Kategori

2019/01/24

Soal Try Out SMA Bahasa Indonesia

1.              Bacalah paragraf berikut!

www.pixabay.com
Upaya Badan Pusat Statistik yang melibatkan Badan Informasi Geospasial, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi mellaui kegiatan Kerangka Sampling Area selayaknya kita apresiasi. Hasilnya, potensi luas panen padi pada tahun 2018 sebesar 10,9 juta hektare. Dari jumlah itu diperkirakan menghasilkan 56,54 juta ton gabah kering giling, atau sebesar 32,42 juta ton beras. Selanjutnya, jika dihubungkan dengan angka konsumsi nasional berdasarkan data tahun 2017 sebesar 111,58 kg perkapita per tahun, total konsumsi beras nasional mencapai 29,50 juta ton. Dengan demikian, perbaikan data produksi beras tahun 2018 telah selesai dilaksanakan.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A.      Penghitungan beras tahun 2018
B.      Kerja sama Badan Pusat Statistik
C.      Potensi luas panen padi tahun 2018
D.      Perbaikan data produksi beras tahun 2018
E.       Apresiasi kagiatan Kerangka Sampling  Area

2.              Bacalah paragraf berikut!

www.pixabay.com

1) Pada tahun 2045 diperkirakan jumlah penduduk usia produktif di Indonesia mencapai 208 juta jiwa. 2) Separuh dari penduduk usia produktif tersebut adalah generasi milenial yang lahir pada 1980 – 2000. 3) banyaknya penduduk usia produktif tersebut merupakan bonus demografi. 4) Bonus demografi ini akan membawa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2050 jika penduduk usia produktif berkualitas. 5) Dengan kata lain, kualitas penduduk usia produktif sangat menentukan mas a depan bangsa.

Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan nomor ....
A.      1)
B.      2)
C.      3)
D.      4)
E.       5)

3.              Perhatikan paragraf berikut!
1) Penggunaan plastik yang semakin masif meresahkan pecinta lingkungan karena sifat plastik yang tidak mudah diurai dapat mencemari tanah. 2) Namun, keresahan itu tampaknya dapat segera diatasi dengan hadirnya Evoware. 3) Evoware adalah produk yang terbuat dari rumput laut. 4) Penemuan ini tampaknya menjadi harapan cerah bagi masa depan ekosistem laut. 5) Dengan fungsi yang sama, sebagai wadah, Evoware dapat meminimalkan polusi tanah karena mudah diurai di tanah.
Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut ditunjukkan angka ....
A.      1)
B.      2)
C.      3)
D.      4)
E.       5)

4.              Perhatikan kalimat berikut!
Krisis air bersih di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, semakin meluas hingga sepuluh kecamatan menyusul belum turunnya hujan di bumi reog hingga awal November.
Inti kalimat tersebut adalah ...
A.      Krisis air bersih karen ahujan belum turun.
B.      Krisis air bersih di Kabupaten Ponorogo semakin meluas.
C.      Krisis air bersih semakin meluas hingga sepuluh kecamatan.
D.      Krisis air bersih di Kabupaten Ponorogo karena belum turun hujan.
E.       Krisis air bersih di Kabupaten Ponorogo teratasi awal November.

5.              Perhatikan paragraf berikut!
Salah satu keunikan masyarakat Gayo adalah tidak mengenal sistem feodalisme. Struktur geologi dan geografi dengan model pertanian kering di dataran tinggi membuat kultur Gayo berbeda dengan daerah Aceh pesisir. Sifat antifeodalisme masyarakat Gayo terbentuk sejak lama. Dalam catatan Snouck Hurgronje, masyarakat Gayo tidak memebedakan struktur adat dan pollitik secara ketat. Kekuasaan reje atau kepala desa terlihat luas dengan “batas-batas miniaturnya”. Kekuasaan tersebut tidak diatur oleh sistem kekuasaan yang tersubordinasi dengna kekuasaan politik-kultural yang lebih tinggi, seperti uleebalang atau naggroe di Aceh pesisir.
Kata tersebut pada paragraf di atas merujuk pada ....
A.      Kepala desa
B.      Struktur adat
C.      Masyarakat Gayo
D.      Struktur geografi
E.     Sistem feodalisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar