Kategori

2018/04/09

Resensi Novel, Novel Ilana Tan, Sunshine Becomes You

Takdir di Balik Gips




Judul Buku           : SunShine Becomes You
Pengarang            : Ilana Tan
Ukuran                 : 13,5 x 20cm x 400 halaman
Penerbit                : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit         : Januari 2012


Ilana Tan adalah novelis Indonesia yang terkenal karena menulis empat novel roman yang masing-masing novelna disajikan dengan cerita yang berbeda-beda. Novel Ilana Tan memiliki keunikan yaitu tokoh dari novel satu ke novel yang lainnya saling berkaitan. Novel pertamanya berjudul Summer in Seoul (2006), novel keduanya berjudul Autumn in Paris (2007), novel ketiganya berjudl Winter in Toko (2008), novel keempatnya berjudul Spring in London (2010). Sedangkan novel kelimnya berjudul Sunshine Becomes You (2012) dan karyanya yang keenam berjudul Autumn Once More (2013).
Novel Sunshine Becomes You ini mengajak pembaca untuk menyelami rutinitas sehari-hari Mia Clark, seorang gadis yang memiliki bakat luar biasa dalam menari, tetapi ia tidak dapat mewujudkan impiannya. Ia menjadi salah satu lulusan terbaik Juilliard, Institut terbaik di Amerika Serikat.ini kisah yang terjadi di bawah langit New York, tentang harapn yang muncul di tengah keputusasaan, tentang impian yang bertahan di antara keraguan, dan cinta yang memberi alasan hidup.
Liana Tan berhasil membuat alur cerita yang begitu mengalir dan deskripsi tokoh yang unik. Awalnya saat melihat cover bukunya memang kurang menarik, tetapi saat membaca synopsis ceritanya, pemebaca dibuat penasaran dengan isi dalam buku tersebut. Judul yang digunakan sangat sesuai dengan isi.
Alur yang terdapat dalam novel ini adalah alur maju. Di bagian pengenalan tertulis tokoh Alex Hirano seorang pianis terkenal yang tertimpa kesialan karena Mia Clark seorang penari kontemporer menabraknya dan menyebabkan pergelangan tangannya terkilir. Seharusnya seminggu kemudian Alex menggelar konser piano. Konflik mulai muncul saat Mia Clark merasa sangat bersalah pada Alex Hirano.
Sosok Alex Hirano adalah seornag yang tegar, tidak mudah putus asa, pekerja keras, dan penyayang. Sedangkan Mia Clark merupakan sosok yang baik hati, lemah lembut, pekerja keras, tabah, dan tidak mudah putus asa. Latar tempat yang dipakai sangat bervariasi terutama penggunaan latar panggung sebagai tempat pementasan. Alur dalam cerita menimbulkan suasana mengharukan dan bahagia pada akhirnya. Sudut pandang cerita menggunakan orang ketiga serba tahu atau pencerita/pengarang mengetahui isi hati dan pikiran para tokoh.
Cerita ini sarat akan amanat. Dalam hidup kita haru berjuang untuk segala hal yang kita rencanakan tanpa memaksakan kehendak pada orang lain demi kepentingan diri sendiri. Buku ini mengajarkan kita untuk saling peduli antar sesama dan merasakan setiap perhatian yang diberikan.
Buku ini cocok dibaca oleh kalangan umum terutama anak remaja tingkat menengah pertama. Bahasa yang digunakan dalam cerita ini mudah dipahami dan penggambaran tokoh sangat jelas. Buku ini juga cocok dibaca di waktu luang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar