Kategori

2016/10/04

Rubrik Penilaian Pidato

Rubrik Penilaian Berpidato
Komponen Penilaian
4
3
2
1
Kesiapan
Siswa menunjukkan kesiapan tampil
Siswa tampak cukup siap tampil dan sepertinya masih perlu berlatih
Siswa tampak cukup siap tampil dan sepertinya masih perlu banyak berlatih
Siswa tampak tidak siap
Kejelasan
Siswa berbicara dengan jelas, tidak ada kesalahan pengucapan
Siswa berbicara dengan jelas, ada kesalahan pengucapan 1 kata
Siswa berbicara dengan jelas, ada kesalahan pengucapan lebih dari satu kata
Siswa berbicara dengan tidak jelas atau tidak dapat dimengerti, atau kesalahan pengucapan kata banyak sekali
Isi
Siswa menunjukkan pemahaman yang sangat baik tentang topic
Siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang topic
Siswa menunjukkan pemahaman yang baik pada beberapa bagian topic
Siswa menunjukkan pemahamanyang buruk tentang topic
Volume suara
Seluruh pengucapan sangat keras sehingga dapat didengar dengan jelas oleh seluruh pendengar
Bicara cukup keras sehingga dapat didengar dengan jelas oleh paling tidak 90 % pendengar
Berbicara cukup keras sehingga dapat didengar dengan jelas oleh paling tidak 80 % pendengar
Berbicara seirngkali terlalu pelan volumenya sehingga kurang dapat didengar oleh banyak pendengar
Posisi tubuh dan Kontak pandang
Berdiri tegak tampak percaya diri dan rileks, melakukan kontak pandang seluruh pendengar
Berdiri tegak, melakukan kontak pandang dengan seluruh pendengar
Kadang-kadang tidak berdiri dengan tegak dan melakukan kontak pandang dengan pendengar
Tampak gelisah dan tidak melakukan kontak pandang dengan pendengar
Jeda
Memberikan jeda pada saat yang tepat sebanyak 2 kali atau lebih untuk memberikan efek dramatis atau meningkatkan penghayatan
Memberikan jeda pada saat yang tepat sebanyak 1 kali sepanjang pidato untuk memberikan efek dramatis
Memberikan jeda pada saat berbicara tetapi belum dapat memberikan efek dramatis dan penghayatan
Jeda sepertinya tidak digunakan sama sekali
Waktu/durasi
Penampilan 3 sampai 5 menit
-
-
Pidato kurang dari 3 menit atai lebih dari 5 menit
Mendengarkan penampilan  teman sekelas
Mendengarkan dengan baik dan tidak membuat gerakan atau suara berisik yang mengganggu temannya yang sedang tampil
Mendengarkan dengan baik tetapi membuat gerakan atau suara-suara berisik yang mengganggu temannya yang sedang tampil
Kadang-kadang tampak tidak mendengarkan dengan baik, tetapi tidak membuat suara atau geraka-gerakan yang- membuat berisik
Kadang-kadang tampak tidak mendengarkan dengan baik dan membuat suara atau gerakan-gerakan yang membuat berisik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar