Kategori

2018/12/03

Make Up dan Kekuatannya

Kekuatan Make up

www.pixabay.com
Kosmetik atau yang sering disebut makeup adalah zat perawatan yang digunakan untuk meningkatkan penampilan atau aroma tubuh manusia. Kosmetik umumnya merupakan campuran dari beragam senyawa kimia, beberapa terbuat dari sumber-sumber alami dan kebanyakan dari bahan sintetis. Perihal atau tata cara menggunakan kosmetik disebut dengan tata rias atau make up.

Bukti awal penggunaan kosmetik bisa ditelusuri sejak zaman Mesir kuno dan Yunani kuno. Menurut sejumlah sumber, perkembangan awal kosmetik bisa diketahui sejak bangsa Mesir kuno menggunakan minyak jarak sebagai pengganti balsem, atau penggunaan krim kulit yang terbuat dari lilin lebah, minyak zaitun dan air mawar pada zaman Romawi. Bangsa Yunani kuno juga menggunakan kosmetik. Salah satu obat tradisional Tiongkok yang paling terkenal adalah jamur Tremella fuciformis, yang digunakan sebagai produk kecantikan oleh wanita Jepang dan Tiongkok. Jamur ini dipercaya meningkatkan kelembaban kulit dan menghambat penuaan kulit.
Seiring berkembangnya zaman, kosmetik atau makeup terus berkembang. Yang awalnya hanya terdapat beberapa jenis produk kecantikan dan tak jarang berbahaya bagi kulit, kini telah bermunculan produk-produk baru yang lebih beragam dan aman. Ini tentu saja menarik lebih banyak konsumen, terutama para wanita. Lama-kelamaan, makeup menjadi melekat dengan wanita. Makeup kini telah menjadi identitas dan kewajiban bagi para kaum hawa.
Kemampuan makeup untuk merawat dan menjaga kecantikan serta mempercantik diri dapat menimbulkan rasa percaya diri bagi sebagian orang terutama kaum hawa. Tidak hanya rasa percaya diri, namun juga rasa keberadaan dalam masyarakat dengan memenuhi ekspektasi sosial dimana wanita diharapkan untuk terlihat cantik walaupun banyak juga wanita yang menggunakan makeup murni dari hobi, efek yang makeup berikan secara pribadi , ataupun hanya coba-coba. Ini menjadi beberapa alasan utama berkembang dan bertahannya industri makeup sampai saat ini.
Perkembangan makeup sampai saat ini telah menghasilkan berbagai macam produk yang dapat digunakan tidak hanya untuk mempercantik diri, tapi juga sebagai sarana mengekspresikan diri dan kreativitas. Makeup yang terus berkembang dan menjadi melekat dengan wanita, kini telah meluas. Makeup sudah lagi tidak terbatas umur atau gender. Belakangan ini, semakin banyak remaja, anak-anak, penyandang disabilitas, dan anggota dari komunitas LGBT, terutama laki-laki, yang terjun ke dalam dunia kecantikan. Tidak jarang anak-anak dan laki-laki berbakat yang bermunculan dan menjadi beauty influencer yang menginspirasi banyak orang. Para penyandang disabilitas, komunitas LGBT, dan kaum minoritas lainnya juga menggunakan makeup sebagai salah satu sarana untuk menyuarakan bakat, opini, dan identitas mereka walau belum bisa diterima oleh seluruh anggota masyarakat. Walaupun belum bisa diterima seluruhnya, mereka tetap berusaha untuk memperjuangkan suara mereka dengan segenap hati. Ini juga didukung dengan berkembangnya makeup yang semakin lama semakin beragam dalam wujud dan warna. Makeup yang makin beragam dalam warna banyak dipakai untuk menyalurkan gagasan-gagasan dan kreativitas yang tak jarang terlihat seperti berasal dari dunia fantasi yang disuguhkan dalam sebuah bentuk seni pada wajah maupun tubuh dengan pesan-pesan penuh makna.


www.pixabay.com
Makeup yang telah membentuk suatu komunitas tanpa batas yang telah membangun, memberdayakan, dan menyentuh hati banyak orang. Komunitas ini akan terus berkembang dalam jangka waktu yang panjang dan menyebarkan kekuatan yang dapat mengubah hidup banyak orang secara langsung maupun tidak langsung. Anggota dari komunitas ini tidak akan mudah dijatuhkan oleh orang lain dengan kenegatifan mereka. Sebaliknya, kenegatifan yang mereka beri hanya akan menguatkan dan membantu komunitas ini untuk berkembang lebih lanjut. Karena inilah the power of makeup.

Baca juga:

soal-resensi-pilihan-ganda

self-healing

resensi-soekarno-is-great-lover

Tidak ada komentar:

Posting Komentar