Kategori

2019/01/09

Jack Ma (3)

JACK MA

www.google.com
Judul                                : JATUH – BANGUN JACK MA
Penulis                              : Irma El-Mira
Penyunting                        : Zhivana A.U.
Pemeriksa aksara              : Adit Checklist
Layout                              : Mas Adro
Ilustrasi                             : Khoirur Roihan
Desain sampul                   : Panjiwoko
Halaman                            : 14x20,5 cm
Cetakan                                      : 1, 2018



 ... * (lanjutan)

Sejak awal, Ma memang sudah memikirkan perihal nama Alibaba sebagai nama perusahaannya yang kedua. Tapi, dia belum memutuskan apakah akan jadi menggunakannya atau tidak. Saat Ma tengah berada di wilayah San Fransisco, ia singgah ke sebuah kedai kopi dan memikirkan nama Alibaba untuk situsnya. Terlintas di benak Ma untuk menanyai pramusaji kafe tersebut tentang nama Alibaba. Ma pun bertanya kepada pramusaji tersebut dan ternyata pramusaji tersebut mengetahui nama Alibaba dan kisahnya. Sontak Ma merasa sangat senang dan langsung memutuskan bahwa Alibaba menjadi nama bisnis e-commerce yang berskala global itu.
Apa yang dilakukan Ma dalam Alibaba bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak hal yang harus ia pelajari, walaupun sebelumnya ia pernah menggarap China Yellow Pages selama beberapa tahun. Alibaba dibentuk sebagai sebuah marketplace yang memberikan jalan bagi perusahaan kecil maupun menengah untuk membangun kerja sama. Cara kerja samanya yaitu nantinya perusahaan-perusahaan tersebut bisa terhubung kepada para pembeli atau pasar global melalui situs yang telah disepakati bersama Alibaba.Perusahaan yang didirikan oleh Ma dan 17 temannya ini awalnya memang diniatkan menjadi e-commerce yang sederhana. Namun kemudian, ada kejutan menarik yang diterima Alibaba, yaitu ia mendapatkan bantuan dalam rentang usia kerja yang masih sangat dini. Alibaba berhasil mendapatkan dana senilai US $5 juta dari instansi luar negeri, yaitu dari Goldman Sachs dan juga dari perusahaan Softbank yang memberkan dana sebesar US $20 juta.
Selama kurang lebih 4 tahun lamanya, Ma dan teman-temannya terombang-ambing di Alibaba, dengan hampir tanpa keuntungan sepeser pun.Hal ini hampir saja menyebabkan e-commerce tersebut bangkrut.Meskipun begitu, Ma dan timnya tidak putus usaha.Alibaba tetap dipertahankan dengan rentang waktu 4 tahun pertama yang begitu sulit.Pada athun 2002, akhirnya Alibaba mampu meghasilkan keuntungan pertama mereka.Saking sakral dan bahagia nya momen itu, CEO Alibaba yang sekarang menjabat sebagai Executive Vice Chairman Alibaba sampai menyimpan uang hasil keuntungan mereka di dalam sebuah amplop dan menyimpannya.Sejak tahun 2002 itulah, perjalanan Alibaba terus menanjak.
Salah satu gebrakan terbesar yang dilakukan Alibaba adalah mengakuisisi Yahoo! Tiongkok.Akuisasi tersebut memakan uang senilai US $1 miliar. Setahun kemudian, bisnis Ma dan 17 orang temannya ini berhasil membangun relasi dengan 3 bank di Tiongkok sekaligus. Dengan melakukan kerjasama dengan beberapa bank, Alibaba merancang cara pembayaran baru. Tahun 2007 adalah tahun di mana Alibaba melakukan keberhasilan besar lagi dalam menjadikan perusahaannya go public. Lonjakan yang fansastis menjemput Ma dan timnya pada tahun 2012. Hasil total transaksi yang dilakukan Alibaba mengalami kenaikan yang sangat pesat, yaitu mencapai angka lebih dari 1 triliun yuan. Momentum ini membuat Jack Ma mendapatkan predikat sebagai ‘Trilion Hou’ atau dalam Bahasa Indonesia artinya ‘Manusia Triliun Yuan’.Berdasarkan data IPO, angka pendapatan Alibaba ketika memasuki akhir tahun 2014, sebesar US $25 miliar.Angka ini tercatat sebagai angka IPO tertinggi sepanjang sejarah angka IPO Amerika.Kemenangan pada nilai saham ini juga menjadikan seorang Jack Ma masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.Ma merupakan orang terkaya di Tiongkok dan Ma menempati urutan ke-23 di daftar orang-orang terkaya di dunia.Hubungan yang terjalin antara pemilik Yahoo! Yaitu Jerry Yang dan Ma secara personal, sudah lama terjalin sebelum akusisi. Meski demikian, hubungan kerja sama yang terbangun antara Ma dan Yahoo! bisa dikatakan naik turun.
Ma dan timnya selalu bangga ketika mengakui bahwa Alibaba merupakan wadah digital.Hal itu juga yang memicu Ma untuk membuat cabang bisnis Alibaba, yang kemudian dinamai dengan Taobao. Taobao adalah situs lelang daling yang cara kerjanya sama dengan eBay. Taobao didirikan pada tahun  2003. Ma mengakui bahwa pertumbuhan eBay sangatlah kuat. Karena itulah, Ma memutuskan untuk membangun situs yang memilikicara kerja serupa dengan eBay.
Perbedaan Taobao dan eBay adalah yang pertama, budaya kerja Taobao, Ma menginginkan layaknya Alibaba, Taobao juga tumbuh dengan jiwa lokal Tiongkok. Perbedaan yang kedua, cara melayani pelanggan melalui situsnya. Perbedaan yang ketiga, desain yang digunakan dalam tab dan pilihan navigasi yang disediakan.Perbedaan yang keempat, Taobao terlihat lebih memahami pasar Tiongkok dibandingkan dengan eBay.

*End*

Baca juga:

jack-ma-1

jack-ma-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar