Kategori

2019/05/21

REVIEW FILM MOANA


REVIEW FILM MOANA

 Judul film : MOANA
Genre : Petualangan
Tema : kekeluargaan
Tanggal tayang : 14 November 2016
Durasi : 107 menit
Rating (IMDB) : 7.6
Pengisi suara : 1. Auli’i Cravalho (moana)
                     2. Dwayne Johnson (maui)
                  3. Rachel House (nenek moana)
              4. Temuera Morrison (ayah moana)


Moana adalah salah satu serial film Disney princess. Tetapi dalam film ini Moana adalah seorang anak kepala suku pulau Motonui dan tidak mau dipanggil seorang princess. Dalam film ini, Moana sangat tertarik pada laut. Tetapi sejarah mengatakan bahwa jantung dari dewi kehidupan telah diambil oleh Maui si pahlawan setengah dewa. Moana sempat bimbang ketika mau diangka menjadi kepala suku karna dia mau berpetualang di lautan walaupun dilarang oleh ayahnya. Tetapi nenek moana percaya bahwa jika kita melakukan hal yang kita sukai maka apapun dapat terjadi, maka pada akhirnya impian moana untuk berpetualang di lautapun terwujud.

Moana adalah seorang anak kepala suku pulau motonui yang ceria. Diapun juga berani dalam mengambil resiko dan percaya kepada kemampuan dirinya sendiri. Walaupun ayahnya bersifat sangat keras dan protektif kepada moana, moana tetap percaya pada keinginannya untuk meninggakkan pulau motonui untuk berpetulang. Moana juga sangat dekat dngan neneknya sejak kecil dan neneknyapunlah yang meyakinkan moana untuk pergi dan meninggalkan pulau motonui. Walaupun ayahnya bersikap tegas, di sisi lain ibu moana merupakan tokoh yang penyayang dan mendukung tindakan yang moana lakukan. Tefiti dalam film ini diceritakan sebagai dewi yang memberikan kehidupan atau ibu pertiwi yang damai dan anggun tetapi sejak jantungnya diambi darinya sifat tefiti berubah 180 derajat menjadi seperti monster yang dikenal sebagai Teka monster lava yang ganas. Pada akhirnya maui pun berhasil mengantarkan jantung tefiti dan mengembalikan keadaan kehancuran di bumi menjadi kesuburan.

            Film ini menggunakan alur campuran karena pada awal film, film ini menceritakan tentang sejarah pulau – pulau polinesia dan sejarah pada dewa, pahlawan dan latar belakang pulaunya dan juga banyak ditemukan tokoh – tokoh film tersebut mengingat kembali kejadian – kejadian yang terjadi di masa lalu. Selanjutnya menggunakan alur maju yang menceritakan perjalanan moana dari pulau motonui , bertemu dengan maui sampai pada akhirnya mengembalikan jantung tefiti.

            Latar dari film ini adalah di dareah kepulauan polinesia yang eksotis. Digambarkan bahwa pulau yang ditinggali oleh moana tidak terlalu padat dan masih banyak terdapat lhan kosong yang hijau. Diperkirakan bahwa film ini menggunakan setting tahun 1800an karena masih menggunakan teknologi yang tradisional  tetapi sudah memiliki ilmu pengetahuan tentang pelayaran.

            Konflik alam cerita ini cukup banyak mulai dari moana yang tidak mau menjadi kepala suku dan ingin berpetualang dilautan, dan setelah bertemu maui, maui tidak mau membantu karena takut akan tanggung jawabnya sendiri, perahunya rusak dan berpuncak ketika moana dan maui kesulitan mengembalikan jantung tefiti dan padaakhirnya mengetahui bahwa Teka adalah tefiti tanpa jantung yang bersifat merusak.

            Banyak pesan yang ingin disampaikan dari film ini seperti kita haus percaya akan keyakinan yang kita miliki, kita harus percaya diri, berani , dan bertanggung jawab akan hal yang kita lakukan. Selain itu kita juga harus menghormati keinginan orang tua dan tidak langsung menilai orang lain dari fisiknya.

            Secara pribadi saya memberikan nilai film ini 9.5 karena memang pesan dari film ini dapat disampaikan dengan baik kepada penonton. Juga pemilihan cerita film ini yang berbeda dari serial princess yang diceritakan sebagai anak yang tanggunh dan pemberani. Sulit sekali untuk menemukan kekurangan dalam film ini karena merupakan film animasi. Tetapi menururt saya film ini durasinya kurang lama karena ada beberapa adegan yang dipercepat. Seperti ketika moana berlayar dari pulau terdampar ke Tefiti, aegan tersebut digambarkan dengan perubahan langit dari pagi, siang dan malam. Selebihnya film ini sudah sangat bagus dan merupakan salah satu film favorit saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar