Kategori

2019/05/14

Resensi Friendzone, Lempar Kode Sembunyi Hati



Persahabatan Atau Cinta



Judul Buku   : Friendzone, Lempar Kode Sembunyi Hati
Penulis         : Alnira
Kategori     : Romance
Penerbit    : PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta
Tahun Terbit        : April 2018, Cetakan kedua
ISBN                   : 9786024528423
Tebal Buku          : 300 halaman
Harga                   : Rp 69.000


Buku ini ditulis oleh Alnira. Alnira lahir dan tinggal di Palembang. Ia mulai menulis buku sejak Ia berusia 6 tahun. Ia menyalurkan hobi menulisnya itu di aplikasi yang bernama Wattpad. Buku Friendzone ini merupakan buku kedelapan yang sudah ditulis oleh Alnira dan sudah diterbitkan. 

Dira, Ransi, Maya, Angga, Wisnu sudah bersahabat sejak lama dan mereka berjanji untuk tidak jatuh cinta satu sama lain. Akhirnya, Dira memendam rasa kepada Ransi karena Ia lebih mementingkan persahabatannya, Saat mereka sudah bekerja, Dira berusaha untuk melupakan Ransi dengan mencoba berpacaran dengan Amed, teman kantornya. Tetapi Ia tidak berhasil dan tetap menyukai Ransi. Setelah beberapa tahun, akhirnya Dira dan Ransi dekat kembali dan Ransi memberi kode- kode kepada Dira. Pada awalnya, Dira sangat senang. Tetapi lama kelamaan Ia sangat bingung karena Ransi suka menghilang dan tidak menyatakan cinta kepadanya. Tanpa Dira tahu, Ransi malu karena Ia merasa bahwa Ia masih belum mampu membiayai Dira. Akhirnya, Dira mengetahui dan dengan senang hati menerima Ransi apa adanya.

Cover buku ini cukup menarik dengan warna pink muda dan abu-abu dan gambar dua orang laki laki dan perempuan yang berada di depan jembatan dengan tulisan friendzone diatasnya yang diberi efek timbul. Judul dari novel ini sesuai dengan isi novelnya karena dalam novel ini banyak kode – kode yang diberikan oleh tokoh.

Tema dari novel ini adalah percintaan dan persahabatan. Karena dari awal novel ini bercerita tentang persahabatan dan percintaan. Tetapi ada sedikit bagian yang menceritakan tentang kehidupan tokoh. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju mundur. Dan menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu Dira. Sehingga, pembaca dapat ikut merasakan menjadi tokoh tersebut. Latar tempat yang digunakan dalam novel ini adalah kota asal dari penulis, yaitu Palembang. Konflik dalam novel ini seru. Tetapi terkadang alurnya membuat bingung karena memakai alur maju mundur. Bahasa yang digunakan dalam novel ini adalah bahasa yang digunakan dalam kehiudpan sehari-hari sehingga pembaca dapat mengerti dengan mudah.

Tokoh dalam novel ini ada Dira, Ransi, Maya, Angga, Wisnu, dan tokoh-tokoh pembantu lainnya. Tokoh utama dalam novel ini adalah Dira. Dira merupakan seseorang yang pekerja keras karena Ia hanya tinggal bersama Ibunya. Dan Ia selalu berusaha agar tidak mengecewakan Ibunya. Sementara Ransi adalah seseorang yang sangat mempunyai target yang tinggi dan sangat menghargai perempuan. Maya, Angga, Wisnu merupakan sahabat dari Dira dan Ransi.  

Amanat yang saya dapatkan dari novel ini adalah jangan berpikir negatif kepada orang lain agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.  Selain itu, saya juga mendapat amanat bahwa kita harus jujur kepada semua orang termasuk kepada diri kita sendiri.

Novel ini cocok dibaca oleh kalangan remaja karena sesuai dengan kehidupan sehari-hari dan masalah yang ditimbulkan sesuai dengan masalah yang dialami oleh anak remaja.

Alasan saya memilih novel ini karena penasaran dengan judulnya yaitu “Lempar Kode Sembunyi Hati” dan cover dari novel ini menarik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar