Kategori

2019/03/12

Lulus 100%

A Dag! Dig! Dug! Lulus 100%

Ya, itulah yang dirasakan oleh siswa-siswi kelas XII. Setelah melakukan perjuangan melalui Try Out dan pelajaran tambahan, akhirnya apa yang mereka harapkan terbayar sudah pada tanggal 16 Mei yang lalu. Ketentuan kelulusan untuk tahun ini dinyatakan dengan pengambilan 60% nilai ujian nasional dan 40% nilai ujian sekolah. Anak kelas XII melaksanakan ujian pada tanggal 18-21 April yang lalu. Selama ujian mereka semua terlihat serius dan fokus terhadap diri masing-masing. Seluruh kemampuan dan apa yang telah mereka dapat selama 3 tahun sebelumnya dikerahkan di atas kertas-kertas jawaban yang telah mereka dapatkan. Setelah 4 hari berakhir, terlihat kegembiraan terlukis di wajah siswa-siswi kelas XII. Namun, akhir dari perjuangan mereka belumlah terlihat. Para siswa masih harus menunggu hasil dari Ujian Nasional yang tentu menjadi penentu akhir dari perjalanan mereka atau yang disebut sebagai kelulusan.
 Pada saat hari pengumuman kelulusan, ternyata banyak sekali anak kelas XII yang tegang, takut, dan bahkan sampai mengkhawatirkan nasib kelulusan para siswa kelas XII lainnya. Para siswa kelas XII ada yang ketakutan tidak lulus, namun ada juga yang tegang apakah lulus 100%. Setiap anak kelas XII diberi amplop yang berisi pengumuman kelulusan. Dan setelah diketahui kelulusan 100%, tangisan dan rasa haru mulai bermunculan. Tapi tentunya bukan tangis kesedihan ! Melainkan tangisan kebahagiaan dan penuh rasa syukur, karena tidak ada satupun yang tertinggal. Setelah itu dilanjutkan dengan bersalaman dengan bapak dan  ibu guru. Sampai-sampai mereka masuk ruang guru untuk berterima kasih kepada bapak dan ibu guru.
“Awalnya tegang banget! Suasananya itu lho! Ditambah lagi guru-guru raut mukanya gak ada senyum-senyumnya, malah yang ada bikin makin gugup. Apa iya ada yang gak lulus? Malah temen gue banyak yang datang telat lagi. Jadi, disangka beneran ada yang gak lulus Eh, ternyata lulus semua. Hehe…”, kata Zerica dengan gembira waktu ditanya kesannya.
“Beh, senang banget tentunya. Berarti perjuangan gue tiga tahun gak sia-sia and nilai gw cukup memuaskan. Haha…”, kata Erika ketika Tim Tazmania juga menanyakan kesanya saat diberitahukan hasil pengumuman.
Tiga tahun sudah selesai perjuangan anak-anak kelas XII. Kerja keras, keberhasilan maupun kegagalan yang telah dialami sebelum ujian nasional ternyata berbuah manis dan menghasilkan nilai-nilai yang cukup memuaskan. Ditambah lagi tidak ada yang tertinggal alias lulus semua. Selamat ya atas kelulusan kalian!
Namun bagaimana dengan anak-anak kelas X dan XI? Pastinya kita semua berharap atas kenaikan kelas seluruh siswa secara 100% pula. Harapan tersebut dapat terbukti pada tanggal 10 Juni 2011 sebagai hari penerimaan hasil kerja keras para siswa selama 1 tahun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar