Kategori

2019/01/28

Soal PG Informasi Paragraf

1.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
1)  Paket Kebijakan Ekonomi I hingga XIII yang diluncurkan Pemerintah sejak Oktober 2015 belum semuanya terlaksana sesuai harapan. 2) Belum semua isi dari ke-13 paket tersbut diimplementasikan. 3) Padahal, paket kebijakan tersebut bertujuan segera menggerakkan ekonomi sehingga terjadi pertumbuhan sesuai target Pemerintah sebesar 7% pada tahun 2019. 4) Kurangnya koordinasi dipandang sebagai salah satu penyebab lambatnya pelaksanaan paket. 5) Penurunan harga gas untuk industry, misalnya, tidak kunjung terlaksana sampai mendorong Presiden Joko Widodo turun tangan.
Mengapa pelaksanaan Pekt Kebijakan Ekonomi I hingga XIII belum terlaksana sesuai harapan?
A.      Belum semua isi dari ke-13 paket kebijakan tersebut diimplementasikan.
B.      Target Pemerintah sebesar 7% terlalu tinggi untuk paket kebijakan tersebut.
C.      Paket kebijakan tersebut terlalu cepat untuk menggerakkan ekonomi.
D.      Kurangnya koordinasi menjadi penyebab lambatnya pelaksanaan paket kebijakan.
E.       Terjadi penurunan harga yang signifikan, misalnya harga gas untuk industri.

2.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

www.pixabay.com

Membaca dimulai dengan melihat. Stimulus masuk lewat indra penglihatan, mata. Pada tingkat awal, anak menunjukkan kemampuan yang disebut membaca. Pada saat permulaan itu anak mulai sadar bahwa tanda dan lambang tertentu menunjukkan nama atau benda. Kemudian, mereka belajar bahwa jika lambang-lambang itu dirangkaikan akan tersususn pembicaraan. Kapan anak-anak itu siap membaca buku? Dengan kata lain, kapankah penglihatannya itu siap?

Informasi penting yang terdapat dalam kutipan bacaan tersebut adalah….
A.      stimulus penglihatan adalah mata.
B.      Membaca itu dimulai dengan melihat.
C.      Belajar membaca sebaiknya pada waktu kecil.
D.      Membaca adalah merangkai kata-kata.
E.       Anak-anak siap untuk membaca.

3.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!

www.pixabay.com
               Berawal dari Sandal Magelangan
 1)Siapa sangka ‘hanya’ dengan berjualan sandal, kehidupan Sadiqin berubah drastis. 2) Sandal yang dijual Sadiqin bukan hanya sandal biasa, melainkan sandal unik khas Kota Magelang. 3) Sandal buatan Sadiqin sering disebut masyarakat sekitar sebagai sandal Magelangan karena warga Magelang Tulung, Magelang Tengah, Jawa Tengah, ini mampu mengaplikasikan kata-kata atau celoteh-celoteh khas orang-orang Magelang. 4) Kata-kata khas yang sering ada di sandal buatan Sadiqin, seperti leda-lede, pecas ndahe, plonga-plongo, dan plinthat-plinthut. 5) Sadiqin mengaku ide kreatifnya berawal pada tahun 1999 ketika anaknya mendapat souvenir ulang tahun berupa sepasang sandal dengan model unik dan lucu. 6) Berdasarkan hal tersebut, Sadiqin dan istrinya mencoba membuat rancangan sandal serupa dengan sedikit kreasi, tetapi tetap khas Magelang. 7) Tak disangka, sandal Sadiqin pun diminati banyak orang di sekitar rumahnya. 8) Bermodal hal itulah, Sadiqin berani memproduksi dan menjual sandal buatannya ke daerah lain.
paragraf di atas membahas ….
A.    Asal mula sandal khas kota Magelang
B.    Usaha sandal khas Kota Magelang yang ditekuni Sadiqin
C.    Tulisan-tulisan unik pada sandal khas Kota Magelang
D.    Kehidupan Sadiqin setelah menekuni usaha sandal khas Kota Magelang
E.    Sandal Magelang yang menjadi khas Kota Magelang

4.              Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Daerah mempunyai wewenang menentukan kelulusan terkait rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan seluruh kabupaten/kota, kecuali Rokan Hilir (Rohil), yang dimulai selasa (18/ 11). Penentuan itu berdasarkan urutan ranking oleh tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Satuan Kerja (Satker) terkait.
Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ir. H. Herliyan Saleh, M.Sc. di Pekanbaru, Selasa (18/11). ”Daerah berwenang untuk menentukan kelulusan CPNS tersebut. Kita akan melakukan penilaian dan menetapkan rangking terbaik dari masing-masing CPNS yang mengikuti tes tersebut, selanjutnya diserahkan ke pusat untuk melihat apakah sudah sesuai prosedur atau tidak penerimaan CPNS ini,” ujarnya.
Dikatakannya, bagi Riau penerimaan CPNS ini memang sangat diperlukan. Karena keperluan CPNS di Riau masih cukup banyak terutama sekali bagi kabupaten/ kota karena setiap tahunnya dipastikan ada PNS yang pensiun dan sebagainya.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah ….
A.      Mengapa daerah mempunyai wewenang menentukan kelulusan CPNS?
B.      Mengapa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Riau?
C.      Bagaimanakah cara penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Riau?
D.      Kapankah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengetahui hasil tesnya?
E.       Apakah rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilaksanakan setiap tahun?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar