Kategori

2018/12/03

Mimpi dan Harapan

Mimpi dan Harapan

www.pixabay.com
            Mimpi dan harapan adalah dua hal yang sering kali direlasikan satu akan yang lainnya. Namun, apakah mereka berarti sama? Mimpi adalah ambisi yang kita dambakan sebagai hasil dari imajinasi kita. Harapan adalah keinginan untuk mendapatkan sesuatu. Dari pengertian di atas, kita bisa melihat bahwa meskipun sering sekali dua kata tersebut saling dihubungkan, tetapi mereka berarti beda. Perbedaan arti ini tidak menutupi pentingnya satu hal akan hal lainnya. Hidup kita dipenuhi tantangan dan kesusahan. Akan tetapi, kita sebagai para pemimpi memiliki harapan untuk dapat melewati kegelapan ini. Memang terkadang banyak dari kita berakhir putus asa dan akhirnya kehilangan mimpi yang dahulu didambakan. Mari kita lihat mengapa kita sering kali kehilangan harapan kita dan apakah pentingnya harapan ini dalam merealisasikan mimpi dalam hidup kita.

            Yang pertama, mengapa kita mudah sekali hilang harapan? Kita sebagai para pemimpi  mudah putus harapan karena kadang kita terlalu memaksakan kehendak dalam menentukan cara untuk merealisasikan mimpi kita.  Berikut sebuah ilustrasi. Kita ingin pergi ke Jakarta. Untuk pergi ke Jakarta, kita bisa menggunakan mobil, bus maupun kereta. Namun, kita hanya ingin pergi kalau naik mobil meskipun kenyataannya pada saat itu tidak ada mobil tersedia. Ada dua alternative lain tetapi karena kita tetap bersikeras untuk naik mobil saja, kita pun akhirnya tidak sampai ke Jakarta. Lebih dari itu, sudah tidak kesampaian pergi karena keras kepala, kita masih saja menyalahkan orang lain dan kondisi karena gagal pergi. Untuk kali selanjutnya, kita tidak mau pergi lagi ke Jakarta karena tifak menerima kegagalan diakhir. Dari ilustrasi tersebut, kita bisa belajar kalau terkadang harapan itu hilang karena diri kita sendiri yang terlalu memaksa dalam nentukan cara merealisasikan mimpi. Mulailah belajar berharap untuk yang terbaik bukan memaksakan cara kita dan menyebutnya sebagai “harapan.”  Memang terkadang mengharapkan yang terbaik terlihat tidak meyakinkan.. Hidup kita bagaikan sedang melihat kedalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal. Ini semua tidak akan depat terjadi apabila kita putus harapn ditengah jalan. Ingatlah kalau yang terbaik akan selalu ads. Kegagalan bukan berarti akhir dari segalanya.


           
www.pixabay.com
Selanjutnya, apa pentingnya harapan itu dalam hidup kita? Ketika kita tidak lagi memiliki harapan, kita menjadi orang yang buta jalan, yang tidak lagi mengerti kemana arah dan tujuan hidupnya. Sebuah contoh dalam alkitab yaitu Petrus. Ketika dia mulai putus asa, alhasil dia hanya diam terapung ditengah danau dengan perahu kosong. Demikian juga hidup kitaKetika kita hilang harapan, kita hanya bisa terbawa arus kehidupan yang tidak tentu tujuannya. Mimpi pun akhirnya hanya jadi bunga tidur. Mungkin kita beranggapan kalau harapan itu bukanlah hal yang realistis. Sebenarnya pola pikir ini muncul karena kita mudah sekali terpengaruh oleh perkataan orang lain. Banyak sekali orang yang saat mendenmgar tentang harapan dan mimpi kita, mereka malah tertawa dan menyindir. Ingatlah kalau orang tidak akan pernah berhenti komentar, baik yang buruk maupun yang positif. Sering kali, bekas yang tinggalkan manusia adalh luka. Oleh karena itu, jangan biarkan orang lain menentukan sejauh mana harapn kita dapat bertahan. Sebaliknya, ubah semua komentar tersebut sebagai dorongan untuk tetap selalu berharap yang terbaik.

            Kita tentu saja tidak dapat menutupi kemungkinan rasa sakit ketika mimpi yang diharapkan seperetinya tak kunjung datang. Memang hidup ini bukanlah mesin pewujud mimpi yang otomatis dapat merealisasikan harapan kita. Akan tetapi, mau tiudak kita berani mengambil resiko untuk keluar dari zona nyaman kita untuk mendapatkan hasil akhir yang terbaik.  Orang yang tidak berani berjuang dan mengambil resiko adalh orang yang tidak memiliki harapn penuh akan mimpinya karena sesusah-susahnya hidup, pasti selalu ada jalan keluar. Ha

rapan adalah katalis penggerak semangat untuk mengadakan perubahan dalam hidup, yang dahulu kelam menjadi penuh pengharapan. Hidup terhenti ketika berhenti bermimpi, mmipi hilang ketika kita hilang harapan dan harapan pun tak lagi ada ketika kita tak lagi percaya. Jadi ingatlah bahwa harapan akan terwujudnya suatu mimpi sangatlah penting dalam hidup kita. Jngan biarkan mimpimu jadi hanya bunga tidur saja tapi mulai merealisasikannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar