Kategori

2019/01/29

Soal PG Biografi

1.              Cermati kutipan biografi tokoh berikut!

www.pixabay.com
Hamka adalah seorang otodidak dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi, dan politik, baik Islam maupun Barat. Dengan kemahiran bahasa Arabnya, beliau dapat menyelidiki karya beberapa ulama dan pujangga besar di Timur Tengah, meneliti karya sarjana Perancis, Inggris, dan Jerman. Hamka juga rajin membaca dan bertukar pikiran dengan tokoh terkenal Jakarta, seperti HOS Tjokroaminoto, Raden Mas Surjoparonoto, H. Fachrudin, A.R Sutan Mansur, dan Ki Bagus Hadikusumo sambil mengasah bakatnya.
Ia juga ahli pidato yang handal dan penulis karya ilmiah islam dan karya kreatif seperti novel dan cerpen. Karya ilmiah terbesarnya ialah Tafsir al-Azhar lima jilid. Novelnya yang mendapat perhatian umum dan menjadi buku teks sastera di Malaysia dan Singapura, antara lain:Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, Di Bawah Lindungan Kaabah, dan Merantau ke Deli.
Hamka pernah menerima beberapa anugerah pada peringkat nasional dan antarbangsa seperti anugerah kehormatan Doctor Honoris Causa dari Universitas al-Azhar, 1958; Doktor Honoris Causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia, 1974, dan gelaran Datuk Indono dan Pengeran Wiroguno dari pemerintah Indonesia.
Keteladanan Hamka dalam kutipan tersebut adalah ...
A.  Mampu menyelidiki beberapa karya ulama dan pujangga besar di Timur Tengah.
B.   Menjadi peneliti karya sarjana terkenal dari Perancis, Inggris, dan Jerman.
C.   Beteman dengan tokoh terkenal di tanah air seperti HOS Tjokroaminoto.
D.  Penerima anugerah seperti dan kehormatan Doctor Honoris Causa.
E.   Otodidak, kreatif mengasah bakatnya, rajin membaca, dan bertukar pikiran.

2.              Cermati kutipan biografi tokoh berikut!

www.pixabay.com
Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun, tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan  mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan prestasi yang diraihnya.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi  biografi tersebut adalah ….
A.        menjadi mahasiswa kedokteran di UGM
B.        remaja Banda Aceh kuliah di kedokteran
C.        remaja kelahiran Banda Aceh diwisuda
D.        Prestasi dengan IPK memuaskan
E.         lulus dokter sebelum usia 18 tahun

3.              Cermati kutipan biografi tokoh berikut!
Pramudya Ananta Tur adalah seorang tokoh sastra Indonesia yang memperoleh banyak penghargaan. Selepas dari pengasingan P. Buru, dia menghasilkan beberapa buku yang pada umumnya dilarang oleh Kejaksaan Agung. Akan tetapi, penerbitan luar negeri memungkinkan buku itu beredar luas, bahkan diterjemahkan dalam beberapa bahasa asing terutama bahasa Inggris dan Belanda. Beberapa tahun terakhir ini sejumlah buku Pram yang semula dilarang beredar diterbitkan kembali oleh penerbit Hasta Mitra seperti Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa.
Teladan baik yang dapat diikuti dari isi biografi tersebut adalah... .
A.    kegigihannya dalam berkarya
B.      ketekunannya membaca buku
C.      kesenangannya memberi penghargaan
D.      kepandaiannya dalam bercerita
E.       semangatnya dalam berjuang

4.              Cermati kutipan biografi tokoh berikut!
Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia.  Sajak dan Kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966 dan 1967, sajaknya yang berjudul ”Dan Kematian Makin Akrab” merupakan pemenang hadiah majalah Horison.  Tahun 1971, Subagio menerima Anugerh Seni  untuk sajaknya ”Daerah Perbatasan”  ( 1970 ). Tahun 1991, Subgio menerima Hadiah   Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua ( 1990 )
Dalam buku Sastra Indonesia Modern II ( 1957 – 1989 ), Prof. Dr.Teeuw mengatakan , ”Subagio adalah cendikiawan yang bacaannya sangat  luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga dari tulisan-tulisan kritiknya.” Bahkan, lebih lanjut ahli satra itu menyatakan,” Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya,”
Hal yang perlu diteladani dari tokoh Subagio Sastrowardoyo adalah . . . .
A.  Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia.
B.  Sajak dan kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan.
C.  Lewat karyanya, ia mengharumkan nama bangsa dan negara.
D.  Subagio adalah cendekiawan yang bacaannya sangat luas.
E.   Subagio sangat disegani di kalangan sastrawan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar