Kategori

2018/08/28

SOAL MEMBANDINGKAN 2 TEKS

Membandingkan 2 teks



2. Bacalah kedua teks berikut! 

Teks Berita I
Penutupan penambangan pasir ilegal di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, berdampak pada terpuruknya usaha penjualan pasir di Kabupaten Pamekasan. Sejumlah tempat penjualan pasir hitam dari Pasirian, Kabupaten Lumajang, pun terancam gulung tikar.
"Sekarang stok pasir sudah habis. Sudah tidak ada yang masuk lagi. Banyak pelanggan kecewa karena tidak terlayani," kata Kholiq, pengusaha pasir di Jalan Raya Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (6/10/2015).

    Teks Berita II
Tiga titik penambangan pasir ilegal yang beroperasi di sepanjang Sungai Serayu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ditutup. Penutupan tersebut dilakukan oleh tim gabungan Polda Jawa Tengah dan Balai Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Wilayah Serayu Selatan, Rabu (7/10/2015). Penutupan penambangan pasir  tanpa perlawanan. Bahkan, saat dilakukan penutupan, mereka sudah kabur. Diduga penertiban tersebut sudah bocor. Ketiga penambangan pasir ilegal yang ditutup berada di Desa Tumiyang, Kecamatan Kebasen, Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, dan Desa Somakaton, Kecamatan Somagede. Penambangan tersebut berada di sepanjang Sungai Serayu.


Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah….
Teks Berita 1
Teks Berita II
A
apa, bagaimana, siapa, di mana, kapan
siapa, apa, bagai­mana, kapan, di mana
B
apa, mengapa, siapa, di mana, kapan
apa, siapa, kapan, bagaimana, di mana
C
siapa, apa, di mana, mengapa, kapan
bagaimana, kapan, siapa, apa, di mana
D
mengapa, siapa, apa, di mana, kapan
siapa, di mana, kapan, bagaimana, apa
E
apa, mengapa, di mana, siapa, kapan
siapa, kapan, mengapa, apa, di mana
Jawaban : B

3. Bacalah kedua teks berikut dengan saksama!

Teks 1
Cara Menghilangkan Ketombe pada Rambut
Ada dua bahan ampuh untuk menghilangkan ketombe pada mahkota kepala Anda. Ketombe bisa dihilangkan dengan menggunakan baking soda dan cuka apel. Kandungan basa pada baking soda bisa menjaga kelembapan rambut Anda. Sementara cuka apel bisa membersihkan kotoran yang ada di rambut.
Untuk menggunakan baking soda dan cuka apel, silakan Anda campur baking soda atau soda kue dengan setengah cangkir air putih. Gunakan baking soda tersebut untuk sampo rambut Anda. Di tahap ini, Anda boleh mencampur baking soda dengan sampo biasa. Kemudian, bilas rambut dengan campuran satu cangkir cuka apel dengan setengah cangkir air. Takaran air ini untuk menyeimbangkan tingkat Ph pada cuka apel. Gunakan perawatan rambut menggunakan baking soda dan cuka apel ini selama dua bulan. Tak hanya bersih dari ketombe, rambut Anda juga akan tampak sehat berkilau.
www.pixabay.com

Teks 2
Manfaat Jamu Tradisional
Obat tradisional atau yang sering disebut  jamu masih mendapat tempat di hati kita, masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, seperti diabetes.
Berikut adalah kelebihan obat tradisional:
1.                  Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat., baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.
2.                  Ada efek komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).
3.                  Satu tanaman yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.
4.                  Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, seperti diabetes, kolestrol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik), dan penyakit degeneratif, seperti rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
Keunggulan obat tradisional jika dibandingkan dengan obat modern lebih aman dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu lama dan terus-menerus, obat modern akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut di atas adalah ….           


Teks 1
Teks 2
A
Tujuan - langkah-langkah
Pendapat – argumentasi 
B
Pengantar – langkah-langkah
Pendapat – penegasan pendapat
C
Tujuan – langkah-langkah
Pendapat – argumentasi – penegasan ulang pendapat
D
Pengantar – langkah-langkah
Argumentasi – penegasan ulang pendapat
E
Abstraksi – langkah-langkah
Penegasan pendapat - argumentasi

Jawaban : C

4.      Bacalah kedua teks berikut! 
Bacaan I
Banyak lho aktivitas keseharian kita yang tanpa kita sadari adalah aktivitas yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebagai contoh aktivitas pola tidur yang baik, pola makan yang baik, dan pola keseharian yang baik. Nah, aktivitas itu jika benar-benar dilakukan sangat menjamin tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Cara menjaga kesehatan seperti ini tidak perlu mengeluarkan uang banyak dibanding dengan cara modern dan instan. Cara alami kayak gini juga bisa menjadi cara menjaga kesehatan tubuh mulai dari paru-paru, jantung, dan mata. Selanjutnya cara-cara tersebut bisa dilakukan dengan olahraga rutin, makan teratur, banyak minum air putih, mengonsumsi obat herbal, dan menjalani pola hidup sehat.

Bacaan II
Mengonsumsi pola makan seimbang me­rupakan anjuran mendasar yang hakiki bagi semua orang. Di mana asupan zat gizi yang terkonsumsi menentukan aspek kesehatan nutrisi setiap individu. Zat gizi tersebut, di antaranya karbohidrat, tepung-tepungan, gula, lemak, protein, vitamin, mineral, dan serat.
Pola makan sehat dan seimbang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat tersebut, di antaranya menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pola makan sehat dan seimbang dapat meningkatkan konsentrasi serta kinerja otak. Pola makan tidak sehat akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, salah satunya menyebabkan ketidakmaksimalan kinerja tubuh dalam melaksanakan aktivitas.
Perbedaan penggunaan bahasa kedua bacaan tersebut adalah menggunakan
Bacaan 1
Bacaan II
A.
bahasa ilmiah
bahasa sehari-hari
B.
bahasa baku
bahasa tidak baku
C.
bahasa resmi
bahasa santai
D.
bahasa sehari-hari
bahasa ilmiah
E.
bahasa ilmiah
bahasa santai

Jawaban : D




Kutipan Novel 1
Siapa bapaku, demikian pula di mana aku diperanakkan oleh bundaku, tiada kuketahui dengan benar; tetapi antara ada dan tiada, masih terbayang-bayang dalam ingatanku, wajah seorang laki-laki yang selalu menjulang aku, semasa aku mulai fasih berkata-kata. Jika sungguh orang itu bapaku, tiadalah lain yang kuketahui tentang perawakan badannya, lain daripada tinggi dan lampai, karena jika kuingat ketika aku merecak tengkuknya, riang rasa semangatku memandang bumi. (suham H.S. percobaan setia, Jakarta, Balai Pustaka, 2011)

www.pixabay.com
Kutipan Novel 2
Malam itu kau melihat kapal-kapal mereka nun jauh di laut, sedang berlayar menuju pulaumu. Armada dengan layar-layar berkibar dan tiang-tiang tegak, berpandu kompas membelah ombak, angin berharum garam membawa semacam aroma lain yang sengatnya tajam. Kapal-kapal itu datang laju,  menuju cercah-cercah serupa nyala emas hangus yang bertebaran di permukaan gunung, gemerlap yang kelam, sarat bersusun-susun, memancar terlalu terang untuk pulau sekecil itu. (Nukila Akmal, Cala Ibi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2004)

3. Perbedaan gaya bahasa kedua kutipan novel tersebut adalah....
A. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, Novel 2 menggunakan ungkapan
B. Novel 1 menggunakan majas, Novel 2 menggunakan bahasa sehari-hari
C. Novel 1 menggunakan bahasa lugas, nobel 2 menggunakan majas
D. Novel 1 menggunakan bahasa resmi, novel 2 menggunakan bahasa populer
E. Novel 1 menggunakan ungkapan, novel 2 menggunakan bahasa melayu


 Jawaban : C

SOAL PERSAMAAN DAN PERBEDAAN 2 TEKS

1.       Teks  I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan dan warga setempat.


www.pixabay.com
Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.
Persamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah...
A.      Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar wisatawan datang ke Puncak.
B.      Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor kepada pengendara roda dua dan roda empat.
C.      Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor tentang recana penutupan jalur Puncak sore hari.
D.      Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar pengunjung Puncak tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB.
E. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor kepada wisatawan pejalan kaki.



2.       Teks I
Presiden SBY Menetapkan tanggal 20 Oktober sebagai hari Batik. Penetapan hari batik dilakukan setelah UNESCO menyerahkan sertifikat kepada Indonesia. Penetapan hari batik dihadiri menteri komunikasi dan informatika, mantan menteri kebudayaan dan pariwisata, ketua DPR dan lain-lain. Sebelumnya, UNESCO menyetujui batik sebagai warisan budaya dunia tak benda asal Indonesia, setelah pemerintah Indonesia mendaftarkan batik.

Teks II
Presiden SBY menetapkan tanggal  2 Oktober sebagai hari Batik. Penetapan ini dilakukan dalam acara perayaan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO di pendapa kediamannya di Puri Cikeas, Juat, 2 Oktober 2009. Peraturan Presiden untuk menetapkan hal itu akan dikeluarkan kemudian. Langkah itu di ambil sebagai bentuk rasa cinta kepada batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui. Kedepan Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjaga warisan budaya dan tekun untuk mendaftarkan budaya lainnya ke UNESCO. Indonesia kini telah menyumbang tiga warisan budayanya sebagai milik dunia, yaitu keris, wayang dan batik.

 Persamaan kedua teks tersebut adalah . . . .
    A. UNESCO menetapkan batik sebagai warisan Indonesia non benda
    B. Indonesia telah mendaftarkan warisan budaya ke UNESCO untuk mendapat pengakuan
    C. Presiden menetapakan tanggal 2 Oktober sebagai hari Batik.            
    D. Presiden mengimbau masyarakat Indonesia menggunakan batik.
    E.  UNESCO menetapkan batik sebagai warisan Indonesia benda


3.       Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

www.pixabay.com
Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa
E. Teks 1: kapan, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: mengapa, bagaimana, kapan, siapa

4.       Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
Menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
E. teks I diawali dengan karena, teks II diawali siapa.

5.       Teks Berita I
        Seorang pria paruh baya berusia sekitar 40-50 tahun terserempet Kereta Commuter Line di Stasiun Citayam. Pria yang belum diketahui identitasnya tersebut terserempet kereta dari arah Bogor ke Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban mengalami luka ringan dan patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi, menuturkan kejadian itu terjadi setar pukul 08.20 WIB. Kejadian berawal saat pria tersebut hendak menuju peron arah bogor.

   Teks Berita II
Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor - Jakarta menyerempet seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria paruh baya tersebut berusia 40-50 tahun itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat, seorang saksi mata, Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian ada sebuah KRL akan berhenti di Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, aada orang masih menyebrang rel menuju peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak KRL.

Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah...
A. Kondisi pria paruh baya yang terserempet kereta di Stasiun Citayam mengalami luka ringan dan patah kaki.
B. Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogo - Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam.
C. Menurut petugas stasiun, kejadian yang menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar pukul 08.20 WIB.
D. Pria paruh baya yang terserempet KRL itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat.

E. Menurut polisi setempat, kejadian tersebut menyebabkan kemacetan lalu lintas.

2018/08/23

Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi 


1.       Menunjukkan cirri-ciri paragraph eksposisi
Eksposisi adalah tulisan yang bertujuan member penjelasan atau uraian tentang sesuatu. Banyak hal yang dapat disampaikan kepada pembaca dengan menggunakan eksposisi, antara lain berupa informasi, prosedur, atau langkah-langkah melakukan sesuatu atau membuat sesuatu.
Eksposisi juga dapat digunakan untuk menjelaskan hakikat suatu objek secara mendalam sehingga pembaca memiliki informasi dan wawasan yang luas tentang objek itu. Mengtahui hubungan antarobjek dan cara struktur objek itu dibangun dengan menggunakan paragraph eksposisi.

2.       Mendata topic-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraph eksposisi
Tujuan paragraf eksposisi adalah memaparkan atau menjelaskan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah. Oleh karena itu, topik-topik yang dikembangkan dalam paragraf eksposisi berkaitan dengan penyampaian informasi.
www.pixabay.com


Berikut ini contoh–contoh tema yang dapat dikembangkan menjadi sebuah paragraf eksposisi.
1. Manfaat Jejaring Sosial Facebook
2. Bagaimana perkembangan bisnis online di Indonesia
3. Hal-hal yang menyebabkan pengeroposan tulang


3.       Menentukan jenis pengembangannya (menguraikan, proses, contoh, dsb.)
Dalam paragraph eksposisi, ada beberapa jenis pengembangan. Semua jenis pengembangan itu bertujuan sama, yaitu memberikan penjelasan. Beberapa jenis pengembangan paragraph eksposisi:
-          Eksposisi definisi
-          Eksposisi proses
-          Eksposisi klasifikasi (pembagian)
-          Eksposisi ilustrasi (contoh)
-          Eksposisi perbandingan dan pertentangan
-          Eksposisi laporan

4.       Menentukan jenis pengembangannya (menguraikan, proses, contoh, dsb.)
Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen ,urni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah. Ozone therapy merupakan terapi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, baik untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita maupun sebagai pencegah penyakit.

Contoh Paragraf Eksposisi 2
www.pixabay.com

Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

Contoh Paragraf Eksposisi 3
Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.

Contoh Paragraf Eksposisi 4
www.pixabay.com

Pernahkan Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan takut? Bagaimana cara mengatasinya? Di bawah ini ada lima jurus untuk mengatasi rasa takut tersebut. Pertama, persipakan diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu; kedua, pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi tersebut; ketiga, pupuk dan binalah rasa percaya diri; keempat, setelah timbul rasa percaya diri, pertebal keyakinan Anda; kelima, untuk menambah rasa percaya diri, kita harus menambah kecakapan atau keahlian melalui latihan atau belajar sungguh – sungguh.

Contoh Paragraf Eksposisi 5
Pascagempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah-daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.

Contoh Paragraf Eksposisi 6
Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.


5.       Menentukan rincian atau gagasan pendukungnya
6.       Menulis paragraph eksposisi dengan memperhatikan pola pengembangannya dan menggunakan kalimat aktif dan pasif

7.       Menyunting paragraph eksposisi yang ditulis teman

Baca juga:

paragraf-narasi

paragraf-deskripsi

Paragraf Narasi

1.       Mengenali karakteristik paragraph narasi
Narasi adalah cerita. Cerita ini didasarkan atas urutan kejadian atau peristiwa. Narasi dapat bersifat fakta atau fiksi (cerita rekaan). Narasi yang berisi fakta, antara lain biografi dan autobiografi, sedangkan yang berupa fiksi di antaranya cerpen dan novel.
Di bawah ini contoh paragraph narasi. Perhatikan dan cermatilah karakteristiknya!

Sekitar tahun 1977, Chrisye baru memulai karir solonya. Nampaknya bintang keberuntungan sedang bersinar terang karena dalam waktu singkat namanya langsung meroket sebagai vokalis andal saat menembangkan lagu karya James F. Sundah yang berjudul Lilin-lilin Kecil. Di saat yang sama ia juga memenangkan ajang "Lomba Karya Cipta Lagu Remaja Prambors" (LCLR). Hebatnya lagi, sepanjang kurun era 1980-an hingga memasuki tahun 2000, nama Chrisye tak pernah tenggelam. Hampir semua album yang dirilisnya selalu disambut baik di industri musik Indonesia.
Sejak 31 Juli 2005, Chrisye harus dirawat di rumah sakit di Singapura karena mengidap Kanker Paru-Paru. Chrisye meninggal dunia pada tanggal 30 Maret 2007 pukul 04.08 pagi di Jakarta akibat Kanker Paru-Paru yang dideritanya dan dimakamkan di TPU Jeruk Purut.


2.       Mengidentifikasi struktur paragraph narasi
Struktur paragraph naratif dapat diamati dalam satu kerangka keseluruhan wacana narasi.

Chase berkhianat! Tak kuduga ia mengkhianati kami setelah aku membebaskannya dari tawanan dengan tebusan Porsche 911 GT2. Kaki indahnya masih kulihat berlari ke arah Porsche itu sambil membawa koper barang bukti dan segera melesat ke jalanan Palm Harbor yang sibuk.

www.pixabay.com

Aku tak boleh membiarkannya lolos begitu saja. Hasil penyamaran enam bulan bisa sia-sia kalau barang bukti itu lolos. Aku segera menyambar kunci mobil dan mengejarnya. Sial, Lamborghini Gallardo yang sedang kupakai ini bukan mobil terbaikku untuk mengejar Porsche full modifikasi itu. Top speed-nya tidak setinggi Pagani Zonda F milikku, tapi aku agak lega karena hentakan akselerasi Gallardo termasuk yang terbaik di kelasnya.

Porsche cokelat metalik itu masih terlihat di ujung tikungan jalan. Nitrous Oxide kuaktifkan. Kecepatan melonjak ke 230 km/h dalam sekejap. Di sudut sebelum ia masuk highway, kuhajar ekornya dengan telak! Satu pukulan lagi, Chase habis. Asap hitam mulai mengepul dari mesinnya. Mungkin girboksnya kena. Sialnya, sirene polisi meraung-raung mendekat. Tiga mobil SUV terkuat polisi mengejarku.

Ah, bukan situasi yang menguntungkan untuk mengejar buruan. Aku mesti disibukkan oleh SUV yang berusaha menghentikanku. Sementara Chase masih leluasa melesat di jalan raya Palm Harbor yang luas. Aku putuskan tetap jaga jarak sambil sesekali menghindar dari serempetan mobil polisi. Aku menunggu sistem NOS terisi kembali. Kulirik speedometer, 316 km/h. Tinggal tunggu waktu Chase, cepat atau lambat kau kuhabisi…

Kedipan Global Positioning System (GPS) di sebelah kiri tongkat persneling memberitahu setengah kilo lagi ada exit highway dan masuk kota kembali. Aku berhitung. Chase kemungkinan besar akan memilih masuk kota dan tetap bertahan di Palm Harbor daripada lurus menuju kota Port Crescent. Jalanan Port Crescent yang sempit dan berliku adalah makanan empuk Gallardo. Porsche sama sekali bukan tandingan Gallardo di jalan berkelok-kelok yang butuh torsi besar di RPM rendah itu.

Jadi aku setengah berjudi berencana akan menghentikan Chase di exit itu. Kalau ternyata perhitunganku salah, aku akan kehilangan banyak jarak dengannya. Nitro Oxide kuaktifkan. Polisi segera tertinggal jauh di belakang. Tikungan sudah terlihat. Gallardo abu-abu ber-vynil bunga teratai ungu itu hanya berjarak 5 meter di belakang Porsche.

Di titik yang menentukan itu, dengan sigap aku memotong ke kiri. Porsche hanya terlambat sepersepuluh detik untuk menyadari kalau gerakannya telah ditebak. Terlalu terlambat untuk banting stir ke kanan kembali masuk ke highway. Ia akan terpojok di sisi kanan tikungan. Aku menoleh, kulihat wanita pemilik mata cantik itu pucat pasi. Panik. Saatnya mengakhiri. Kutarik handbrake, dan Gallardo menghajar sisi depan Porsche! Brak!! Chase habis. Misi undercover selesai.

Dikutip dari http://blog.galihsatria.com/category/cermin-cerita-mini/

Berdasarkan model wacana narasi di atas, penjelasan struktur paragraph naratif sebagai berikut.
-          Pengenalan merupakan paragraph pembuka wacana narasi. Pada bagian ini berisi siapa yang diceritakan (waho), apa isi cerita (what), kapan cerita terjadi (when), dan di mana berlangsungnya cerita tersebut (where).
-          Konflik merupakan paragraph naratif yang berisi permasalahan yang akan diceritakan pada bagian paragraph-paragraf yang mengikutinya.
-          Rangkaian peristiwa dalam rangkaian waktu berisi reaksi tokoh-tokoh terhadap konflik yang telah diutarakan sebelumnya. Pada bagian ini disajikan dalam susunan paragraph-paragraf sesuai urutan peristiwa dalam urutan waktu termasuk di dalamnya penceritaan tentang tindakan-tindakan dan pikiran tokoh.
-          Penyelesaian merupakan paragraph naratif yang berisi selesaian konflik. Pada bagian akhir wacana narasi terdapat juga amanat berupa pesan.

3.       Menggunakan kalimat majemuk


4.       Mengembangkan kerangka dari sebuah topic menjadi paragraph naratif (dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa) dengan menggunakan kalimat majemuk bertingkat


5.       Menyunting paragraph naratif yang ditulis teman


Paragraf Deskripsi

1.       Menunjukkan cirri-ciri paragraph deskripsi
Contoh 1:
www.pixabay.com

Malam itu, indah sekali. Di langit, bintang-bintang berkelip-kelip memancarkan cahaya. Hawa dingin menusuk kulit. Sesekali terdengar suara jangkrik, burung malam, dan kelelawar  mengusik sepinya malam. Angin berembus pelan dan tenang.



Contoh 2:
Kamar itu, menurut pengamatan saya, sangatlah besar dan bagus. Sebuah tempat tidur besi besar dengan kasur, bantal, guling, dan kelambu yang serba putih, berenda dan berbunga putih, berada di kamar mepet dinding sebelah utara. Kemudian, satu cermin oval besar tergantung di dinding selatan. Di kamar itu juga ada lemari pakaian yang amat besar terbuat dari kayu jati. Lemari kokoh itu tepat berada di samping pintu kamar.

Paragraph deskripsi mempunyai cirri-ciri yang khas, yaitu:
-           Bertujuan untuk melukiskan suatu objek.
-          Hal-hal yang menyentuh pancaindera (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, atau perabaan) dijelaskan secara terperinci (terdapat pada contoh 1).
-          Dalam penyajian urutan ruang, penggambaran atau pelukisan berupa perincian disusun secara berurutan mungkin dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah, dari depan ke balakang, dan sebagainya seperti pada contoh 2.
-          Dalam penggambaran benda atau menusia didapat dengan mengamati bentuk, warna, dan keadaan objek secara detail/terperinci menurut penangkapan si penulis.
… Seorang gadis berpakaian biru ….
… tiga lelaki tanpa alas kaki ….
-          Dalam paragraph deskripsi, unsure perasaan lebih tajam daripada pikiran.
… bersama terpaan angin yang lembut ….

2.       Mendaftar topic-topik yang dapat dikembangkan menjadi tulisan yang berciri deskripsi
Sebelum mendaftar topic-topik yang biasa dikembangkan menjadi tulisan deskriptif, kalian harus mempunyai konsep yang matang tentang jenis-jenis wacana.
Pahami hakikat perbedaan lima jenis karangan berikut!
1.       Deskripsi hakikatnya adalah pelukisan/penggambaran.
2.       Narasi hakikatnya adalah cerita
3.       Eksposisi hakikatnya adalah pemaparan
4.       Argumentasi hakikatnya adalah meyakinkan
5.       Persuasi hakikatnya adalah ajakan/bujukan/larangan

Contoh topic yang tepat untuk tiap-tiap wacana:
Suasana seja di Pantai Kuta
Deskripsi
Bung Hatta dalam kenangan
Narasi
Cara mencangkok pohon lengkeng
Eksposisi
Perlunya mengadakan seminar penyelamatan lingkungan hidup
Argumentasi
Mari menjaga kebersihan lingkungan
persuasi
                              
3.       Memahami pola pengembangan paragraph deskripsi
Bentuk-bentuk deskripsi dilihat dari sifat dalam menggambarkan objek.
a.       Deskripsi spasial, menggambarkan objek khusus ruangan, benda, atau tempat.
Contoh:
Bangunan stadion itu terlihat kukuh sekali. Bangunan stadion olahraga itu tampak megah berdiri dengan pilar-pilarnya yang besar dan kuat. Dindingnya dicat dengan warna kuning muda. Di tengah stadion tersebut terhampar lapangan luas yang ditumbuhi rumput hijau.

b.      Deskripsi subjektif, menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan rasa penulis. Jadi, melukiskan sesuatu seperti persepsi penulisnya.
Contoh:
Dia memakai rok panjang warna coklat. Betapa sesuai dengan warna blus panjangnya. Rok dan blusnya seakan-akan menambah keanggunan pribadinya. Jalannya pun sungguh santun memikat hati orang yang memandang.

c.       Deskripsi objektif, menggambarkan objek dengan apa adanya (sebenarnya). Perasaan dan kesan subjektif sedikit sekali tampak, bahkan hamper tidak ada.
Contoh:
Dia adalah orang yang tegar menghadapi ujian Tuhan. Beberapa kali cobaan dating menimpanya. Namun, dengan ketabahan hatinya dia berhasil menyelesaikan itu semua. Sukses akhirnya ada di tangannya.

4.       Menyusun paragraph deskripsi tentang benda atau manusia
Sekarang, mulailah berlatih menyusun paragraph deskripsi benda atau manusia berdasarkan pengamatan dengan melakukan kegiatan berikut ini! Teruskan paragraph di bawah ini!
(1)    Kulitnya hitam legam dan bersisik. Matanya cekung ….
(2)    Pria itu berjalan tertatih-tatih menyusuri pematang. Pakaiannya yang compang-camping tak mampu menutup seluruh tubuhnya. …
(3)    …. Ternyata mobil tua itu sudah cukup lama ditinggal pemiliknya. Diduga kuat barang itu hasil curian. Akhirnya barang tak bertuan itu hanya mengganggu pemandangan warga di sekitarnya.

(4)   


Baca juga:

paragraf-narasi


2018/08/09

SOAL KARYA ILMIAH PG

1.       Karangan bagian inti atau karya tulis yang benar adalah ….
a.       1) Bab Pendahuluan
2) Prakata
3) Bab Penutup
b.      1) Bab Pendahuluan
2) Bab Pembahasan
3)Bab Penutup
c.       1) Prakata
2)Bab Pendahuluan
3)Bab Pembahasan
d.      1) Bab Pendahuluan
2) Bab Pembahasan
3)daftar pustaka
e.      1) daftar pustaka
2) lampiran
3) pendahuluan

2.       Penulisan daftar pustaka yang benar adalah ….
a.       J.S, Badudu. 1995. Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.
b.      Badudu, J.S. 1995. Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.
c.       J.S. Badudu. Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia. 1995. Pustaka Prima Bandung.
d.      Badudu, J.S. kamus Ungkapan Bahasa Indonesia. 1995. Pustaka Prima: Bandung.
e.      Badudu, J.S. 1995. Kamus Ungkapan Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

3.       Tema: masalah kebersihan di kota
Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah …
a.       Untuk apa masalah kebersihan di kota dibahas?
b.      Berapa banyak kota yang memiliki masalah kebersihan?
c.       Bagaimana penanganan masalah kebersihan di kota?
d.      Berapa orang yang terlibat dalam masalah kebersihan di kota?
e.      Apa sajakah masalah yang ada di kota?

4.       Judul karya tulis: perpustakaan multimedia dan fungsinya







www.pixabay.com

Penulisan judul karya tulis yang tepat adalah ….
a.       perpustakaan multimedia dan fungsinya
b.      Perpustakaan Multimedia Dan Fungsinya
c.       Perpustakaan multimedia dan fungsinya
d.      PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA dan FUNGSINYA
e.      PERPUSTAKAAN MULTIMEDIA DAN FUNGSINYA

5.       Identifikasi masalah karya ilmiah:
-          Apakah limbah kertas bekas dapat dimanfaatkan?
-          Bagaimana pengelolaan limbah menjadi barang berguna?
Latar belakang yang tepat untuk identifikasi masalah tersebut adalah ….
a.       Kertas bekas yang selama ini dianggap limbah ternyata dapat dijadikan benda yang bermanfaat. Pemanfaatan limbah kertas tersebut menjadi salah satu solusi terhadap persoalan sampah.
b.      Kertas yang merupakan salah satu dari sekian jenis sampah sangat melimpah sebab hamper seluruh sector kehidupan di masyarakat kita menggunakan kertas.
c.       Dunia pendidikan kita tidak bias dipisahkan antara kertas dan kegiatan proses belajar mengajar. Kertas adalah hal pokok yang bagi semua siswa dan mahasiswa yang aktif maupun para alumni yang telah memasuki dunia usaha.
d.      Sampah merupakan suguhan pokok yang terjadi di kota-kota bahkan sampai di desa. Kota-kota besar mengalami polusi karena sampah. Demikian juga di desa-desa. Sampah menjadi masalah baik di desa maupun di kota.
e.      Kertas yang dibutuhkan masyarakat notabene terbuat dari kayu. Dan kayu merupakan batang dari sebuah pohon. Jadi kalau kebutuhan kertas meningkat maka banyak orang yang akan menebang pohon-pohon sebagai bahan dasar kertas.

6.       Judul sebuah karangan: pemuda sebagai calon pemimpin pemerintahan masa depan
Penulisan judul yang sesuai dengan EYD yaitu ….
a.       pemuda sebagai calon pemimpin pemerintahan masa depan
b.      Pemuda Sebagai Calon Pemimpin Pemerintahan Masa Depan
c.       Pemuda sebagai calon pemimpin pemerintahan masa depan
d.      Pemuda sebagai Calon Pemimpin Pemerintahan Masa Depan
e.      PEMUDA SEBAGAI CALON PEMIMPIN PEMERINTAHAN MASA DEPAN

7.       Paragraf pengantar yang sesuai dengan judul karya tulis di atas adalah …
a.       Buku-buku merupakan koleksi perpustakaan. Penambah koleksi dapat juga dengan surat kabar, slide, film strip, atau ekaman video. Bahkan, perpustakaan sekarang tidak hanya berisi bahan-bahan pustaka, tetapi berisi juga media-media lainnya yang beraneka ragam. Oleh karena itu, perlu penelitian tentang perpustakaan dan fungsinya.
b.      Perpustakaan berasal dari kata “pustaka”. Arti pustaka adalah buku (Jaya “Library” dari bahasa Yunani). Sekarang telah mempunyai pengertian yang lain sekali. Hal itu sering dikenal dengan sebutan perpustakaan multimedia.
c.       Koleksi perpustakaan sebagian besar adalah buku-buku bahan pustaka. Para siswa maupun mahasiswa pada waktu luang akan mengunjungi perpustakaan. Di sekolah namanya perpustakaan keliling.
d.      Di Negara maju, koleksi perpustakaan telah diperluas dengan CTU, globe, peta, model, realita, alat-alat permainan. Ada yang paling mutakhir dengan koleksinya video disc. Seakan-akan buku-buku tidak lagi mendapat perhatian khusus.

e.      Sekarang banyak sekali terdapat perpustakaan. Perpustakaan yang dating ke desa-desa dengan mobil yang berisi buku dan cara meminjam seminggu sekali adalah perpustakaan keliling. Perpustakaan yang tidak hanya menyajikan buku saja tetapi data-data yang dapat diakses dari internet namanya perpustakaan elektronik.

Baca juga:

resensi-tears-in-heaven-angelia-caroline

soal-bahasa-indonesia-sma

soal-pg-informasi-paragraf