hubungan Dean dan Kira. Dan dean pun langsung mengambil peluang mendekati Kira bahkan menyatakan cinta .

Unsur Interinsik Novel : 

Tema : Percintaan
Latar belakang : Kota Bali
Waktu: Pagi hingga malam.
Suasana : Menegangkan ,menyedihkan dan romantic.
Alur: Novel ini menggunakan alur Maju karena menceritakan kejadian yang akan datang 
Gaya Bahasa : Menggunakan gaya bahasa yang sangat mudah dipahami dan dimengerti oleh pembacanya.
Sudut Pandang : Di dalam novel ini sudut pandang yang digunakan adalah orang pertama sebagai pelaku utama
Amanat : Kita sebagai mahluk ciptaan Tuhan tidak boleh menyombongkan diri kita . walaupun kita artis di mata orang tetapi tetap saja dimata Tuhan kita semua sama . 
Penokohan: 
Kira : seorang wanita yang dipaksa untuk menjadi host disalah satu acara Tv
Dean : Aktor tampan yang banyak digemari wanita tetapi memiliki sifat yang sombong dan angkuh.
Andros : Kru Tv yang suka dengan Kira. 
Mamah Kira : Orang tua Kira yang memaksa agar kira bisa menjadi host 

Unsur Ekstrinsik
Nilai Sosial : Jangan memandang seseorang hanya dari fisik luarnya saja. Kita semua sebagai mahluk social sama dimata Tuhan.
Nilai Moral : Hargai orang yang sudah mencintaimu, jangan pernah membuatnya patah hati.
Nilai Religius : Jangan menjadi manusia yang sombong dan angkuh karena kita semua sama di mata Tuhan. 
Nilai Budaya: Memberi pengetahuan tentang berbagai budaya di kota Bali. 

Kelebihan novel

Menurut saya isi cerita novel ini sangat menarik tetapi kurang sedikit di kembangin lagi.dan novel ini mempunyai Cover yang cukup catchy sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya, novel ini banyak menceritakan tentang budaya bali, sehingga dapat menambah wawasan tentang kebudayaan bali.dan baca novel ini serasa keliling bali dan menikmati keindahan bali . Bagus untuk dibaca untuk mengisi waktu luang. Bahasa yang digunakan dapat di pahami oleh pembaca. 


Kekurangan novel

Cerita dari novel ini terlalu bertele-tele. Dan ceritanya sedikit membosankan karena alurnya sangat monoton dan seperti cerita Ftv. Adegannya kebanyakan seperti anjing dan kucing selalu bertengkar terus.dan tidak layak dibaca untuk kalangan anak- anak karena novel ini merupakan novel dewasa yang mengandung unsur percintaan. 

Kesimpulan 
Buku ini menceritakan kisah penyiar radio yang awalnya bertengkar dengan lawan mainnya ,hingga akhirnya karena selama satu minggu perjalanan mereka yang selalu bersama-sama ternyata membuat mereka saling menyukai satu sama lain. Tapi apa yang terjadi ,disaat laki-lakinya disarankan oleh asisten pribadinya, dalam hal ini laki-laki tersebut adalah seorang actor tampan yang terkenal. Sehingga menyarankan untuk tidak suka dengan wanita biasa, karena akan merusak ketenarannya ,tetapi mereka tidak menyadari disaat mereka sedang berbicara , sang wanita sudah mendengar semuanya .




*** Selamat Membaca ***

www.pixabay.com

Baca juga:


resensi-story-of-seth-wulan-fadila-fatia

resensi-peti-akar-el-trias

Tidak ada komentar:

Posting Komentar