Kategori

2019/10/09

Latihan Paragraf


Latihan Paragraf

www.pixabay.com

1.    (1) Permainan sepakbola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik. (2) Teknik dasar ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. (3) Pemain sepakbola terdiri dari 11 orang. (4) Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik. (5) Jadi, teknik dasar yang baik perlu diterapkan dalam permainan sepakbola.

a.    Ide pokok?
b.    Kalimat utama?
c.    Jenis paragraf berdasarkan kalimat utama?
d.    Kalimat tidak padu?
e.    Pola pengembangan?
f.     Arti kata: teknik, dasar, keahlian, suguhan, lanjut, menarik

2.    (1) Kamuflase adalah salah satu taktik pertahanan paling efektif yang digunakan oleh binatang. (2) Binatang yang menyamarkan diri berada dalam perlindungan yang dibangun oleh struktur tubuhnya, yang diciptakan sangat selaras dengan habitatnya. (3) Tubuh binatang-binatang ini begitu selaras dengan lingkungan mereka sehingga ketika melihat gambar mereka, hampir tidak mungkin Anda dapat menyatakan apakah mereka itu tanaman atau binatang, atau membedakan antara binatang dan tanaman dalam sebuah lingkungan yang sama. (4) Semua tanaman juga dapat berkamuflase  di berbagai tempat.

a.     Ide pokok?
b.    Kalimat utama?
c.     Jenis paragraf berdasarkan kalimat utama?
d.    Kalimat tidak padu?
e.     Pola pengembangan?
f.     Arti kata: taktik, efektif, struktur, habitat, selaras, lingkungan

3.    (1) Perkembangan batik pada masa sekarang cukup menggem-birakan. (2) Hal ini dapat berdampak positif bagi produsen batik-batik di berbagai daerah. (3) Beberapa pengrajin batik menghendaki untuk pembayaran di muka. (4) Permintaan batik tulis maupun cap sangat tinggi, walaupun kebutuhan pasar batik tersebut sebagian sudah dipenuhi dengan tekstil bermotif batik yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan tekstil yang bermodal besar. (5) Hal ini mengingatkan pada masa tahun 70-an, pada waktu itu batik juga mengalami permintaan yang cukup lumayan jumlahnya.

a.     Ide pokok?
b.    Kalimat utama?
c.     Jenis paragraf berdasarkan kalimat utama?
d.    Kalimat tidak padu?
e.     Pola pengembangan?
f.     Arti kata: masa, dampak, produksi, motif, pasar, tekstil

4.    Lengkapilah paragraf berikut dengan konjungsi!
Pada musim penghujan nyamuk dapat berkembang biak    sangat cepat. Banyak sekali penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan kecil yang satu ini. Salah satunya adalah penyakit kaki gajah (filariasis). Penyakit ini    oleh cacing filaria (Wuchereria bancrofti). Cacing ini dapat ditularkan melalui berbagai gigitan nyamuk, kecuali nyamuk mansoni. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) … bisa berakibat fatal.   tidak mendapat pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembengkakan kaki, lengan   alat kelamin,   pada pria   wanita.   penderita penyakit kaki gajah tidak dapat bekerja dengan optimal,   hidupnya harus selalu bergantung pada orang lain.

5.    Lengkapilah paragraf berikut dengan konjungsi!


www.pixabay.com
Kacang-kacangan, termasuk kacang tanah, kaya akan nutrisi nabati yang diperlukan tubuh. Nutrisi tersebut antara lain adalah lemak, protein, serat, zat besi, … vitamin E. Semua nutrisi ini akan mengoptimalkan kerja sistem tubuh. Hasil penelitian Gary Faser, Ph.D. di Loma Linda University Amerika Serikat, membuktikan …  dengan mengonsumsi kacang seminggu sekali, seseorang memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 25 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengonsumsi kacang. Hal ini dimungkinkan   kacang-kacangan memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat tinggi.

7.    Susunlah kalimat- kalimat di bawah ini menjadi paragraf yang padu!
1)   Kebiasaan masyarakat membuang sampah ke selokan dan memanfaatkan selokan untuk lahan usaha pun sulit dihindarkan.
2)   Akhirnya, tersumbatlah saluran menuju sungai sebagai tujuan akhir aliran air.
3)   Misalnya, kesadaran masyarakat masih rendah terhadap kebersihan lingkungan.
4)   Banyak sekali penyebab banjir di Surabaya yang sering diper-debatkan dan belum mencapai jalan keluar yang memuaskan.
5)   Di sisi lain, semakin berkurangnya lahan kosong yang merupakan lahan peresapan air hujan, menyebabkan melimpahnya air hujan ke saluran yang tidak seimbang dengan besarnya curah hujan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar