Kategori

2019/03/11

Ranking 1


Ranking 1

www.pixabay.com

Kalau mendengar kata “rangking” sudah pasti yang terbesit di pikiran kita, semua adalah orang-orang terpilih yang biasanya pintar di segala bidang, apalagi ranking 1. Nah, pada Rabu, 2 Mei 2012 lalu, SMA Tarakanita Gading Serpong merayakan Hari Pendidikan Nasional dengan upacara yang dipimpin oleh guru-guru dan Lomba Ranking 1. Tidak biasanya guru menjadi petugas upacara sehingga upacara pada hari itu terasa sangat spesial.

Setelah upacara, kegiatan yang terjadwal berikutnya adalah pelaksanaan seleksi Lomba Ranking 1 di kelas masing-masing. Seleksi dilakukan selama kurang lebih 20 menit dengan peserta seluruh siswa SMA Tarakanita Gading Serpong. Soal-soal seleksi berisi soal-soal kelas X yang dikemas dari berbagai mata pelajaran sehingga memberikan keuntungan tersendiri bagi siswa-siswi kelas X karena masih “fresh”. Pelajaran yang diujikan mulai dari mata pelajaran IPA, IPS, bahasa, sampai olahraga dan PKT. Banyak tanggapan dari masing-masing siswa, ada yang tertawa dengan melihat soal-soal seleksi, ada juga yang merasa kebingungan karena ada soal yang sudah lama tidak dipelajari, ada yang terlihat pasrah dengan soal-soal yang diberikan, ada pula yang berpikir keras untuk memanggil kembali memori yang sudah lama terpendam, bahkan ada yang dengan mudah mengisi jawaban tersebut. Menurut beberapa siswi, soal yang tersulit adalah soal yang menanyakan nomor punggung Bambang Pamungkas di Klub Persija. Jawaban dari soal tersebut adalah nomor 20. Banyak siswi yang menjawab 10, 11, 29, dll. Tak hanya siswi, siswa pun juga berpikir demikian. “Abis kalo nomor punggung Tsubasa kan 11, jadi gue ngikutin aja”, ujar James XI IPA 2 setelah mengisi soal seleksi. Padahal nomor punggung Tsubasa dalam timnya adalah 10. Nomor 11 merupakan kepunyaan Misaki. Setelah seleksi selesai dilakukan, 20 orang terbaik dari kelas X,  15 orang terbaik dari kelas XI dan 10 orang terbaik dari kelas XII diadu kembali untuk memperebutkan gelar Ranking 1 SMA Tarakanita Gading Serpong. Acara final Ranking 1 diselenggarakan di Aula lantai 4. Semarak penonton dari masing-masing angkatan mendukung jagoan mereka masing-masing. Sayangnya acara berlangsung lebih monoton setelah pertanyaan mematikan kedua yang dilontarkan oleh pembawa acara. Pertanyaan tersebut menumpas hampir semua peserta Ranking 1 sehingga hanya tersisa 3 finalis yang semuanya berasal dari kelas X, yaitu Philip dari kelas XD, Wina dari kelas XE, dan Cecil dari kelas XE. Lomba juga diselingi dengan penampilan band dari kelas XII, kelas XI, dan kelas X untuk menghibur para penonton agar kembali bersemangat untuk mengikuti acara selanjutnya. Pertarung-an yang ketat diperlihatkan oleh ketiga finalis.

Akhirnya setelah melewati berbagai pertanyaan-pertanyaan yang bervariasi, Philip berhasil menjadi Ranking 1, Cecil menjadi Ranking 2, dan Wina menjadi Rangking 3. Ketiga pemenang langsung diberikan hadiah pada saat itu juga. “Sebenarnya gue cukup kaget dan gak nyangka. Aslinya gue tuh niat gak niat gitu, apalagi pas babak kedua, pas tahu gue harus ngelawan senior-senior. Gue pikir jalanin aja, just for fun. Hahaha. Tapi seiring peserta lain pada gugur, tinggal sisa sedikit (termasuk gue), baru deh gue niat. Soalnya gue udah sejauh itu, jadi gak boleh gugur juga. Jadi gue usahain mati-matian sampai menang. Gitu aja sih”, tutur Philip mengenai kemenang-annya. Semoga dengan adanya lomba Rangking 1 ini, semangat para siswa untuk terus menimba ilmu pengetahuan dalam hidupnya semakin tinggi. Salam pendidikan!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar