Kategori

2019/03/19

Materi Karya Ilmiah


Materi Karya Ilmiah

1.       Karya ilmiah adalah tulisan yang disusun dengan metode ilmiah, yakni metode yang berdasarkan cara berpikir yang sistematis dan logis. Karya ilmiah menyajikan masalah-masalah yang objektif dan factual.

2.       Karya ilmiah mengutamakan aspek rasionalitas dalam pembahasannya. Objektivitas dan kelengkapan data merupakan sesuatu yang sangat penting. Guna membuktikan bahwa pembahasan itu merupakan sesuatu yang rasional, maka penulis perlu data yang lengkap dengan tingkat kebenaran yang tidak terbantahkan.


3.       Ragam bahasa yang digunakan karya ilmiah haruslah lugas. Makna yang terkadung dalam kata-katanya harus diungkapkan secara eksplisit guna mencegah timbulnya pemberian makna yang lain.

4.       Struktur Karya ilmiah secara umum terdiri atas pendahuluan, bagian isi, dan penutup.
a.       Pernyataan umum berupa pengenalan masalah ataupun gagasan pokok (tesis) yang dianggap penting untuk dibahas atau dicarikan penyelesaiannya. Di dalam karya ilmiah yang lebih formal, seperti laporan penelitian dan sejenisnya, bagian pendahuluannya tersaji secara lebih rinci. Penyajiannya meliputi latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitianatau kegunaan penelitian. Selain itu, dapat pula dilengkapi dengan definisi operasional dan sistematika penulisannya.
b.      Rangkaian argumentasi berupa pembahasan terkait dengan rumusan masalah atau sebagai penjelasan terperinci atas gagasan pokok yang dikemukakan sebelumnya. Bagian ini ditunjang dengan sejumlah teori dan data. Adapun data yang dimaksud diperoleh melalui hasil pengamatan, wawancara, dan sebagainya itu dibahas dengan berbagai sudut pandang; diperkuat oleh teori-teori yang telah dikemukakan sebelumnya. Dalam karya ilmiah yang berupa laporan penelitian, bagian ini diawali dengan pemaparan landasan teori dan metodologi penelitian.
c.       Penegasan kembali atas pembahasan sebelumnya. Penutup dalam karya ilmiah sering kali disebut sebagai simpulan, yakni pemaknaan kembali atau sebagai sintesis dari keseluruhan unsur penulisan karya ilmiah, yang meliputi masalah (pendahuluan), kerangka teori, metodologi penelitian, dan pembahasan atau penemuan-penemuan penelitian. Pada bagian ini sering pula dilengkapi dengan rekomendasi atau saran-saran.

Selain bagian-bagian pokok tersebut, karya ilmiah sering dilengkapi pula dengan kata pengantar dan abstrak sebelum bagian pendahuluan. Adapun pada bagian akhir, setelah penutup, dilengkapi dengan daftar pustaka.

5.       Kaidah bahasa dalam penulisan Karya ilmiah haruslah menggunakan pemilihan kata yang tepat, seperti kata baku, kata bermakna lugas, dan menggunakan istilah yang tepat. Pemilihan kata merupakan syarat lain yang harus diperhatikan dalam menulis karya ilmiah. Struktur dan makna kata yang digunakan dalam karya ilmiah berbeda dengan yang digunakan dalam karya -karya sastra. Begitu pula dengan penggunaan kata yang berbeda dengan yang biasa digunakan dalam karya sastra atau pun kata-kata sehari-hari.

6.       Bagian pendahuluan Karya ilmiah mencakup latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat dan kegunaan penelitian, dan sering pula disertakan pencantuman definisi operasional dan sitematika penulisannya.


7.       Kerangka teoretis disebut juga kajian pustaka atau teori landasan yang mencakup kerangka pemikiran dan hipotesis.

8.       Metodologi adalah pengetahuan tentang metode-metode ataupun uraian tentang suatu metode.


9.       Simpulan penelitian meliputi masalah, kerangka teoretis yang tercakup di dalamnya adalah hipotesis, metodologi penelitian, dan penemuan penelitian. Simpulan merupakan kajian terpadu dengan meletakkan berbagai unsur penelitian dalam perspektif yang menyeluruh.

10.   Langkah-langkah menulis karya ilmiah: (a) menentukan topic / masalah, (b) menyusun kerangka, (c) pengumpulan teori dan data, (d) pengembangan kerangka berdasarkan teori / data yang telah diperoleh dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan sebagaimana yang berlaku di dalam Karya ilmiah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar