Kategori

2019/05/08

Film Thor: Ragnarok


Dewa Petir yang Sesungguhnya




Judul Film       : Thor: Ragnarok

Sutradara        : Taika Waititi
Produser         : Kevin Feige
Penulis            : Eric Pearson dan Craig Kyle
Pemeran         : Chris Hemsworth, Tom Hiddleston, Mark Ruffalo, Cate Blanchett, Tessa Thompson
Produksi          : Marvel Studios
Tahun              : 2017
Durasi              : 130 menit



Thor (diperankan oleh Chris Hemsworth) sedang terperangkap di gua milik Surtur (makhluk yang ingin menjatuhkan Asgard, tempat tinggal Thor) kemudian ia berhasil mengambil mahkota Surtur agar kehancuran Asgard tidak terjadi dan keluar dari gua tersebut. Kemudian Thor balik ke rumahnya, Asgard dan menemukan bahwa Asgard sudah tidak sama lagi karena adiknya Thor, Loki telah mengasingkan ayahnya mereka, Odin agar Loki dapat mengambil tahta Odin dengan cara menyamar seperti Odin. Setelah Thor menyadari, Thor membuat Loki mengaku didepan rakyat Asgard bahwa ia telah menipu Asgard dan mencari posisi ayahnya untuk membawanya kembali ke Asgard. Tetapi ternyata ayahnya sudah sekarat dan sebelum ia meninggal, ia menjelaskan bahwa ada dewi kematian yaitu, Hela yang merupakan anak pertama dari Odin dan kekuatannya sangat kuat. Odin berkata bahwa ia mengurung Hela dengan nyawanya, jadi apabila Odin sudah tidak ada, Hela akan bebas. Setelah Odin meninggal, Hela muncul dihadapan Thor dan Loki dan ia menyuruh mereka untuk tunduk kepadanya tetapi mereka melawan. Thor melemparkan palunya kepada Hela tetapi karena Hela sangat kuat, palu tersebut dihancurkan. Saat Thor dan Loki ingin kembali ke Asgard melalui bifrost, Hela menyerang mereka saat perjalanan melalui bifrost dan mereka keluar dari jalur bifrost sehingga mereka terdampar di tempat yang bernama Sakaar.
Di Sakaar, Thor menjadi tawanan karena ia dijual oleh seorang petarung perempuan bernama Scrapper 142, sedangkan Loki menjadi bawahan pemilik Sakaar, The Grandmaster. Karena Thor ingin bebas dan pulang menyelamatkan Asgard, ia harus melawan sang juara milik The Grandmaster. Sesaat sebelum Thor melawan sang juara, ia menyadari bahwa Scrapper 142 adalah seorang Valkyrie (pasukan elite perempuan Asgard yang bersumpah untuk melindungi tahta). Setelah Thor siap melawan sang juara, ternyata sang juara tersebut adalah Hulk yang merupakan teman lama Thor. Tetapi sayangnya, Hulk lupa akan Thor dan mereka tetap bertarung, Thor pun kalah karena ia disetrum oleh The Grandmaster dan ia pingsan. Saat ia bangun, ia berada dikamar Hulk dan selama ia Bersama Hulk ia membujuk Hulk untuk membantunya menyelamatkan Asgard. Thor juga berhasil membujuk Valkyrie dan Loki. Kemudian mereka kembali ke Asgard dan bertarung melawan Hela, tetapi mereka sadar bahwa Hela terlalu kuat dan sulit untuk dikalahkan sehingga mereka memakai mahkota Surtur dan membangkitkannya untuk menghancurkan Hela sekaligus Asgard karena Thor sadar bahwa Asgard bukanlah sebuah tempat melainkan rakyatnya yang membuat Asgard menjadi sebuah rumah. Hela pun berhasil dikalahkan dan dibunuh oleh Surtur dan Asgard hancur, kemudian Thor, Loki, Valkyrie dan rakyat Asgard semuanya tinggal di kapal planet luar angkasa yang besar dan Loki menjadi raja Asgard.

Film yang bertema superhero ini dibintangi oleh pemain yang cukup terkenal. Tokoh utama dari film ini diperani oleh Chris Hemsworth, di film tersebut, ia merupakan tokoh yang tidak mudah menyerah dan memiliki rasa cinta terhadap bangsanya. Ia juga merupakan tokoh terkuat di film tersebut. Pemain selanjutnya adalah Tom Hiddleston yang memerani Loki. Loki merupakan tokoh yang suka menipu orang lain, ia juga merupakan tokoh yang haus akan kekuasaan dan pengakuan dari rakyatnya. Pemain ketiga adalah Mark Ruffalo yang memerani Hulk, ia adalah orang yang mudah panik dan mudah marah. Pemain Selanjutnya adalah Cate Blanchett, ia berperan sebagai Hela. Di film tersebut, Ia merupakan tokoh yang ambisius karena ia ingin menguasai 9 galaxy di seluruh alam semesta. Ia juga merupakan tokoh yang membenci kedamaian. Pemain terakhir adalah Tessa Thompson yang berperan sebagai Valkyrie, ia merupakan tokoh pemabuk yang kemudian berubah menjadi tokoh yang ingin membantu Thor mengalahkan Hela. Ia merupakan tokoh yang pemberani dan tidak takut akan musuh-musuhnya.

Alur yang digunakan dalam film ini mayoritas alur maju karena hanya ada satu adegan dimana terdapat video kilas balik saat Hulk jatuh dari pesawat yang merupakan alur mundur. Hampir seluruh adegan dalam film ini merupakan alur maju karena film ini menceritakan apa yang akan terjadi selanjutnya.
Kelebihan dari film tersebut adalah cerita dirangkai dengan baik dan membuat kita penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya sehingga film ini sangat menarik untuk ditonton. Meskipun terdapat banyak dialog (pembicaraan antara pemain), tetapi tidak membuat penonton merasa bosan. Editannya juga sangat bagus dan membuat adegan perang menjadi sangat keren.

Kekurangan dari film ini adalah terlalu sadis sehingga tidak terlalu dianjurkan untuk anak kecil. Banyak adegan perang yang menunjukan orang-orang yang terlibat perang tertusuk, ditebas kepalanya dan lain-lain sehingga terlalu sadis untuk anak kecil. Inti dari ceritanya adalah perperangan antara Thor, Loki dan Valkyrie melawan Hela tetapi hanya saat klimaks tidak terlalu ditampilkan adegan mereka melawan Hela dan hanya sebentar saja perperangannya.

Secara pribadi, saya memberi nilai 10/10 untuk film ini karena saya sangat menikmati film ini. Pemain-pemain yang terdapat dalam film ini memerani tokohnya masing-masing dengan sangat baik sehingga kita juga dapat merasakan setiap adegan yang ada dalam film tersebut. Hal yang paling saya sukai dari film ini adalah editannya, karena ada satu adegan dimana Thor menunjukkan dirinya sebagai dewa petir yang sesungguhnya tanpa perlu menggunakan palunya, di dalam adegan itu, editan petirnya terlihat sangat asli dan membuat film ini sangat keren pada saat klimaksnya.

Amanat yang saya bisa ambil dari film ini adalah meskipun kita berada dalam situasi genting dan merasa  bahwa kita tidak dapat melakukan apapun lagi karena masalah yang menimpa kita terlalu berat, kita harus tetap optimis mencari jalan keluar atau solusi dari masalah. Amanat kedua yang bisa saya ambil adalah, jangan terlalu memercayai orang lain terlalu mudah karena kita tidak tahu apakah dia seorang penipu atau bukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar