Kategori

2019/05/10

Resensi Film Us (Horor)

Kisah Dua Sisi yang Berbeda di Kehidupan
           

Judul Film    : Us
Genre          : Horror-Thriller
Sutradara    : Jordan Peele
Produser     : Jason Blum, Ian Cooper, Sean McKittrick, Jordan Peele
Penulis         : Jordan Peele
Pemeran    : Lupita Nyong'o, Winston Duke, Elisabeth Moss, Tim Heidecker
Tanggal rilis  : 8 Maret 2019 (SXSW)
  22 Maret 2019 (Amerika Serikat)
Durasi          : 116 menit
Anggaran                  : $20 juta
Pendapatan kotor    : $216,6 juta

Film Us (2019) merupakan sebuah film yang menceritakan kisah sebuah keluarga yang pergi berlibur dan diteror oleh orang-orang asing yang mirip dengan wajah mereka. Film ini disturadarai, ditulis, diproduksi yaitu Jordan Peele. Sebelumnya Jordan Peele adalah seorang aktor, komedian dan pembuat film. Debutnya sebagai sutradara dimulai dari film Get Out (2017) yang langsung sukses di pasaran dan diganjar berbagai penghargaan, termasuk menjadi nominator penerima Piala Oscar.
Film ini diperankan oleh Lupita Nyong’o sebagao Adelaide Wilson atau Red, Winston Duke sebagai Gabe atau Abraham, Shahadi Wright Joseph sebagai Zora Wilson atau Umbrae, dan Evan Alex sebagai Jason Wilson atau Pluto. Jadi masing masing pemain ini memiliki du karakter yang berbeda dengan muka yang sama. Maka dari itu semua pemain memiliki 2 nama yang berbeda.
Film ini menceritakan tentan keluarga yang baru saja pindah ke rumah dekat pantai dan mereka dikejutkan dengan munculnya satu keluarga aneh dengan wajah yang sama dengan mereka. Keluarga yang aneh ini berkarakteristik psikopat dan bertujuan untuk membunuh keluarga yang normal. Jadi film ini mengisahkan bahwaa semua orang didunia memiliki kembarannya sendiri yang tinggal di bawah tanah tetapi memiliki kepribadian yang berbeda.
Dengan jalan cerita yang menegangkan dan membuat penonton penasaran juga berpikir, film ini mempunyai alur yang sangat detail dan susah ditebak penyelsaiannya. Ada satu adegan dimana Adelaide saat kecil tidak bisa berbicara dan ternyata itu dikarenakan tubuh dia ditukar oleh Red yang ada dibawah tanah. Menurut saya satu alur itu sangat membingungkan dan kadang sulit untuk dipikirkan.
Semua karakter dalam film ini memiliki porsi yang pas. Apalagi Lupita Nyong’o, Lupita ini memainkan dua karakter yang berbeda tersebut dengan keren dan seru. Raut wajah yang digunakan dia juga bikin kita kebawa emosi dan perasaan yang sama seperti di film. Setiap karakter di film ini memiliki peran yang sangat penting walaupun tidak terlalu menonjol.
Konflik di film ini juga sangat sulit dipahami kalau tidak menonton dengan serius dan memperhatikan dengan baik karena apabila satu adegan terlewatkan kita susah untuk mengerti adegan berikutnya lagi. Tetapi film ini memiliki plot-twist yang selalu mengejutkan penonton dan patut untuk mencoba menontonnya.
Saya memiilih untuk review film ini karena sangat menarik untuk ditulis dan di review, film ini memiliki jalan cerita yang sangat amat saya suka dan karena ber-genre thriller Us ini membawa kesan seram dan menegangkan saat menontonnya. Ada scene dimana semua keluarga psikopat yang tinggal dibawah tanah itu membawa gunting seperti yang di poster, nah itu sebenarnya digunakan untuk membunuh semua keluarga di dunia asli. Film ini juga sebenarnya memiliki arti kehidupan yang sangat baik, tetapi banyak orang yang tidak mengerti karena alurnya.
Dan yang saya suka dari film ini adalah film ini tuh punya teori konspirasi yang banyak. Contohnya seperti ada adegan dimana pada saat the Underground atau keluarga yang dari dunia bawah tanah tersebut membunuh keluarga teman si Adelaide dan si keluarga ini sebelum dibunuh menyalakan lagu yang berjudul “F**k the police”. Nah lagu tersebut di nyanyikan oleh rapper Underground dan istilah Underground itu berhubungan dengan film ini yang mempunyai kaitannya dengan manusia bawah tanah.
Selain menarik, film ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak dapat ditonton oleh semua kalangan karena film ini butuh pemikiran yang matang, memiliki scene yang agak menjijikan jadi sedikit risih, orang yang tidak menyukai darah akan membenci film ini karena film ini banyak berhubungan dengan pembunuhan dan darah.
Sebenarnya banyak nilai moral dan amanat yang kita bisa ambil dalam film ini. Seperti nilai kebebasan, semua orang layak untuk mendapatkan kebebasan seperti di film ini Red mencoba membebaskan diri dari bawah tanah walaupun yang dia lakukan salah.
Film ini juga mempunyai amanat yang mendalam yaitu “Jangan pernah menyia-nyiakan sesuatu dan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki karena pasti ada sekelompok orang yang lebih tidak beruntung dari kita” amanat itu saya tangkap sendiri dari film karena di film tersebut kita dapat melihat bahwa keluarga yang berada di dunia asli dan dunia bawah anah sangat berbeda. Apabila yang dunia asli bersenang-senang maka dunia bawah tanah akan menderita. Dari situ kita juga harus menyadari bahwa kita harus sangat bersyukur.
Saran saya kalau kalian mau nonton film ini adalah unutk menyiapkan mental dan hati. Karena film ini sangat sadis dan bermain dengan benda tajam. Karakter the Underground  juga sangat menyeramkan dengan suara Red yang aneh. Dan tidak lupa juga banyak adegan yang mengerikan.

Intinya film ini patut ditonton oleh kalian yang menyukai genre thriller-horror dan pembunuhan sadis. Film ini bakal buat kalian merinding, jijik, terkejut, kagum dan bikin pikiran kalian melayang deh. Jangan lupa kalian harus benar - benar memperhatikan film ini. Untuk kalian yang ga suka film genre ini bakal bilang film ini membosankan karena durasi yang lumayan panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar