Kategori

2019/02/01

Resensi Novel 5 cm

Impian, Cinta, dan Kehidupan

www.google.com 

Judul Buku      : 5 cm.
Penulis             : Donny Dhirgantoro
Penerbit           : PT Grasindo
Tahun Terbit    : 2005
Tebal Buku      : 381 halaman
ISBN               : 979-759-151-4
Harga Buku     : Rp60.000,00




            Donny Dhirgantoro lahir di Jakarta, 27 Oktober 1978. Anak sulung dari empat bersaudara ini menghabiskan seluruh waktunya dari kecil hingga besar di kota Jakarta. Donny merupakan lulusan SMA 6 Jakarta dan melanjutkan pendidikannya di STIE Perbanas Jakarta. Kegemaran menulis dan membaca sudah ada semenjak ia mulai dapat menulis dan membaca. Kegemaran menulis ini pernah mengantarkan Donny menjadi juara pertama lomba menulis dan membaca puisi yang diselenggarakan oleh salah satu instansi pemerintah. Donny sekarang berprofesi sebagai seorang novelis. Beberapa karyanya di antaranya adalah novel 5 cm dan novel 2. Novel 5 cm juga pernah difilmkan ke layar lebar. 
            Cerita tentang persahabatan lima orang anak muda ini ditulis dalam buku yang berukuran 14 x 21 cm dengan sampul berwarna hitam. Desain sampul buku ini sangat sederhana karena hanya terdapat tulisan 5 cm dan latarnya bertuliskan banyak kata-kata membangun. Tetapi, kata-kata tersebut tidak terlalu kelihatan karena berwarna hitam mengkilap, hampir menyatu dengan warna sampulnya. Pada sampul buku juga terdapat tulisan “MEGA Best Seller” yang menunjukkan bahwa buku ini sangat laris di pasaran.
            Novel ini bertemakan persahabatan lima anak muda yang mempunyai kekuatan, keajaiban, mimpi, serta keyakinan. Tema yang diambil sangatlah menarik karena mencakup berbagai aspek kehidupan yang seringkali juga kita rasakan dan terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
            “Riani adalah gadis berkacamata, cantik, cerdas dan mengutamakan prestasi. Arial adalah pria terganteng diantara mereka, serta bertubuh atletis. Zafran merupakan pria yang berbadan kurus, anak band, kocak, senang bersyair dan membuat puisi-puisi. Ian adalah tokoh yang gila bola, suka makan terutama indomie, dan penggemar artis Happy Salma. Genta merupakan leader diantara sahabat sahabatnya. Genta adalah sosok yang baik, seorang aktivis kampus.” Dari kutipan novel tersebut, sangat jelas terlihat bahwa sudut pandang yang digunakan dalam novel ini yaitu sudut pandang orang ketiga tunggal. Penokohan juga digambarkan oleh penulis dengan sangat jelas melalui ciri-ciri fisik maupun penggambaran sifat.
            Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini yaitu bahasa yang mengikuti perkembangan zaman, tidak kaku ataupun membosankan, melainkan menggunakan bahasa komunikatif sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami oleh pembaca khususnya bagi kalangan remaja : “Yoi… nggak nyangka ya, Ta. Padahal awalnya kita pesimis banget.”
            Banyak kejadian dalam novel yang menceritakan tentang masa lalu dan juga kejadian masa depan kelima sahabat tersebut karena alur yang digunakan yaitu alur maju mundur. Pembaca dibuat semakin berimajinasi dengan adanya kejadian masa lalu dan masa depan yang dipaparkan itu.
            Amanat yang dapat dipetik dari cerita ini adalah menerima sahabat kita dengan apa adanya, menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya, berusaha saling melengkapi satu sama lain. Kita juga diajarkan untuk menghargai persahabatan, arti sebuah kehidupan, dan bagaimana kita mencintai alam dari Tanah Air kita seperti kelima sahabat tersebut yang sangat bangga dan mencintai Tanah Airnya sendiri, Indonesia. “Saya Zafran, saya mencintai negeri indah dengan gugusan ribuan pulaunya sampai saya mati dan menyatu dengan tanah tercinta ini.”
            Buku ini adalah pilihan yang tepat untuk dibaca pada saat senggang atau saat bosan karena buku ini membuat pembacanya penasaran dan ingin melanjutkan membaca hingga halaman terakhir. Dalam buku ini, banyak kata-kata yang membuat kita terinspirasi. Dalam ceritanya juga diselipkan lagu-lagu yang sesuai dengan suasana yang sedang terjadi, sehingga membuat kita semakin terhanyut dalam cerita. Pesan moral yang disampaikan pun sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dengan segala pengorbanan dan membuatnya menjadi nyata.


                                                   *** Selamat Membaca ***


www.pixabay.com



           
           





Tidak ada komentar:

Posting Komentar