Kategori

2018/04/16

Resensi Buku Dr. Oen

Dr. Oen, Pejuang dan Pengayom Rakyat Kecil



Judul Buku      :  Dr. Oen, Pejuang dan Pengayom Rakyat Kecil
Penulis             :  Ravando
Editor              :  Mahatma Chryshna
Penerbit           :  Kompas
Cetakan           :  I, 2017
Tebal Buku      :  xxix + 272 halaman

            Novel ini bercerita tentang riwayat hidup seorang tokoh medis yang hidup dengan menolong sesama tanpa pamrih, beliau juga membaktikan seluruh hidupnya untuk kemanusiaan, tanpa kenal lelah melayani sesama dalam berbagai kalangan yang membutuhkan pertolongannya. Dan di dalambukuini juga terdapatsumberpendukungsertafotountukmengajak para pembaca ikut ke dalam perjalanan hidup dan perjuangan Dr.Oen.
            Penulis buku ini, Ravando adalah seseorang yang memiliki minat meliputi studi tentang etnis Tionghua di Indonesia. Ia mengabdi sebagai asisten pengajar dana sisten peneliti di Universitas Gadjah Mada, ia juga aktif sebagai mentor sejarah bagi siswa SMP/SMA se-Yogyakarta. Beberapa artikel dan resensi yang ditulisnya pernah dipublikasikan di berbagai penerbit terkemuka di Indonesia, seperti Kompas dan Historia.
            Buku ini memotivasi pembaca dan para dokter muda untuk melakukan hal yang berguna seperti apa yang dilakukan oleh Dr.Oen dan pada bab 1 buku ini sangat berkesan bagi saya karena kita dapat melihat perjuangan Dr.Oen untuk menjadi dokter tanpa pamrih walaupun beliau harus menentang keluarganya sendiri.

            Buku ini cocok dibaca para remaja dan khususnya para dokter muda karena dapat memotivasi dan membenarkan niat para dokter muda sebagai dokter yaitu bahwa “Tugas seorang dokter hanyalah menyembuhkan orang sakit, tiada yang lain.” –Dr.Oen

Baca juga:

resensi-soekarno-is-great-lover

Tidak ada komentar:

Posting Komentar