Kategori

2019/01/22

Soal TO Bahasa Indonesia SMA dan Kunci


1.             Cermatilah Paragraf berikut!

www.pixabay.com

1) Awal musim penghujan di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, diwarnai dengan angina kencang. 2) Akibatnya, dua rumah rusak. 3) Kejadian pertama rumah roboh di Dusun Mokol, Desa Selang, Kecamatan Wonosari. Rumah tersebut milik Fransiscus Tri Sudarmanto. 4) Pemilik rumah, Sudarmanto, menyampaikan peristiwa itu bermula saat hujan deras yang turun sekitar pukul 14.00 WIB. 5) Tiba-tiba angina kencang dating dari arah utara dan dalam sekejap rumahnya roboh.
Kata rujukan itu pada kalimat angka 4) mengacu pada ….
A.      Musim hujan
B.      Rumah roboh
C.      Angina kencang
D.      Hujan deras
E.       Pemilik rumah

2.             Cermati teks berikut!
Bagi guru, tugasnya yang esensial di tahun-tahun politik ini ialah menebar wacana yang reflektif, bukan provokasi yang reaktif. Guru juga harus melahir-hadirkan pemikiran yang teduh, bukan suasana belajar yang riuh. Bila memahami tugas-tugas itu dengan baik, niscaya pesreta didik akan memiliki kedalaman berpikir. Selain itu, peserta didik tidak mudah terjebak pada ajakan dan ajakan provokatif bebralut kebencian yang berpotensi memecah belah kerukunan.
Pandangan oenulis berdasarkan paragraph tersebut adalah ….
A.      Sebagai pahlawan masa kini, guru harus berpikir kritis dalam menyampaikan ajaran terutama dalam tahun-tahun politik agar peserta didik terprovokasi dan berpotensi memecah belah kerukunan.
B.      Guru harus memahami tugasnya dengan baik pada tahun-tahun politik ini sehingga peserta didik memiliki kedalaman berpikir dan tidak mudah terpengaruh ajaran provokatif yang dapat memecah belah kerukunan.
C.      Peserta didik harus mawas diri dan kritis dalam menyaring semua informasi yang disampaikan oleh orang lain sehingga akan terjerumus dalam ajaran yang bersifat memecah belah krukunan.
D.      Guru harus melahirkan pemikiran yang teduh, bukan suasana belajar yang riuh dalam menyampaikan pembelajaran di dalam kelas sehingga peserta dididk dapat memahami materi pelajaran yang disampaikan.
E.       Guru harus memberikanajaran kepada peserta didik agar dapat memahami bahwa suatu perbedaan tidak dapat terelakkan sehingga pemahaman kebenaran hanya dapat diperjuangkan secara intoleran.

3.             Cermati kedua teks berikut!
Teks I
Wilayah Mamasa, Sulawesi Barat dalam sepekan terakhir diguncang gempa tektonik yang beruntun. Hingga hari ini Jumat, 9 November 2018, aktivitas gempa masih terjadi. Berdasarkan data monitoring BMKG, totqal aktivitas gempa Mamasa selama enam hari sejak 3 November 2018 tercatat 217 gempa. Sebanyak 39 gempa di antaranya merupakan gempa yang guncangannya dirasakan oleh masyarakat.
Teks II
Sabtu, 3 November 2018 telah terjadi lima gempa bumi di wilayah Sulawesi. Gempa pertama dirasakan oleh warga Poso dan Palu, Sulawesi Tengah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengemukakan pusat gempa berada di darat, tepatnya 37 kilometer barat laut Poso. Sementara itu, titik hiposenternya berada pada kedalaman sepuluh kilometer.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah …
A.      Teks I diawali unsur di mana, sedangkan Teks II diawali unsur kapan.
B.      Teks I diawali unsur siapa, sedangkan Teks II diawali unsur kapan.
C.      Teks I diawali unsur di mana, sedangkan Teks II diawali unsur apa.
D.      Teks I diawali unsur apa, sedangkan Teks II diawali unsur mengapa.
E.       Teks I diawali unsur kapan, sedangkan Teks II diawali unsur di mana.

4.             Bacalah kutipan puisi berikut!
            Sepanjang Jalur Hitam
Sepanjang jalur hitam                     1)
Ada penyesalan diri                        2)
Entah terpaksa atau dipaksa            3)
Oleh keadaan
Kini tinggal sepercik pengharapan  4)
Untuk bertaubat kepada-Nya           5)
Belumlah terlambat
….
Larik yang menyimbolkan jalur hidup yang suram terdapat pada larik angka ….
A.      1)
B.      2)
C.      3)
D.      4)
E.       5)

Baca juga:

try-out

soal-to-bahasa-indonesia-sma

soal-dan-jawaban-to-bahasa-indonesia-sma

soal-bahasa-indonesia-sma-dan-kunci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar