Kategori

2019/02/11

Resensi Divergent karya Veronica Roth

“Divergent”
www.google.com


1.     Judul buku          : Divergent
2.     Pengarang           : Veronica Roth
3.     Penerbit              : PT Mizan Pustaka
4.     Penerjemah         : Anggun Prameswari
5.     Penyunting         : Esti Budihabsari
6.     Proofreader         : Emi Kusmiati
7.     Penata Sampul    : Dodi Rosadi
8.     ISBN                   : 978-979-433-809-4
9.     Jumlah halaman  : 543 halaman
10.  Ukuran                : 20 x 13 x 2,5


Buku berjudul “Divergent” ini ditulis oleh seorang novelis asal Amerikat yang bernama Veronica Roth ia lahir 19 Agustus 1988). Ia dikenal karena memulai debutnya pada novel terlaris New York Times trilogi Divergent, terdiri dari Divergent, Insurgent, dan Allegiant. Divergent telah menerima Goodreads Favorite Book pada 2011 dan memenangkan Best Young Adult Fantasy & Science Fiction pada 2012
Buku ini dibalut dengan cover yang tergolong standar yang agak tipis,sedangkan untuk kertasnya menggunakan kertas yang tidak terlalu bagus kualitasnya.Hal itu dikarenakan pemakaian kertas yang tipis sehingga membuat buku menjadi kurang tahan lama.Untuk ukuran dan jenis font dalam buku ini tidak ada masalah karena terkesan simpel dan ukuran nya pas.Pada buku ini tidak ada gambar sama sekali.Hal itu membuat kita harus membayangkan sendiri apa yang ingin disampaikan oleh pengarang.
Buku “Divergent” menceritakan tentang dunia yang dibagi menjadi lima jenis menurut karakteristik mereka masing-masing. Kelima jenis kategori tersebut adalah Candor (jujur), Erudite (genius), Amity (suka damai), Dauntless (pemberani) dan Abnegation (penolong).
Sedangkan untuk kategori "Divergent" adalah kategori yang tidak termasuk ke dalam kelima jenis kategori karakteristik tersebut karena memiliki berbagai macam kepribadian yang menonjol dalam dirinya.
Seorang wanita bernama Tris harus menghadapi tes penentuan nasibnya.Tris merasa gugup dan penasaran sekaligus ingin mengetahui berada di golongan manakah dia berada. Namun di saat menjalani tes, Tris merasa ada yang tidak beres dan kemudian hasilnya dia tidak termasuk ke dalam 5 golongan yang ada.  Lalu seorang wanita yang menguji dirinya dan menyuruh Tris untuk menjaga rahasia identitas dirinya sebagai  seorang Divergent.
Setelah permasalahan itu, Tris pun harus berjuang agar bisa diterima di golongan Dauntless. Dia berusaha supaya lulus dalam tes keberanian yang mengancam nyawanya dengan melakukan terjun dari atas gedung dan juga dilempari pisau.
Fakta yang sangat mengejutkan Tris bahwa dia semakin yakin saat ia tahu salah satu gurunya, Four , ternyata juga seorang Divergent. Tris pun berusaha tetap bertahan hidup di tengah persaingan dan permainan politik untuk bertahan hidup.
Tema yang diangkat dari buku terkesan baru sehingga membuat pembacanya tidak akan pernah bosan dengan semua yang diceritakan dalam novel ini.
Tokoh dalam novel ini sangat banyak.Dari awal hingga akhir cerita hampir semuanya menceritakan tentang sang tokoh utama.Penggamabaran tokoh dijelaskan dengan tidak langsung ,sedangkan sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ke tiga.
Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju sehingga memudah kan pembaca untuk mengerti isi dari novel ini.
Latar waktu dalam buku ini dijelaskan dengan terperici seperti ( keesokan paginya , sore hari,keesokanharinya,dll).Untuk latar suasana lebih dominan suasana tegang karena banyak sekali adegan yang menegangkan lalu diikuti dengan suasana sedih,dan gembira.Dalam cerita ini kita juga bisa merasakan perasaan sang tokoh utama dengan mudah.Latar tempat dalam novel ini ada banyak namun diceritakan dengan jelas sehingga tidak membuat bingung.
Menurut saya cerita dalam novel ini bagus karena membawakan tema yang sangat baru dan sesuai dengan realita yang terjadi dimana sekarang orang mulai dibagi berdasarkan kemampuannya.Novel ini cocok untuk dibaca oleh para remaja karena sangat sesuai dengan apa yang dirasakan mereka.Novel ini juga cocok bagi orang yang menyukai novel yang romantis.Selain itu para pecinta novel petualangan juga bisa menikmati novel ini.


*** Selamat Membaca ***


www.pixabay.com

Baca juga: 

resensi-novel-harry-potter-and-sorcerer

resensi-novel-inferno-dan-brown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar