Kategori

2019/02/07

Soal Resensi Pilihan Ganda


 
www.pixabay.com

1.  Inilah cara penuturan yang dramatik, yang lebih memberi kesan, dari para pembaca. Cara naratif yang langsung menjelaskan siapa wanita siam itu. Begitulah akhirnya dikuakkan siapa sebenarnya Mahadi itu. Mahadi adalah abang sulungnya dari sebuah keluarga yang tidak pernah rukun yang terdiri dari tujuh anak. Mahadi menjadi pengganti ayahnya yang tidak bertanggung jawab terhadap keluarga. Mahadi menjadi tiang keluarga, pelindung keluarga, penyelamat keluarga, karena ayahnya yang berwatak keras menganggur di rumah. Tokoh Mahadi menjadi “model” dan dikagumi oleh si “aku”.
Unsur intrinsik yang ditonjolkan kutipan resensi  novel di atas adalah ….
a.  Setting              c. Tema novel                 e. Penokohan novel
b.  Alur novel          d. Sudut pandang

2.   Teknik untuk mengulur keingintahuan pembaca dengan bagus dilakukannya, seperti diuraikan di atas. Meskipun demikian novel  ini memiliki pola atau struktur bentuk yang kuat. Jalinan masa kini dan masa lampau ditulisnya secara intuitif cerdas, sehingga pembaca dapat mengikuti cerita dalam bius “kekinian” alias tidak terganggu pengalamannya.
Unsur intrinsik yang ditonjolkan kutipan resensi novel di atas adalah ….
a.  Setting              c. Tema novel                e. Penokohan novel
b.  Alur novel          d. Sudut pandang

3.  “Panggil Purdi,” katanya, “Ia pasti tahu yang terjadi, ia berjanji untuk menjaga rumah itu.” Purdi segera muncul seolah-olah menunggu namanya disebut. Tiba-tiba datang bayangan dari jalan raya. “Buldoser,” kata dia, di bawah topi wajahnya tampak seperti malam. “Kapan?” Tanya ayah. “Sepuluh hari yang lalu. Dua buldoser dan tujuh orang pekerja.” Ketika berangkat kerja Purdi melihat mereka. Tiga rumah di tepi jalan dirobohkan. Malamnya ia datang mendapatkan rumah keluarga Grela di sini, tetapi sudah sangat terlambat.
Nilai yang terkandung dalam penggalan cerita di atas, yaitu ….
a.  Nilai politik       c. Nilai agama            e. Nilai ekonomi
b.  Nilai moral        d. Nilai sosial

4.  Roda-roda bus bergelutuk ketika berhenti di tikungan, dan Grela merasakan berat kepala wanita tua di sampingnya terjatuh di pundaknya. Di luar sana sangat gelap. Orang hanya dapat mengenali bayang-bayang daerah yang dilewati: pepohonan, semak-semak, dan rumah-rumah kumuh di pinggiran kota. Belum begitu terlambat meskipun hujan akan turun sepanjang hari, lampu-lampu pagi diganti oleh lapisan awan.
Unsur intrinsik yang terkandung pada kutipan di atas adalah ….
a.  Penokohan          c. Alur                       e. Tema
b.  Setting                d. Amanat

5.  Tujuan penulisan resensi adalah …
a.  Agar pembaca dan penulis mempunyai gambaran terhadap hasil karya yang berhasil atau tidak.
b.  Kritik terhadap penulis agar dalam tulisan berikutnya lebih baik.
c.  Timbangan baik buruknya suatu hasil karya serta jalan keluarnya.
d.  Ulasan yang berisi pertimbangan baik buruknya suatu hasil karya untuk pedoman pembaca dalam memilih buku.
e.  Uraian/ulasan karya yang mendapat penghargaan.

6.  “Ya,” kata Grela, “Orang Gipsy hanya bagian dari sejarah.”
Dalam pandangan ayahnya yang untukmu sesaat semakin kelam Grela memalingkan mukanya dan memandang ke luar jendela. Gelap menjadi semakin pekat. Ada kesepakatan untuk tidak boleh membicarakan hal-hal yang hilang: sejarah yang mengalir dalam darah, sungai, tanah subur di tepi sungai, rumput, daun-daun birke yang gugur. Orang tidak juga berbicara tentang pengetahuan.
Perasaan Grela yang terkandung dalam cuplikan novel di atas adalah ….
a.  Sedih dan tertekan              d. Pasrah dan penuh harapan
b.  Putus asa dan dendam        e. Cemas dan dendam
c.  Marah dan benci

7.  Nenek mengeluh, “Aku tahu tidak baik memikirkan kematian jika memiliki yang hidup”.
Pesan yang terkandung dalam pernyataan di atas adalah ….
a.  Jangan mengingat lagi orang yang sudah mati
b.  Mengenang kembali orang yang sudah mati tidak ada gunanya.
c.  Perhatian terhadap yang hidup harus mendapat prioritas bila dibandingkan dengan orang yang sudah mati.
d.  Memikirkan kematian hanya kan menambah kesedihan.
e.  Pada saatnya semua orang akan meninggal.

8.  Buku ini ditulis dengan gaya narasi dan mengikuti irama buku harian. Oleh karenanya buku ini kaya dengan deskripsi mengenai sejarah kehidupan berbagai tahap.
Unsur resensi  yang dominan pada kutipan di atas adalah ….
a.  Tema                 c. Gaya bahasa            e. Sudut pandang
b.  Amanat             d. Alur

9.  Supernova adalah sebuah novel superimajinatif. Sungguh tidak lazim bagi dunia sastra Indonesia ditulis dengan gaya pop, tetapi sarat dengan problem filsafat dan teori ilmiah. Baru kali ini dalam sastra Indonesia seorang penulis mengartikulasi labirin.
Unsur yang diresensi dalam kutipan tersebut adalah …
a.  Isi novel Supernova, yaitu berisi teori ilmiah semata dan tidak menggambarkan sebuah karya sastra pada lazimnya.
b.  Perbedaan cerita yang ditampilkan oleh pengarang novel Supernova dengan cerita yang lazim diceritakan sastrawan Indonesia.
c.  Digambarkan dalam cerita bahwa pengarang sudah meniru pengarang asing.
d.  Mengungkapkan tema novel Supernova tentang kemajuan bidang teknologi yang sangat pesat.
e.  Pengarang hanya mengungkapkan problema filsafat dan teori-teori ilmiah pada setiap karyanya termasuk novel Supernova.

10.  Waktu kita membaca novel ini kita akan menimba banyak pelajaran tentang kehidupan. Di antaranya tentang fenomena ketidakadilan gender dan pedihnya dunia perempuan.
Kutipan resensi di atas membahas ….
a.  Amanat             c. Alur                                    e. Tema
b.  Setting              d. Sudut pandang

11.  Berikut ini syarat yang tidak harus dipenuhi dalam penyusunan sebuah resensi adalah ….
a.  Identitas buku                 c. Sinopsis               e. Manfaat buku
b.  Pendahuluan                   d. Harga buku

12.  …. Ayah Manen, melihat insinyur muda itu tiba-tiba sangat rajin berkunjung, Cuma mengatakan, “Selesaikan pelajaranmu dulu Manen. Zaman sekarang seorang wanita sebaiknya dapat berdiri sendiri, apalagi kalau ia dapat membangun masyarakat.”
Amanat yang paling tepat dari penggalan novel di atas adalah ….
a.  Wanita sebaiknya dapat mandiri
b.  Wanita bermasyarakat
c.  Pendidikan suami istri harus seimbang
d.  Wanita tidak boleh kalah dengan pria
e.  Cita-cita jangan sampai gagal

13.  Novel  Sukri Membawa Pisau Belati karya Hamzad Rangkuti merupakan novel karyanya yang sangat menarik dan asyik untuk dibaca. Sajian peristiwa menggunakan alur sorot balik yang belum disadari oleh pembaca bahwa itu merupakan peristiwa yang terjadi hanya dalam khayalan pelaku (Sukri) yang mempunyai watak sangat cemburu kepada kekasihnya (Sumarni). Pembaca dibawa oleh pengarang ke peristiwa yang sangat hidup, seakan-akan pembaca hadir menyaksikan peristiwa tersebut. Di samping itu, bahasa pengarang sangat mudah dipahami dan dengan baik pengarang menyampaikan alur cerita yang penuh dengan konflik batin sang tokoh (Sukri).
Kalimat resensi yang sesuai dengan data dalam paragraph tersebut yang berupa keunggulan novel adalah …
a.  Pendeskripsian peristiwa dalam novel Sukri Membaca Pisau Belati.
b.  Sukri dalam novel dilukiskan sebagai tokoh yang sangat pencemburu.
c.  Hamzah Rangkuti adalah seorang pengarang novel yang sukses di bidangnya.
d.  Khayalan Hamzad Rangkuti membuat keingintahuan si pembaca.
e.  Konflik-konflik dalam cerpen merupakan konflik yang sangat lazim dalam kehidupan.

14. Pada hari yang telah disepakati, dibukalah gelanggang aduan. Bunyi-bunyian dikumandangkan. Berbagai hiburan disajikan. Warga tumpah ruah di sekitar arena aduan untuk menyaksikan tontonan tersebut.
Gaya bahasa berupa majas yang digunakan pada penggalan cerita di atas adalah ….
a.      Personifikasi                   d. Sinekdoke pars pro toto
b.     Hiperbola                        e. Sinekdok totem pro parte
c.      Eufimisme

15. Hal-hal yang tidak perlu diperhatikan dalam membuat resensi, adalah ….
a.        Memberi penilaian subjektif
b.       Memberi penjelasan tentang identitas buku
c.        Memberi info perlu tidaknya buku tersebut dibaca
d.       Memberi info tujuan pengarang buku
e.       Mengemukakan keunggulan dan kelemahan buku

Jawaban:
1. E
2. B
3. B
4. B
5.  D
6. A
7. C
8. C
9. B
10. A
11. D
12. A
13. A
14. B
15. A


Baca juga:

try-out-bahasa-indonesia-sma

latihan-un-3

17 komentar:

  1. Ini jawaban nya ada tidak kak

    BalasHapus
  2. Yg tau jawabannya minta tolonglah bagi sihh

    BalasHapus
  3. Jawabannya mana ya?

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. sudah ada jawabannya, ya ... silakan dicek. terima kasih.

      Hapus
  5. Balasan
    1. sudah ada jawabannya, ya ... silakan dicek. terima kasih.

      Hapus
  6. Balasan
    1. sudah ada jawabannya, ya ... silakan dicek. terima kasih.

      Hapus
  7. Balasan
    1. sudah ada jawabannya, ya ... silakan dicek. terima kasih.

      Hapus
  8. Ada sebagian soal yang sama.. makasi kak

    BalasHapus