Kategori

2018/08/28

SOAL MEMBANDINGKAN 2 TEKS

Membandingkan 2 teks



2. Bacalah kedua teks berikut! 

Teks Berita I
Penutupan penambangan pasir ilegal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berdampak pada terpuruknya usaha penjualan pasir di Kabupaten Pamekasan. Sejumlah tempat penjualan pasir hitam dari Pasirian, Kabupaten Lumajang, pun terancam gulung tikar.
"Sekarang stok pasir sudah habis. Sudah tidak ada yang masuk lagi. Banyak pelanggan kecewa karena tidak terlayani," kata Kholiq, pengusaha pasir di Jalan Raya Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (6/10/2015).

    Teks Berita II
Tiga titik penambangan pasir ilegal yang beroperasi di sepanjang Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup. Penutupan tersebut dilakukan oleh tim gabungan Polda Jawa Tengah dan Balai Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Serayu Selatan, Rabu (7/10/2015). Penutupan penambangan pasir  tanpa perlawanan. Bahkan, saat dilakukan penutupan, mereka sudah kabur. Diduga penertiban tersebut sudah bocor. Ketiga penambangan pasir ilegal yang ditutup berada di Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, dan Desa Somakaton, Kecamatan Somagede. Penambangan tersebut berada di sepanjang Sungai Serayu.


Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah….
Teks Berita 1
Teks Berita II
A
apa, bagaimana, siapa, di mana, kapan
siapa, apa, bagai­mana, kapan, di mana
B
apa, mengapa, siapa, di mana, kapan
apa, siapa, kapan, bagaimana, di mana
C
siapa, apa, di mana, mengapa, kapan
bagaimana, kapan, siapa, apa, di mana
D
mengapa, siapa, apa, di mana, kapan
siapa, di mana, kapan, bagaimana, apa
E
apa, mengapa, di mana, siapa, kapan
siapa, kapan, mengapa, apa, di mana
Jawaban : B

3. Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!

Teks 1
Cara Menghilangkan Ketombe pada Rambut
Ada dua bahan ampuh untuk menghilangkan ketombe pada mahkota kepala Anda. Ketombe bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda dan cuka apel. Kandungan basa pada baking soda bisa menjaga kelembapan rambut Anda. Sementara cuka apel bisa membersihkan kotoran yang ada di rambut.
Untuk menggunakan baking soda dan cuka apel, silakan Anda campur baking soda atau soda kue dengan setengah cangkir air putih. Gunakan baking soda tersebut untuk sampo rambut Anda. Di tahap ini, Anda boleh mencampur baking soda dengan sampo biasa. Kemudian, bilas rambut dengan campuran satu cangkir cuka apel dengan setengah cangkir air. Takaran air ini untuk menyeimbangkan tingkat Ph pada cuka apel. Gunakan perawatan rambut menggunakan baking soda dan cuka apel ini selama dua bulan. Tak hanya bersih dari ketombe, rambut Anda juga akan tampak sehat berkilau.
www.pixabay.com

Teks 2
Manfaat Jamu Tradisional
Obat tradisional atau yang sering disebut  jamu masih mendapat tempat di hati kita, masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
Berikut adalah kelebihan obat tradisional:
1.                  Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat., baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.
2.                  Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
3.                  Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.
4.                  Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes, kolestrol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik), dan penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus-menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut di atas adalah ….           


Teks 1
Teks 2
A
Tujuan - langkah-langkah
Pendapat – argumentasi 
B
Pengantar – langkah-langkah
Pendapat – penegasan pendapat
C
Tujuan – langkah-langkah
Pendapat – argumentasi – penegasan ulang pendapat
D
Pengantar – langkah-langkah
Argumentasi – penegasan ulang pendapat
E
Abstraksi – langkah-langkah
Penegasan pendapat - argumentasi

Jawaban : C

4.      Bacalah kedua teks berikut! 
Bacaan I
Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa kita sadari adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, dan pola keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan mata. Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola hidup sehat.

Bacaan II
Mengonsumsi pola makan seimbang me­rupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu. Zat gizi tersebut, di antaranya karbohidrat, tepung-tepungan, gula, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.
Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua bacaan tersebut adalah menggunakan
Bacaan 1
Bacaan II
A.
bahasa ilmiah
bahasa sehari-hari
B.
bahasa baku
bahasa tidak baku
C.
bahasa resmi
bahasa santai
D.
bahasa sehari-hari
bahasa ilmiah
E.
bahasa ilmiah
bahasa santai

Jawaban : D




Kutipan Novel 1
Siapa bapaku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kuketahui dengan benar; tetapi antara ada dan tiada, masih terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapaku, tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya, riang rasa semangatku memandang bumi. (suham H.S. percobaan setia, Jakarta, Balai Pustaka, 2011)

www.pixabay.com
Kutipan Novel 2
Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpandu kompas membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju,  menuju cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu. (Nukila Akmal, Cala Ibi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2004)

3. Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah....
A. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, Novel 2 menggunakan ungkapan
B. Novel 1 menggunakan majas, Novel 2 menggunakan bahasa sehari-hari
C. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, nobel 2 menggunakan majas
D. Novel 1 menggunakan bahasa resmi, novel 2 menggunakan bahasa populer
E. Novel 1 menggunakan ungkapan, novel 2 menggunakan bahasa melayu


 Jawaban : C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar