Kategori

2019/01/31

Soal Try Out

1.              Perhatikan paragraph berikut!

www.pixabay.com
Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, merasa timnya perlu menghadapi berbagai drama untuk mematangkan performa. Pada usia muda, karakter pemain masih labil dan kadang muncul sifat egoistis. Oleh karena itu, tim pelatih memiliki komitmen untuk membina para pemain tersebut agar menjadi pemain yang berkualitas.
Makna kata komitmen dalam paragraph tersebut adalah ….
   A.      Keinginan
   B.      Perjuangan
   C.      Pekerjaan
   D.      Cita-cita
   E.       Tanggung jawab


2.              Perhatikan paragraph berikut!

www.pixabay.com
1)  Operator taksi PT Express Trasindo Utama Tbk (TAXI) menargetkan akan menambah seribu pengmudi hingga akhir tahun 2017 ini. 2) Tambahan seribu pengemudi ini nantinya akan digaji dengan konsep berbeda dari esebelumnya. 3) Mereka akan digaji dengan gaji tetap standar Upah Minimum Provinsi (UMP). 4) Sebanyak 17.000 pengemudi taksi Express saat ini merupakan pengemudi kemitraan. 5) Mereka saat ini mendapatkan penghasilan dari argo penumpang dan diwajibkan menyetor kepada Express sebesar Rp 150.000,00 per harinya. 6) Penambahan jumlah pengemudi tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada.
Kalimat fakta dalam paragraph tersebut ditunjukkan oleh kalimat yang berangka ….
a.       dan 2)
b.      dan 3)
c.       dan 4)
d.      dan 5)
e.      dan 6)

3.              Perhatikan paragraph berikut!
Pemerintah memberikan izin ekspor konsentrat untuk PT Freeport Indonesia. Izin itu diberikan Pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM). Pemerintah memberikan isin itu selama delapan bulan terhitung mulai 10 Februari 2017 hingga 10 Oktober 2017. Terkait dengan izin itu, pembahasan kerja sama tetap berlangsung meski masih terjadi tarik ulur antara Pemerintah dengan PT Freeport. Pemerintah yang berunding dengan PT Freeport harus mendahulukan kepentingan warga Indonesia secara luas dalam pembahasan kerja sama tersebut.
Ide pokok paragraph tersebut adalah ….
A.      Izin dimulai 10 Februari 2017 hingga 10 Oktober 2017
B.      Kerja sama Pemerintah dan PT Freeport terjadi tarik ulur
C.      PT Freeport Indonesia memperoleh izin ekspor konsentrat
D.      Pemerintah Indonesia memberikan izin ekspor selama delapan bulan
E.       Pemerintah mendahulukan kepentingan warga Indonesia

4.              Perhatikan paragraph berikut!

www.pixabay.com

1) Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) memastikan semua transaksi tunai di jalan tol akan ditiadakan. 2) Peniadaan transaksi tunai tersebut akan diterapkan pada 31 Oktober 2017. 3) Sebagai gantinya, transaksi tersebut akan dilakukan secara nontunai. 4) Transaksi nontunai tersebut akan dilakukan dengan menggunakan kartu uang elektronik atau e-money. 5) Oleh karena itu, karyawan BPJT yang bertugas di pintu masuk tol akan mencari pekerjaan lain.

Kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan paragraph tersebut adalah kalimat berangka ….
A.      1)
B.      2)
C.      3)
D.      4)
E.       5)

5.              Perhatikan paragraph berikut!
Konferensi Comsnets tahun ini digelar di Indonesia. Konferensi tersebut membahas berbagai masalah terkait hasil riset dan perkembangan information Communication and Technology (ICT) dunia. Tujuannya agar pengembangan ICT bisa diterapkan dalam berbagai sector, termasuk pariwisata.
Kegiatan ini diinisiasikan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan M-Solving Group. Kegiatan ini berlangsung selama dua hri, mulai Kamis, 5 Oktober 2017 hingga Jumat, 6 Oktober 2017 di Hotel Fairmont, Jakarta. Hadir pada acara ini di antaranya pegiat industry ICT tanah air, para pakar, dan pembicara bertaraf internasional dalam bidang ICT.
Kata tersebut pada kalimat yang bercetak miring dalam paragraph tersebut merujuk pada ….
A.      KADIN
B.      Comsnets
C.      Pembicara
D.      Para pakar
E.       M-Solving

6.              Perhatikan paragraph berikut!
Tilang elektronik (e-tilang) akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat dalam masyarakat. Sejumlah kota sudah mengadopsi system elektronik tersebut dalam menindak para pelanggar lalu lintas. Selain merupakan terobosan yang bagus, e-tilang dipercaya dalam menekan angka pelanggar lalu lintas. Sedikitnya sudah tiga kota besar yang berani menerapkan system elektronik untuk mendisiplinkan pemakai jalan, yakni Kota Surabaya (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah) dan Bandung (Jawa Barat). Meski wilayahnya masih terbatas, kita patut mengapresiasi terobosan tiga kota tersebut dalam mendorong penggunaan instrument elektronik dalam menertibkan para pengguna jalan.
Dalam kutipan tajuk rencana tersebut penulis berpihak kepada ….
A.      kepolisian
B.      Rakyat kecil
C.      Orang mampu
D.      Pengguna jalan
E.       Pemerintah daerah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar