Kategori

2018/04/16

Resensi Stephen Hawking

Stephen Hawking





JudulBuku                       : A Brief History Of Time Stephen Hawking.
Penulis                             : Stephen Hawking.
Alih bahasa Indonesia     : Zia Anshor
Penerbit                           : Writers House, LLC and Maxima Creative Agency dan di terbitkan kembali dalam bentuk terjemahan Bahasa Indonesia oleh PT Gramedia Pustaka Utama.
Jumlah Halaman              : 151 halaman.
Cetakan                           : 2013 (Stephen Hawking) dan 2014 (oleh Gramedia).
ISBN                               : 978-602-03-0006-1

Stephen Hawking seorang professor yang mendunia tentang ilmu fisikanya, telah banyak menjalani berbagai masa-masa di hidupnya. Keadaan seorang manusia tak luput dari jatuh bangun. Demikian juga Stephen Hawking. Melalui buku ini, Stephen menceritakan kisah-kisah hidupnya dari sejak ia masih kecil sampai ia menjadi profesor. Saat ketika ia susah, sampai ia jatuh sakit dan terbaring di kursi roda karena terjangkit ALS, dan bertemu dengan Jane seseorang yang bisa menerima dirinya apa adanya hingga memiliki keluarga kecil semua tertuang di dalam buku ini. Lika-liku hidupnya menceritakan seberapa kerasnya ia memperjuangkan gelar Ph.D. nya.
Menurut saya, buku karya Stephen Hawking ini terasa sangat berkesan dan terasa nyata karena ditulis sendiri oleh yang punya ceritanya. Jadi pengalaman dan alurnya pun terasa sangat sungguhan dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata yang dipilih sangat santai, sehingga pembaca pun tidak terlalu bingung dan berat membacanya. Alur dan jalannya sangat menarik, banyak konflik yang menarik juga, alur ceritanya pun naik turun sehingga pembaca pun terkesan dengan konflik baru yang ditimbulkan setelah konflik sebelumnya telah reda.
Terlebih pada bagian bab ketika Stephen ingin menyerah kepada hidupnya karena ia di diagnosis terjangkit ALS dan ternyata ia malah menemukan istrinya yang memberikan ia kembali semangat hidup untuk terus mengejar gelar Ph.D. nya. Tetapi sayangnya buku ini ada beberapa bab yang membahas tentang teori-teori fisika yang ia teliti sehingga sulit dipahami dan kurang menarik bagi orang awam terlebih bagi orang yang tidak menyukai fisika.
Buku ini tertulis banyak kejadian yang dialami oleh Stephen Hawking yang bisa dijadikan inspirasi bagi para pembacanya. Mengajarkan kita untuk tetap berusaha dan tidak menyerah kepada kehidupan walaupun keadaan sulit sekali pun melanda. Dan member contoh tentang seberapa kerasnya dia berusaha  demi meraih gelar profesornya dengan melewati lika-liku kehidupan. Buku ini juga mengandung banyak ilmu pengetahuan, khususnya fisika.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar