Kategori

2019/01/28

Soal PG Arti Kata/Istilah

1.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

www.pixabay.com

Secara harfiah, luasan hutan mengrove memang hanya sekitar 3% dari luas seluruh kawasan hutan dan 25% dari seluruh hutan mengrove dunia. Namun, jika dilihat dari perannya, kawasan vegetasi ini pantas diperhitungkan. Oleh karena itu, Pemerintah telah mengeluarkan peraturan mengenai peruntukan hutan mengrove, yakni sebagai hutan konservasi, hutan produksi, dan hutan bagi penggunaan lain.

Makna kata konservasi dalam paragraph tersebut adalah ….
A.      Perlindungan
B.      Penjagaan
C.      Penataan
D.      Pengelolaan
E.       Pengawetan

2.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Disintergrasi merupakan proses pembentukan nilai-nilai baru, baik yang akan mengurangi ikatan dalam masyarakat maupun pembaruan dalam masyarakat. Disintegrasi dalam kehidupan bermasyarakat harus diimbangi dengan reintegrasi. Tujuannya adalah mengembalikan keadaan yang diinginkan sesuai dengan persatuan dan keutuhan masyarakat. Reintegrasi terlaksana apabila norma-norma atau nilai-nilai yang telah melembaga dalam diri warga masyarakat.
Makna kata disintegrasi dalam paragraph tersebut adalah ….
A.      perpisahan
B.      Perbedaan
C.      Perselisihan
D.      Permusuhan
E.       Perpecahan

3.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

www.pixabay.com

Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa pada Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Agung Kuswandono, menjelaskan target swasembada harus didorong oleh semua pihak termasuk petani. Kementerian Kelautan dan Perikanan pun sudah melakukan berbagai cara untuk membantu meningkatkan kualitas garam milik petani. Diharapkan dengan peningkatan kualitas garam, produksi garam tidak hanya untuk konsumsi, tetapi juga bisa digunakan untuk industry lain.

Arti kata swasembada dalam paragraph tersebut adalah ….
A.      Usaha kerakyatan yang mandiri
B.      Usaha menciptakan peluang kerja
C.      Usaha mencukupi kebutuhan sendiri
D.      Usaha meningkatkan efektivitas kerja
E.       Usaha memproduksi kebutuhan ekonomi

4.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Tari Sajojo adalah sebuah tarian tradisional dari Papua yang menceritakan seseorang yang sangat dicintai oleh ayah-ibunda, teman-teman, dan masyarakatnya. Gerakan tari Sajojo sangat didominasi oleh gerakan kaki dan tangan yang sangat dinamis dan tegas. Tari ini biasanya ditarikan secara missal dengan gerak yang serasi dari para penarinya. Tari ini tidak mempunyai penari utama. Tari ini mempunyai makna adat istiadat yang kuat dan kental.
Kata dinamis pada paragraph tersebut bermakna ….
A.      Berjalan selaras
B.      Cepat berubah
C.      Tersusun seimbang
D.      Tergantung keadaan
E.       Mudah menyesuaikan

5.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Terbitnya buku Kraton Jogja selain menambah bacaan diharapkan juga bisa menggugah provinsi lain untuk mengangkat simbol dan filosofi budayanya masing-masing. Hal ini agar terdapat dialog dan transformasi di kalangan masyarakat. Demikian dikatakan Sultan Hamengku Buwono X dalam peluncuran buku Kraton Jogja di Gandaria Height, Jakarta, Rabu 25 Juni. Sultan menambahkan, melalui buku dan dialog, masyarakat etnik akan saling kenal sehingga dapat saling menghargai. Hal ini menurut Sultan Hamengku Buwono X dinilai penting karena dewasa ini ada kecenderungan untuk melupakan hal-hal yang bernuansa kearifan lokal. Padahal, dari kearifan lokal dapat dibangun kebersamaan sebagai suatu bangsa.
Istilah transformasi dalam paragraf tersebut berarti....
A.            perubahan susunan
B.            pertukaran informasi
C.            perpindahan tempat
D.            perubahan rupa
E.            perubahan keadaan

6.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pembelajaran yang berorientasi pada target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi “mengingat” jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali siswa untuk mampu memecahkan persoalan kehidupan jangka panjang karena siswa belum mempunyai kompetensi.
Makna istilah yang bercetak miring pada kalimat di atas adalah ....
A.      persaingan – kemampuan
B.      perlombaan -unjuk rasa
C.      berkekuatan- berkelanjutan
D.      persaingan-berdaya guna
E.       berhasil guna-berdaya guna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar