Kategori

2018/04/17

Resensi Veronika, Misteri Perempuan salib Kudus di Jalan Salib Kristus

Perempuan Pengusap Wajah Yesus




Judul               : Veronika, Misteri Perempuan Salib Kudus di Jalan Salib Kristus
Pengarang       : Doni Koesoema Albertus
Penerbit           : PT. Kanisius
ISBN               : 1014000169
Cetakan I        : 28 Mei 2014
Tebal               : 215 halaman

            Buku karanngan Doni Koesoema Albertus yang terbit pada tahun 2014 ini mengajak pembaca untuk menelusur, dari mana sebenarnya asal-usul gambaran dan kisah Veronika yang sampai pada kita, yaitu seorang perempuan saleh yang mengusap wajah Yesus di perjalanan menuju Kalvari, ia memperoleh gambar Yesus di sapu tangannya. Kisah tentang veronica yang sampai pda kita saat ini, bukanlah satu-satunya kisah yang ada tentan Veronika, baik sebagai sosok perempuan kudus maupun gambar otentik Kristus. Di berbagai tempat terdapat banyak kisah atau legenda tentang kain Veronika yang bergambar wajah Yesus itu. Banyak tradisi dalam gereja, baik di Barat maupun di Timur, yang mengisahkan tentang Veronika dengan berbagai macam versi & kisah uniknya.
            Doni Koesoema Albertus lahir pada tahun 1973 di Klaten Jawa Tengah. Menjalani pendidikan menengah di SMA Seminari Santo Vincentius a Paulo, Garum, Blitar, Jawa Timur. Gelar Sarjana Filsafat diperoleh di Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Jakarta. Memperoleh gelar Baccalaureato di Teologia dari Universitas Kepausan Gregoriana, Roma, Italia. Memperoleh gelar Master of Education  (M. Ed) dengan spesialis Kurikulum dan Pengajaran di Boston Collage Lynch School of Education, Boston, MA, US.
            Penulis pernah menjadi wartawan majalah Hidup (1995-1998). Selepas dari majalah Hidup, ia menjadi koresponden untuk majalah hidup (1999-2005) dan situs resmi KWI Mirifica bermarkas di Roma (2002-2005). Ia pernah menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Koran Harian Anak Berani (2009-2011) dan menjadi Editor in Chief Berani Online (2011-2012) sekarang menjadi Direktur Pendidikan Karakter Education Consulting (2008-sekarang).
            Penulis memperoleh beberapa penghargaan antara lain: Penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2011 untuk apresiasi dan penilaian artikel bidang pendidikan yang dimuat pada media cetak dan penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional sebagai penulis artikel produktif tentang pendidikan di media cetak dalam rangka Apresiasi Penulis Artikel Peduli Pendidikan 2008-2009.

            Saya membaca buku ini karena saat kelas 9 SMP saya diharuskan membawa buku tentang kemanusiaan atau Humaniora maka dari itu saya membeli buku ini karena menurut saya buku ini sangat menarik karena menarik fakta-fakta terdalam tentang Veronika dan dapat menambah pengetahuan-pengetahuan penting dalam umat Kristiani. Walaupun kata-katanya sangat sulit dimengerti karena dia mengambil beberapa materi dari dokumen-dokumen Gereja yang menurut saya sangat asing. Namun buku ini sangat menarik perhatian karena terdapat fakta-fakta unik tentang Veronika yang membuat beberapa pembaca penasaran begitu juga saya. Bab yang menarik adalah bab 1 mengenai Veronika di Mata Umat Katolik karena bab tersebut benar-benar mengupas inti dari buku ini dan fakta-fakta Veronika baik secara umum maupun khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar