Kategori

2019/01/29

Soal PG Ide Pokok

1.              Bacalah  paragraf berikut dengan seksama!

www.pixabay.com
(1), Masalah polusi udara tidak berkaitan dengan status sosial  ekonomi (2)  Tidak peduli kaya atau miskin  siapa  pun yang tinggal di kota yang terpolusi akan memiliki kemungkinan kematian lebih besar (3) Catatan WHO, diseluruh dunia 1,1 juta penduduk terpaksa menghirup partikel dan sulfur dioksida. (4). Biaya kesehatan yang harus dikeluarkan untuk mengatasi akibat polusi udara sepertinya cukup tinggi . (5) Dalam perhitungan grogram manajemen perkotaan, untuk hal ini saja kota Jakarta memerlukan biaya kesehatan sebesar 220 juta dolar AS setiap tahunnya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A.  polusi udara tidak berkaitan dengan status sosial ekonomi
B.   kaya atau miskin memiliki dampak terhadap polusi udara
C.  catatan WHO, 1,1 juta jiwapenduduk dunia terkena polusi udara
D.  biaya yang dikeluarkan akibat polusi udara cukup tinggi
E.   sebesar 220 juta dolar AS dibutuhkan akibat polusi udara

2.              Bacalah  paragraf berikut dengan seksama!
www.pixabay.com


(1) Ada pendapat yang mengatakan bahwa saat ini banyak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan. (2) Hal ini sering dilontarkan kepada remaja ketika lingkungan sekitar sudah menjadi rusak. (3) Tuduhan tersebut barangkali muncul karena secara kebetulan melihat remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, misalnya remaja yang membuang sampah sembarangan. (4) Memang benar ada sebagian remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, namun masih banyak remaja yang mau memperhatikan lingkungannya. Misalnya, di sekolah-sekolah para siswa ditekankan untuk memelihara kebersihan kelas dan sekolah. (5) Akan tetapi, mengapa masih banyak pula masyarakat kita yang kurang memperhatikan lingkungannya?
Ide pokok paragraf tersebut adalah... .
A.    pendapat tentang sikap remaja terhadap lingkungan
B.      remaja dituduh tidak peduli terhadap lingkungan yang rusak
C.      masih banyak remaja tidak peduli terhadap lingkungan
D.      tidak semua remaja tidak peduli terhadap lingkungan
E.       banyak masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan

3.              Bacalah  paragraf berikut dengan seksama!
Tantangan dunia koperasi adalah membangun koperasi menjadi andal dan mandiri. Tantangan yang paling utama adalah membangun kelembagaan dan sumber daya manusia koperasi. Sebagai badan usaha, koperasi harus mampu membangun kemampuan wira usaha. Pendidikan dan pelatihan, di samping pemberian perlindungan dan kesempatan berusaha, merupakan unsur pembinaan koperasi yang amat pokok.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A.           perlunya pendidikan dan koperasi
B.           pembangunan kemampuanwira usaha
C.           pembangunan sumber daya manusia
D.           tantangan utama dunia koperasi
E.            perlindungan dan kesempatan kinerja

4.              Bacalah  paragraf berikut dengan seksama!l
(1) Saat ini sebagai tanaman yang diganrungi yang diperkirakan mendatangkan berbagai manfaat, adalah tanaman kelor. (2) Konon pengusaha Jepang berencana untuk membuka ”kebun kelor” seluas 10.000 hektare di Kabupaten Musi, Banyuasin, Sumatra Selatan. (2) Tanaman ini diprediksi bernilai ekonomi yang akan diminati pengusaha luar negeri, antara lain Jepang, bahkan akan merambah kepada bisnis dunia. (3) Pengusaha Jepang akan membuka kebun kelor tersebut karena mereka sangat membutuhkan daun dan bijinya sebagai bahan kosmetika, obat-obatan, minyak goreng, dan pelumas. (4) Peluang ini tidak mereka sia-siakan karena akan mendatangkan keuntungan besar. (5) Ternyata pula, tanaman kelor ini sudah ada di  beberapa negara Afrika, seperti Ethiopia, Sudan, Madagaskar, Somalia, dan Kenya dan sudah dikembangkan pula di Arab Saudi, serta Israel untuk program pemulihan tanah kering dan gersang karena ternyata sifat tanaman ini mudah tumbuh pada tanah kering ataupun gersang.
Ide pokok paragraf tersebut adalah....
A.       rencana pengusaha Jepang
B.       tanaman pagar berkhasiat
C.       manfaat tanaman kelor
D.       membuka kebun kelor
E.        tanaman yang bernilai
        

1 komentar: