Kategori

2019/04/25

Yin Yang

Yin Yang



Segala sesuatu di dunia ini pasti mempunyai unsur Yin dan Yang. Tetapi, apa itu unsure Yin dan Yang? Dalam kepercayaan Taoisme, lambang yang dipakai mereka untuk menggambarkan bagaimana segala sesuatu mempunyai dua sisi yang “berlawanan” adalah lambang Yin Yang ini. Yin Yang adalah lambang yang berbentuk lingkaran yang setengahnya berwarna hitam dan setengahnya lagi berwarna putih. Di sisi hitam lingkaran ada titik berwarna putih dan sebaliknya di sisi putih lingkaran ada titik berwarna hitam. 2 sisi dengan warna hitam putih ini melambangkan 2 unsur yang berbeda yaitu, Yin yang dilambangkan dengan warna hitam dan Yang yang dilambangkan dengan warna putih. Yin melambangkan segala sesuatu di dunia ini yang santai, gelap, sedih dan sebagainya, sementara Yang melambangkan segala sesuatu yang menyenangkan, seru, terang dan sebagainya. Contohnya, malam hari dapat disebut Yin dan siang hari disebut Yang, menangis dapat disebut Yin dan tertawa Yang.

Lambang Yin Yang ini bukan bermaksud membeda-bedakan antara mana yang baik atau yang buruk. Karena, pada dasarnya mereka saling melengkapi dan merupakan satu sama lain. Kita tidak bisa berkata bahwa malam hari itu Yin bila siang hari tidak pernah ada untuk menjadi Yang dan tidaklah masuk akal bila menyebut tertawa sebagai Yang bila kita tidak bisa menangis yang berupa YIn. Yin dan Yang saling berkesinambungan dan ada karena satu sama lain. Jadi, apakah benar bila kita mencoba membuat salah satu sisi yang kita sukai semakin besar. Contohnya, kita sangat menyukai hal yang mengembirakan (Yang) sehingga kita menghindari kesedihan sepenuhnya (Yang). Itu juga tidak benar, pada lambang Yin Yang besar dua sisi sama besar yang menunjukkan bahwa Yin dan Yang membentuk keseimbangan karena diantara Yin dan Yang tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk, keduanya sama baik dan bergunannya, di situasi mereka masing-masing.

Satu hal lagi yang dapat kita lihat di lambang ini adalah bahwa ada titik di dalam setiap sisiyang mempunyai warna berlawanan dari warna sisi tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa di setiap Yin pasti ada Yang dan di setiap Yang pasti juga ada Yin. Ini menjelaskan bahwa unsur- unsur dalam YinYang saling bergantung satu sama lain. Setelah Yin pasti diikuti oleh Yang dan sebaliknya.

Konsep ini mungkin sulit untuk diterima, namun hal kita dapat petik dari lambang ini adalah untuk bersikap optimis. Karena, mungkin kita tidak menyukai sesuatu tapi di dalam yang kita tidak sukai tersebut pasti ada bibit yang kita sukai bila kita mau mencoba melihat ke dalamnya. Kita juga diajak untuk menerima perbedaan dengan lebih gembira karena segala sesuatu pasti dapat berubah.


Kadang perbedaan membuat kita sedih namun disusul dengan kegembiraan. Sesuai konsep Yin Yang. Saat Jepang menangkap rakyat Cina pada Perang Dunia kedua. Rakyat Cina, yang memegang konsep Yin Yang, membuat Jepang heran karena meskipun mereka ditahan mereka tetap menunjukkan ekspresi bahagia. Mengapa? Karena rakyat Cina tahu bagaimana bersikap optimis melalui konsep Yin Yang, mereka percaya bahwa sesudah hal ini, yang menurut kita menyedihkan, akan disusul oleh hal yang menggembirakan. Yin akan disusul oleh Yang. Namun, bila kita sedang gembira, apakah kita harus khawatir akan munculnya kesedihan? Itulah indahnya hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar