Kategori

2019/03/11

Pelantikan PMR


 Pelantikan PMR

www.pixabay.com

Pelantikan anggota ekskul PMR tahun ini berlangsung dua hari, yaitu pada 3-4 Fe-bruari 2012. Acara yang kebanyakan mengambil tempat di gedung SMA Tarakanita Gading Serpong ini diikuti 25 peserta. Menurut salah seorang panitia, pelantikan tahun ini terasa lebih berarti dan seru. Rupanya pelantikan tahun lalu bisa dibilang terasa hambar. Secara garis besar, kegiatan yang berlangsung hanya ujian praktik singkat, lalu dilantik. Apa yang beda dari pelantikan tahun ini? Mari kita tilik acara-acara yang berlangsung!

            Pada hari pertama, terdapat kegiatan mapping. Apa itu mapping? Jadi, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu diberi petunjuk atau clue. Mungkin bisa dibilang sejenis Scavenger Hunt kecil-kecilan. Setiap petunjuk yang berhasil ditemukan berisi petunjuk berikutnya. Setiap kelompok lalu mengikuti petunjuk untuk mencapai tempat yang dimaksud, di sana ada petunjuk berikutnya. Mapping ini berujung di Ruang Marching Band SMA. Di manakah Ruang Marching Band? Ruang ini terletak di samping Ruang Dance atau yang sering juga disebut Ruang Kaca. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerja sama antar-anggota kelompok.

www.pixabay.com

            Pada dini hari, sekitar jam 2 pagi, semua peserta dibangunkan dari tidur mereka. Mereka harus mendatangi tiga buah pos yang telah disediakan. Pos pertama disebut Pos Prinsip yang terletak di jalan menuju lobby (drop off SMA). Di sana diajarkan 7 prinsip PMR. Kegiatan ini juga didampingi oleh anggota PMI langsung. Pos kedua adalah Pos Motivasi. Pos ini bertempat di tempat parkir guru SMA. Sesuai namanya, di pos ini diberikan motivasi-motivasi. Pos ketiga adalah Pos Mental yang bertempat di lapangan upacara SMA. Di sini mental para calon lantikan diuji. Mereka harus benar-benar serius ingin menjadi anggota PMR yang baik.

            Hari kedua—yang juga merupakan hari terakhir— diisi dengan kegiatan presentasi mengenai metode-metode yang biasa digunakan dalam penyelamatan ala PMR. Setiap kelompok juga ditugaskan untuk membawakan satu buah permainan. Setelah itu, diadakan gladi bersih apel penutupan. Acara puncak pun tiba, yakni apel penutupan. Di bagian ini, dilakukan prosesi pelantikan yang terdiri dari penyiraman dan pemberian syal dan pin. Tapi penyiraman di sini bukan seperti disiram sewaktu MOS. Penyiraman yang ini bernuansa… sakral. Anggota calon lantikan bersujud lalu disiram dengan air bunga. Di acara siraman ini, semua orang boleh berpartisipasi. Orang tua pun boleh menjadi penyiram anaknya.
www.pixabay.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar