Kategori

2015/05/04

Latihan Puisi II

Ulangan Harian Kelas X Puisi

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Pada-Mu Jua

Engkau seperti orang yang cemburu
Engkau bagai hewan yang ganas
Mangsa aku dalam cakarmu
Bertukar tangkap dengan lepas
(Nyanyi Sunyi, Amir Hamzah)
Kata cakar dalam bait puisi Pada-Mu Jua dalam pembahasaan materi tersebut melambangkan ….
a. Kemarahan Tuhan        d. Ketajaman
b. Kekuatan        e. Kekukuhan hati
c. Kekuasaan Tuhan

2. Baris 1 dan 2 puisi di atas menggunakan majas …
a. Simile     c. metafora     e. antiklimaks
b. Personifikasi     d. hiperbola

3. Bunga mawar bunga melati
Ditabur orang di batu
Sungguh elok tanah airku ini
Walau jauh tetap kukenang
Tema puisi di atas adalah ….
a. Cinta tanah air       d. Cinta sesame manusia
b. Cinta kepada Tuhan       e. Keindahan alam
c. Kemanusiaan

4. Baris 4 puisi di atas mengandung citraan ….
a. Pencecapan       c. gerakan  e. pendengaran
b. Penglihatan       d. perasaan

5. Ombak memecah di tepi pantai
Angin berhembus lemah lembut
Puncak kelapa melambai-lambai
Di ruang angkasa awan bergelut
Puisi tersebut menggunakan majas ….
a. Metafora     c. Asosiasi          e. Litotes
b. Eufemisme     d. Personifikasi

6. Tuhan. Beri aku kekuatan
Menguasai diri sendiri, kesunyian
Dan keserakahan. Beri aku petunjuk selalu
Untuk memilih jalan-Mu, keridoan-Mu,
Amin.
Puisi di atas menggambarkan …
a. Keinginan seseorang tuk mendekatkan diri pada Tuhan.
b. Seseorang yang merasa dirinya tidak dekat pada Tuhan.
c. Seseorang yang ingin menjauhkan diri dari kesunyian.
d. Keinginan seseorang untuk bertobat.
e. Penyesalan seseorang karena dirinya jauh dari Tuhan.

7. Berikut ini adalah pesan yang tidak tersirat dalam puisi di atas, yaitu …
a. Manusia hendaknya selalu berdoa pada Tuhan.
b. Manusia hendaknya senantiasa mendekatkan diri pada Tuhan.
c. Manusia harus selalu memohon petunjuk pada Tuhan.
d. Menusia hendaknya senantiasa mengharap rido Tuhan.
e. Manusia hendaknya selalu memohon kekuatan.


8. Tiga anak kecil
Dalam langkah malu-malu
Dating ke Salemba Sore itu
Ini dari kami bertiga
Pita hitam pada karangan bunga
Sebab kami ikut berduka
Bagi kakak yang ditembak mati
Siang tadi
Maksud puisi tersebut adalah ….
a. Menyatakan pengkhianatan mahasiswa
b. Berduka cita atas tewasnya mahasiswa
c. Mengungkapkan rindu dendam
d. Menunjukkan perjuangan mahasiswa
e. Menggambarkan demonstrasi mahasiswa

9. Kata “pita hitam” dalam puisi tersebut melambangkan
a. Kekecewaan        c. Kemuraman         e. Kesedihan
b. Kedukaan       d. Kesepian

10. Amanat puisi tersebut adalah ….
a. Kita turut berduka cita atas meninggalnya seseorang
b. Mahasiswa hendaklah berjuang
c. Kalau berduka perlu karangan bunga
d. Peristiwa penembakan seharusnya tidak terjadi
e. Mahasiswa berjuanglah sampai titik darah terakhir

11. Aku bicara padamu dalam hening
Hanya  jam dinding yang berdetak.
Baris ke 2 puisi di atas mengandung citraan ….
a. Pencecapan       c. Pendengaran        e. Penciuman
b. Penglihatan         d. Perasaan

12. Konvoi sejam lamanya menderu-deru
Api kavaleri memancar-mancar
Di roda rantai dan aspal
Secara urut, citraan pada puisi tersebut adalah ….
a. Pendengaran, pendengaran, penglihatan
b. Penglihatan, pendengaran, pendengaran
c. Penglihatan, penglihatan, pendengaran
d. Pendengaran, penglihatan, penglihatan
e. Perasaan, penglihatan, pendengaran

13. Ke manakah lari
Mencari api
Ketika bara hati
Padam tak berarti
Ke manakah pergi
Selain  mencuci diri
Makna konotatif kata mencuci diri adalah ….
a. Beribadah d. bertobat
b. Membasuh tangan e. Mandi
c. Membersihkan diri dari kotoran

14. Mereka memanen tuk tuan tanah
yang punya istana tanah
Keringat mereka menjelma jadi emas yang diambil
Oleh cukong-cukong pabrik cerutu di Eropa
Nilai yang terkandung dalam bait puisi tersebut adalah ….
a. Social     c. moral     e. kebangsaan
b. Budaya     d. ekonomi

15. Frasa ‘istana tanah’ puisi di atas mengandung majas
a. Metonimia       c. metafora      e. personifikasi
b. Ironi       d. litotes


II. Cermatilah puisi di bawah ini!

Burung-burung Enggan Bernyanyi Lagi

Bising gergaji mengoyak sepi
Dan hutan
Pohon-pohon tumbang
Mobil-mobil besar menggendongnya tergesa-gesa
Gunung dan lembah luka parah
Kulitnya terkelupas
Erang sakitnya merambah ke mana-mana

Burung-burung kehilangan dahan dan ranting
Enggan bernyanyi lagi
Bila pun ada tegur sapa di antara mereka
Tentulah pertanyaan yang menyesakkan:
Ke mana kita harus mengungsi?

Pohon-pohon merdu dan melata itu
Bukanlah tempat yang ideal
Kita perlu gunung yang yang teduh
Lembah yang indah
Bukan yang luka parah begini

(Mh. Sanusi Suryapermana)


a. Apakah tema puisi di atas!
b. Ceritakan isi puisi di atas!
c. Analisislah citraan setiap baris puisi di atas!
d. Analisislah majas yang ada pada puisi di atas!


* Selamat Mengerjakan*

Latihan Data Pustaka

Penulisan Data Pustaka


Buatlah susunan penulisan daftar pustaka, catatat kaki, dan kutipan berdasarkan data di bawah ini!

A. Kutipan

Teks :
Karya sastra tidak dapat dipisahkan dengan hal yang sangat berhubungan
langsung dengan seni berpuisi. Karya satra berupa puisi dibagi berdasarkan
zaman/era, seperti puisi lama, puisi baru, puisi modern, dan puisi kotemporer/
absurb.

Kutipan dari  buku karya Zaidi Hendy halaman 100 tahun 1985:

Puisi absurb adalah bentuk puisi yang menyimpang dari tradisi.
Kata-kata yang dipergunakan kurang memperhatikan sopan
santun berbahasa, menggunakan kata-kata makian, ejekan dan
lain-lain.

B. Daftar Pustaka dan Catatan Kaki


1. Judul        :    Desperado (Sang Penantang Maut)
    pengarang:    Henry Palmer dan Penerjemah: Nina            
    penerbit   :    Gramedia, Jakarta
    tahun        :    2009      
  
     
2. Judul         :     Asuh Anak dengan Cerdas
    pengarang  :    Rahmat Edi Nugroho dan Rahmawati Sutedjo
    penerbit     :    Kartini
    tahun         :    Mei 1995
    halaman     :    Hal 50

3. op. cit

4. Judul          :   Tak Putus Dirundung Malang
    pengarang  :   Sutan Takdir Alisyahbana
    penerbit      :   Bandung, Pustaka Setia
    tahun          :   1948

5. ibid.

6. Judul           :    Semua Butuh Kelembutan
    pengarang   :    Cintyasatyarini
    penerbit      :     Nova
    tahun          :     Edisi XXX, Oktober 2011

7. judul           :     Mendongeng Mengasyikkan
    pengarang   :    Maria Faran, Novita, Landung Simamora, Maurita, Tiovena.
    penerbit      :    Makalah Bahasa Indonesia
    tahun          :    2000

8. op. cit.


Baca juga:

imperfeksi-gaya-hidup

soal-bahasa-indonesia-sma

resensi-divergent-karya-veronica-roth

2015/04/24

Materi Notula

Menulis Notula

v  Istilah notula dulu disebut notulen berarti catatan singkat mengenai jalannya persidangan (rapat) serta hal yang diberitakan atau diputuskan.
v  Orang yang bertugas menulis notula disebut notulis.
v  Sistematika Notula
1.       Pelaksanaan
2.       Susunan acara
3.       Pimpinan rapat/seminar
4.       Peserta
5.       Agenda rapat dan keputusan rapat
6.       Tanya jawab
7.       Penutup


v  Contoh notula rapat OSIS


Notula Rapat OSIS SMA Tarakanita Gading Serpong

Pelaksanaan
Tanggal         : 20 Maret 2015
Tempat          : Ruang OSIS
Waktu           : pukul 13.00 s.d. 15.00


Susunan Acara
1.       Pembukaan
2.       Pengantar pimpinan rapat
3.       Penyusunan program kegiatan
4.       Tanya jawab
5.       Lain-lain
6.       Penutup


Pimpinan Rapat
Ketua OSIS


Peserta
1.       Pembina OSIS
2.       Pengurus OSIS


Pengantar pimpinan rapat
….


Penyusunan program kegiatan
….


Tanya jawab
1.       Rosalia 
Tanya: Bagaimana kalau acara hari Kartini diadakan lomba debat tentang emansipasi wanita?
Jawab: …
2.       Arianto
Tanya: Berapa rupiah anggaran untuk lomba yang disediakan oleh sekolah supaya kita bias mengalokasikan dengan baik?
Jawab: …


        Lain-lain
1.       Ketua OSIS mengharapkan kerja sama yang baik antarpengurus OSIS.
2.       Bila saran atau usulan agar disampaikan langsung kepada ketua.
3.       Usulan dari peserta rapat agar rancangan program kerja sudah dikumpulkan kepada sekretaris OSIS minimal sehari sebelum rapat.


        Penutup
        Doa penutup dipimpin oleh Paulina

       
                                                                           Tangerang, 20 Maret 2015
        Pemimpin Rapat,                                                Sekretaris,


        David Bimo                                                       Ayushanty
       

2015/04/19

Soal latihan Grafik, Tabel, Diagram


Materi  Membaca tabel, diagram dan grafik



Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apakah isi grafik di atas?
2. Garis vertikal menunjukkan jumlah siswa sedangkan garis horizontal menunjukkan jumlah benar. Jelaskan grafik batang di atas menjadi 10 pernyataan!
3. Buatlah kesimpulan isi grafik di atas!
4. Ubahlah grafik batang di atas ke dalam grafik yang lain atau tabel!


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
5. Apakah isi grafik di atas?
6. Jelaskan grafik batang di atas menjadi 5 pernyataan!
7. Buatlah kesimpulan isi grafik di atas!
8. Ubahlah grafik garis di atas ke dalam grafik yang lain atau tabel!




Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
9. Apakah isi diagram di atas?
10. Jelaskan diagram di atas menjadi 10 pernyataan!
11. Buatlah kesimpulan isi digram di atas!
12. Ubahlah grafik batang di atas ke dalam grafik yang lain atau tabel!




2015/04/15

Materi Puisi Lama / Pantun / Gurindam

Puisi Lama


Puisi lama merupakan karya sastra berbentuk bait yang masih terpengaruh bahasa Melayu dan masih terikat aturan-aturan lama berupa jumlah baris, jumlah suku kata, sajak/permainan rima pada sampiran atau isi, dan mengandung tujuan tertentu.

a. Pantun kilat, karmina

contoh:

Burung Irian burung cenderawasih
cukup sekian terima kasih

b. Pantun

contoh:

kalau ada sumur di ladang
bolehlah kita menumpang mandi
kalau ada umur yang panjang
bolehlah kita berjumpa lagi

c. Gurindam

contoh:

kepada ibumu hendaklah hormat
agar selamat sampai akhirat

d. Syair

contoh:

dengar kawan sebuah cerita
cerita datang dari angkasa
seorang putri cantik jelita
pandai dan baik budi bahasa


Latihan!

A. Buatlah tabel perbedaan dan persamaan puisi-puisi lama di atas berdasarkan:

1. jumlah baris
2. jumlah kata /suku kata
3. tujuan
4. sajak
5. ... (lain-lain)

B. Berdasarkan tujuannya, sebutkan tujuan pantun yang ada di bawah ini tiap baitnya!

Pakai payung dikala hujan
Kena baju pastilah basah
Kalau ingin lulus ujian
rajin belajar pantang menyerah

  Coba-coba menanam mumbang,
   moga-moga tumbuh kelapa.
   Coba-coba bertanam sayang,
   moga-moga menjadi cinta.

untung signal kuat disini
adalah kawan samsung ku ini
dari pada sepi sendiri
jalan jalan sambil bernyanyi

Dari hulu menuju kanal
Jangan lagi bali ke hulu
Maunya sih kepengin kenal
Apalah daya hatiku malu

Pergi kepasar membeli ikan
ikan ditawar dibawah harga
barang sudah dibungkuskan
kembali 100 pun dia minta

Hari sabtu duduk dirumah
nyiram bunga lidah buaya
maksud hati bermain mata
rupanya nampak oleh bapaknya

Terendak bentan lalu dibeli
Untuk pakaian saya turun kesawah
Kalaulah tuan bijak bestari
Apa binatang kepala di bawah?

Dari johor pergi ke Malaka
singgah melihat di batu pahat
tidak terasa seminggu sudah
lepas rindu semua sahabat


Baca juga:

rating-film-dan-masa-perkembangan

soal-bahasa-indonesia-sma

soal-konjungsi

2015/04/14

Materi Frasa

FRASA


Frasa adalah kesatuan yang terdiri atas dua kata atau lebih yang masing-masing mempertahankan makna dasarnya dan tidak melebihi batas fungsi.
Sebuah frasa mempunyai suatu unsur inti atau pusat, sedangkan unsur lain disebut penjelas.

Contoh:

taman bunga, sedang makan, cantik sekali

unsur inti        : taman, makan, cantik
unsur penjelas: bunga, sedang, sekali

Penggolongan frasa:

1. Berdasarkan kelompok kata

a. Frasa endosentris
- Frasa endosentris atributif, terdiri atas inti dan penjelas

Contoh:

Tersangka pembunuhan    telah ditangkap    kemarin.
S (subjek) P (predikat)           K (keterangan)

Kalimat di atas mempunyai 2 frasa:
Tersangka     pembunuhan     dan      telah        ditangkap
    Inti                penjelas                   penjelas          inti

Frasa yang penjelasnya merupakan kata berimbuhan disebut juga frasa atributif berimbuhan, misalnya tersangka pembunuhan.

- Frasa endosentris koordinatif, unsur pembentuknya merupakan kata yang sederajat kedudukannya.

Contoh:

Ayah dan ibu     akan pergi     besok.
            S P              K

Kalimat di atas mempunyai 2 frasa:
        Ayah dan ibu                         dan                   akan pergi
 Frasa endosentris koordinatif                  Frasa endosentris atributif

- Frasa endosentris apositif, bersifat keterangan yang ditambahkan atau diselipkan

Contoh:

Ibu Shinta, kepala sekolah kami    sedang memberikan   seminar pendidikan.
                         S                                          P                          O

Kalimat di atas mempunyai 3 atau 4 frasa:
Ibu Shinta : frasa endosentris atributif
Kepala sekolah kami : frasa endosetris apositif
Sedang memberikan : frasa endosentris atributif
Seminar pendidikan   : frasa endosentris atributif berimbuhan

Frasa kepala sekolah kami merupakan frasa endosentris apositif karena merupakan keterangan tambahan dari frasa Ibu Shinta.

Kakakku yang berdiri di sana      sangat cantik.
S                                 P

Kalimat di atas terdiri dari 2 frasa:
Yang berdiri di sana : frasa endosentris apositif
Sangat cantik                 : frasa endosentris atributif

b. Frasa eksosentris

Bila gabungan kata tersebut berlainan kelasnya dari unsur yang membentuknya. Kedua gabungan kata tersebut tidak dapat dipisahkan karena merupakan satu kesatuan.
Contoh:

Saya     pergi     ke Surabaya.
   S          P               K
Ayahku  bekerja   sebagai guru.
     S            P K

Kalimat di atas terdiri dari 1 frasa:
Ke Surabaya : frasa eksosentris
Sebagai guru : frasa eksosentris


2. Berdasarkan kelas kata

Selain klasifikasi berdasarkan inti dan pusat, frasa juga dapat dibedakan berdasarkan kelas kata yang menjadi inti frasa tersebut.

a. Frasa nominal, inti frasanya adalah kata benda
Contoh:

Tommy    mengendarai    motor besar.
       S                  P                     O

Kalimat di atas terdiri dari 1 frasa:

Motor besar : frasa nominal karena intinya adalah kata motor yang merupakan kata benda

b. Frasa verbal, inti frasanya adalah kata kerja.
Contoh:


Tommy   sedang mengendarai    motor.
     S P                        O

Kalimat di atas terdiri dari 1 frasa:

Sedang mengendarai : frasa verbal karena intinya adalah kata mengendarai yang merupakan kata kerja.

c. Frasa adjectival, inti frasanya adalah kata sifat.
Contoh:

Kakakku    sangat cantik.
     S                   P

Kalimat di atas terdiri dari 1 frasa:

Sangat cantik : frasa adjectival karena intinya adalah kata cantik yang merupakan kata sifat.

d. Frasa preposisional, inti frasanya adalah kata depan
Contoh:

Saya     pergi     ke Surabaya.
   S          P              K

Kalimat di atas terdiri dari 1 frasa:

Ke Surabaya : frasa preposisional karena dalam frasa tersebut terdapat kata depan yaitu ke.

e. Frasa numeral, inti frasanya adalah kata bilangan.
Contoh:

Dia    berteriak   dua kali.
  S          P                 K

Kalimat di atas terdiri dari 1 frasa:

Dua kali : frasa numeral karena dalam frasa tersebut terdapat kata bilangan yaitu dua.

f. Frasa adverbial, inti frasanya adalah kata keterangan
Contoh:

Ayah   datang   kemarin sore.
   S          P              K

Kalimat di atas terdiri dari 1 frasa:

Kemarin sore : frasa adverbial karena dalam frasa tersebut terdapat kata keterangan waktu yaitu kemarin.

2015/04/07

Materi Catatan Kaki

CATATAN KAKI

Catatan kaki atau footnote adalah keterangan-keterangan atas teks karangan yang ditempatkan pada kaki halaman karangan yang bersangkutan.

Syarat penulisan catatan kaki:
1.    Pengarang
a.       nama pengarang dicantumkan sesuai urutan biasa, pada penunjukkan yang kedua dan selanjutnya cukup dipergunakan nama singkat.
b.      bila terdiri dari dua atau tiga pengarang, semuanya dicantumkan, sedangkan lebih dari 3 orang cukup nama pertama yang dicantumkan. Nama yang lain digantikan dengan singkatan dkk.
c.       penunjukan kepada sebuah kumpulan sama dengan no (a) dan (b) ditambah singkatan ed. (editor) di belakang nama penyunting dan dipisahkan dengan tanda koma.
d.      jika tidak ada pengarang/editor, langsung dimulai dengan judul.

2.    Judul
a.       semua judul mengikuti peraturan yang sama dengan daftar pustaka.
b.      sesudah catatan kaki pertama, penyebutan sumber yang sama digantikan dengan Ibid., Op.cit., Loc.cit..
c.       sesudah penunjukan pertama sebuah artikel dalam majalah atau harian, maka selanjutnya cukup dipergunakan judul majalah atau harian tanpa judul artikel.

3.    Data publikasi
a.       tempat dan tahun penerbitan dicantumkan pada referensi pertama dan ditempatkan dalam tanda kurung dan dipisahkan dengan tanda koma, misalnya (Jakarta, 2005).
b.      majalah harus dicantumkan nomor jilid dan nomor halaman, tanggal, bulan dan tahun. Semua keterangan dapat ditempatkan dalam kurung.
c.       data publikasi sebuah harian terdiri dari hari, tanggal, bulan, tahun, dan nomor halaman. Penanggalan tidak ditempatkan dalam kurung.

Contoh:

………………………………………………….1) ……………
……………………………………………………………. 2) ..
……………………………………..3).......................................………………………………………………………………..4)……………………….

1) Chairil Anwar, Aku Ini Binatang Jalang (Jakarta, 1986), hal.90

2)    Ibid., hal. 112

3)  Pramudianto, “Penderitaan dan Pemulihan Nias”, Kompas, 2 April 2005, hal.46

4)    Loc. Cit., hal. 151