Kategori

2019/01/30

Resensi Novel Winter in Tokyo

Tokyo Memutih

www.google.com

Judul                            : Winter in Tokyo
Pengarang                   : Ilana Tan
Penerbit                      : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit               : 2011
Jumlah Halaman         : 320 halaman
Tebal buku                  : 20 cm



            Ilana Tan, alias penulis dan pengarang buku ini merupakan penulis yang cukup sukses dengan karya-karyanya yang terkenal, seperti Summer in Seoul, Autumn in Paris, Sunshine Becomes You, dan masih banyak lagi judul yang terkenal, di kalangan remaja khususnya. Sampai saat ini, ia telah menulis 8 buku. Ia memulai karirnya pada tahun 2006 dengan novel pertamanya, yaitu Summer in Seoul. Ia merupakan seorang penulis yang menulis buku-buku dengan tema fiksi remaja. Ilana Tan juga merupakan sosok misterius yang tidak pernah menulis biodatanya pada buku-bukunya.
            Kualitas buku ini cukup baik. Cover buku ini memiliki kualitas cover novel pada umumnya, tidak tebal, namun juga tidak tipis. Namun karena ini, beberapa orang mungkin akan cepat dengan tidak sengaja merusak cover novel ini, karena tidak tebal. Gambar di novel ini juga cukup simpel namun menarik, sehingga banyak orang yang tertarik dengan novel ini. Gambar cover novel ini juga sudah cocok dengan latar cerita dan judul, yaitu musim salju. Cover novel ini juga ada 2 versi. Ketebalan novel ini juga wajar untuk novel pada umumnya, tidak terlalu banyak, dan tidak sedikit.
            Alur cerita ini menggunakan alur maju mundur. Hal ini dapat disimpulkan karena ada adegan dimana Kazuto maupun Keiko mengingat tentang kejadian di masa lalu. Bahasa di novel ini juga mudah untuk dipahami. Novel ini juga banyak menggunakan bahasa jepang, jadi terkadang membingungkan para pembaca, meskipun sudah dicantumkan arti kata jepang tersebut di bawah halaman. Seperti penggunaan kata ‘Onee-chan’ dan ‘nee-san’ yang terlalu sering, terlihat pada kutipan “Tidak, Keiko Oneesan tidak sakit.” . Tapi, penggunaan bahasa jepang ini juga menguntungkan, karena dapat menambah kosakata bahasa jepang. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga (serba tahu). Tema novel ini secara luas adalah cinta.
            Tokoh dalam novel ini tidak terlalu banyak, dan dapat terlihat jelas siapa tokoh utama dalam novel ini. Penokohannya juga cukup jelas. Didapatkan bahwa Kazuto adalah orang yang mudah cemburu, seperti pada kutipan “Kazuto menarik napas dan menghembuskannya perlahan, lalu menatap Keiko. Aku tidak ingin Akira tahu lebih banyak tentang dirimu daripada aku.” Sayangnya, ada tokoh yang perannya kurang jelas dalam novel ini, sehingga dapat diabaikan. Contohnya, Takemiya Shinzo. Ia hanya berperan sebagai paman Kazuto yang mempunyai restoran terkenal di Jepang. Amanat dalam novel ini adalah bahwa pengorbanan dan perjuangan cinta tidak akan sia-sia. Amanat lain yang dapat diambil adalah jodoh dalam kehidupan kita kelak pasti akan bersama kita pada akhirnya.
            Novel ini sangat cocok dibaca untuk kalangan remaja, karena novel ini mengangkat tentang percintaan dimana hal itu cocok dengan kehidupan remaja yang penuh dengan percintaan. Namun, ada adegan kekerasan dimana Kazuto dipukul dengan stik bisbol oleh orang dewasa yang terletak pada kutipan “Sementara Kazuto sibuk menghindar, ia tidak menyadari salah satu dari pria itu mengambil tongkat bisbol dari dalam mobil dan memukulnya.”, sehingga remaja juga dihimbau untuk berhati-hati.
            Alasan mengapa saya memilih novel ini adalah karena ini merupakan novel favorit saya dari beberapa novel yang pernah saya baca. Saya juga paling mengingat cerita di novel ini sehingga cukup mudah untuk membuat resensi novel ini. Alasan lain adalah bahwa saya telah membaca karya Ilana Tan yang lain, yaitu Sunshine Becomes You dan In a Blue Moon. Saya menyukai kedua novel ini dan saya cukup antusias untuk membaca karya Ilana Tan yang lain. Ditambah lagi, bahwa novel ini salah satu novel Ilana Tan yang difilmkan sehingga saya tertarik untuk membacanya. Teman di sekitar saya saat itu juga sering merekomendasikan novel ini kepada saya dan hal itu akhirnya menambah keinginan saya untuk membaca novel ini. 




*** Selamat Membaca ***

www.pixabay.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar