Kategori

2019/05/21

REVIEW FILM PERAHU KERTAS


Perahu Kertas






Sutradara                     : Hanung Bramantyo
Penulis Naskah            : Dewi “ Dee “ Lestari
Produser                      : Chand Parwez Servia, Putut Widjanarko
Sinematografi              : Faozan Rizal
Penyunting                  : Cesa David Luckmansyah
Produksi                      : Starvision Plus dan Mizan Production
Durasi                          : 107 menit
Tanggal Rilis               : 16 Agustus 2012







            Perahu Kertas mengisahkan pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy dan Keenan Kugy sendiri diperkenalkan kepada Keenan oleh dua sahabatnya, Noni dan Eko ketika mereka menjemput Keenan sepulangnya pemuda tersebut dari masa belajarnya di negara Belanda. Kisah cinta Kugy dan Keenan tidak lantas berjalan dengan mulus. Ketika pertama kali bertemu, Kugy sedang menjalin kasih dengan Ojos pria tampan yang telah ia pacari semenjak masa Sekolah Menengah Atas.  Keenan sendiri juga sempat dekat dengan seorang gadis cantik bernama Wanda Kugy dan Keenan sama-sama saling menyukai. Keduanya mungkin sama-sama menyadari hal itu. Namun keduanya tidak pernah benar-benar saling menyatakan perasaannya. Kisah bermula ketika mereka berdua kuliah di Bandung. Kugy, yang bercita-cita ingin menjadi penulis dongeng, kuliah di Fakultas Sastra.

            Pemeran dalam film ini diantaranya adalah Maudy Ayunda berperan sebagai Kugy difilm ini ia memiliki watak percaya diri, periang dan mudah bergaul dengan siapa aja, Adipati Dolken berperan sebagai Keenan memiliki watak introver, halus dan tidak menyukai keramaian, Reza Rahardia sebagai Remi, Elyzia Mulachela sebagai Luhde, Kimberly Ryder sebagai Wanda, Sylvia Fully R sebagai Noni berwatak penyayang, perhatian dan juga pencemburu, Fauzan Smith sebagai Eko berwatak lucu, penyayang dan periang dan Rizky Julio sebagai adik dari Keenan. Mereka semua memainkan peran dalam film dengan sangat mendalami peran dan itu membuat film ini telrihat menjadi sengat bagus. Dan dalam film ini pun sifat mereka unik dan berbeda dari pada yang lainnya.

            Alur yang digunakan dalam film Perahu Kertas ini adalah alur maju mundur. Karena pada awal film menceritakan pengenala tokoh lalu latar belakang tokoh kemudian dilanjutkan dengan pemunculkan konflik. Seperti saat Keenan dan Kugy mulai merasa ada sesuatu yang berbeda pada masing-masing perasaannya dan ketika Keenan tau bahwa Kugy telah memiliki kekasih, Keenan berusaha menghindar pada waktu itu. Alur mundur pada saat adanya scene flashback saat perkenalan latar belakang tokoh.

            Menurut saya film ini sangat bagus, karena film ini tidak hanya menceritakan tentang kisah cinta melainkan juga persahabatan. Bahkan genre yang mendominasi film ini adalah tentang persahabatan. Dan saya adalah tipe orang yang suka film genre tentang persahabatan dan juga kisah cinta, juga untuk orang yang sama seperti saya pasti akan menyukai film ini. Pada saat film ini di rilis pun sangat jarang ada film yang mempunyai genre seperti film ini. Cerita dari film ini juga menyentuh hati karena sesuai dengan realita yang kadang kala kita alami dalam kehidupan kita dalam persahabatan maupun cinta.

            Pemain dalam film ini pun sangat mendalami peran sehingga karakter yang hadir dalam cerita ini mampu digambarkan dengan cukup baik. Penampilan pemerannya juga sangat bagus dan cocok untuk masing-masing karakternya dan juga mereka sangat menjiawi saat di film ini. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini salah satunya adalah kita tidak boleh meninggalkan sahabat kita yang sedang ada di Keadaan terpuruk dan kita harus selalu menjadi teman yang selalu ada untuknya. Dan film ini sangat menarik dan bagus, dimana dalam ceritanya mengangkat kisah atau cerita yang sangat jarang dibuat untuk menjadi film.

            Tetapi disamping itu semua, terdapat salah satu bagian konflik yang terkesan menarik sementara bagian lainnya terasa datar akibat konflik yang muncul dari kehidupan pribadi masing-masing karakter terlalu banyak yang pada akhirnya malah memecah perhatian penonton. Film ini juga terbagi menjadi 2 season sehingga membuat penonton harus menunggu luamyan lama untuk season berikutnya. Dan akhir cerita agak kurang jelas atau masih menggantung sehingga menimbulkan rasa penasaran bagi para penontonnya.

            Saya memilih film ini karena film ini berbeda dengan film yang lainnya, karena pada saat film ini di rilis tahun 2012. Pada tahun itu sangat jarang ada film yang menceritakan tentang persahabatan dan kisah cinta. Film ini mempunyai banyak pesan moral yang dapat kita lakukan. Dan saya adalah orang yang sangat suka dengan film yang memiliki genre seperti film ini. Saya pun juga suka dengan pemain utamanya yaitu Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Dari film ini saya belajar bahwa setiap manusia memiliki takdir hidupnya masing-masing dan usaha keraslah yang mengantar takdir ke kita. Oleh karena itu kita harus menjadi pribadi-pribadi yang percaya diri akan cita-cita yang kita ingin capai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar