Kategori

2015/02/26

Soal Opini Fakta Kelas XI

SOAL OPINI FAKTA

Sumber: Dokumen Pribadi

1. (1) Komplotan penjahat yang menggunakan ilmu hipnotis terus gentayangan memburu korban. (2) Kali ini, yang menjadi sasaran adalah wanita yang baru saja mengambil uang di bank, Magdalena (29) warga Cilincing, Jakarta Utara. (3) Ia kehilangan uang Rp. 30 juta dan perhiasan yang baru saja dibelinya seharga Rp. 10,8 juta di kawasan Cilandak. (4) Kejahatan ini terjadi sekitar pukul 15.00 ketika Magdalena baru mengambil uang Rp 30 juta di Bintaro. (5) Karyawan showroom otomotif ini lantas bermaksud makan di pertokoan Alfa Bintaro.
Opini yang sesuai dengan kutipan berita tersebut terdapat dalam kalimat nomor ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
e. 5 dan 1

2. Tatkala ditanya tentang angkutan umum yang dirasakan paling efektif, siapa pun pasti mengatakan kereta api. Jawaban itu sangat benar karena sekali jalan, KA mampu mengangkut ribuan penumpang dan ratusan ton barang bagi kereta barang. Waktu tempuh pun jauh lebih pendek dibandingkan dengan angkutan darat lainnya. Akan tetapi, kini kondisi sarana dan prasarana KA semakin memprihatinkan. Jika  pada tahun 1939 panjang rel mencapai 6.811 kilometer, tahun 1995 berkurang menjadi 6.096 kilometer.
Fakta yang terdapat dalam teks di atas adalah …
a. Kereta api merupakan angkutan umum yang dirasa paling efektif.
b. Banyak orang mengatakan bahwa angkutan umum yang paling efektif adalah kereta api.
c. Sekali jalan, kereta api diperkirakan mampu mengangkut ribuan penumpang dan ratusan ton barang.
d. Saat ini, kondisi sarana dan prasarana KA semakin memprihatinkan.
e. Panjang rela kereta api yang pada tahun 1939 mencapai 6.811 kilometer, pada tahun 1995 berkurang menjadi 6.096 kilometer.

3. Kalimat yang merupakan pendapat adalah …
a. Taman Takabonerate diklaim sebagai karang atol terbesar di dunia.
b. Siapa pun tidak membantah bahwa kemolekan Pantai Plengkung di Banyuwangi bergema hingga ke mancanegara.
c. Menurut catatan Departemen Kelautan dan Perikanan, potensi lestari sumber daya ikan Indonesia diperkirakan mencapai 6,4 juta ton per tahun.
d. Bagi penggemar olahraga selam, kawasan Kepulauan Derawan memang menjadi ‘surga’.
e. Di Pulau Meoswarek dan Pulau Pakreki terdapat 281 jenis flora dan fauna, antara lain 26 jenis burung, 14 jenis reptile, dan 7 jenis mamalia.

4. (1) Surga Papua terpancar di Kepulauan Padaido. (2) Gugusan pulau di sekitar Pulau Biak, Papua Tengah itu, terlihat amat menawan dari udara. (3) Terumbu karangnya membayang di bawah permuakaan laut dengan pulau-pulaunya yang rimbun hijau. (4) Keindahan Padaido bias dinikmati dalam perjalanan dengan perahu motor dari Biak menuju Pulau Wundi, Pakreki, atau Pulau Dauwi. (5) Keindahan Padaido ini disebut-sebut menempati peringkat tertinggi dunia.
Pernyataan yang merupakan fakta terdapat dalam kalimat ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 2 dan 3
e. 1 dan 4

5. Sudah puluhan tahun pendidikan kita mendapat nilai merah. Selama itu pula masyarakat mengeluh tentang rendahnya mutu pendidikan kita. Cukup banyak penyebab dikemukakan, seperti lemahnya pengabdian guru, melencengnya kebijakan sekolah dan terlalu besarnya campur tangan politik ke dalamnya, namun kenyataan bahwa masyarakat sendiri ikut ambil bagian, jarang sekali disebut.
Cuplikan tajuk rencana tersebut menyatakan pendapat tentang ….
a. Permasalahan  dalam pendidikan kita
b. Masalah politik dalam pendidikan
c. Sekolah yang bermutu rendah
d. Masyarakat yang lepas tanggung jawab
e. Banyaknya penyelewengan di bidang pendidikan

6. Menurut seorang pengembang, pengembangan agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis. (2) Pengembangan telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan penganekaragaman dan pengalaman pertanian. (3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. (4) hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.
Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat pada nomor ….
a. (1) dan (4)
b. (1) dan (3)
c. (2) dan (3)
d. (2) dan (4)
e. (3) dan (4)

7. Bacalah kutipan tajuk rencana dengan saksama!
Jakarta Belum Bebas Teror

Aman dari ledakan bom dua tahun terakhir, Jakrta diguncang bom kembali. Meski daya ledaknya rendah dan pelakunya tak professional, ledakan yang terjadi hanya beberapa hari menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, itu di abaikan.
(Kompas, 12 November 2009)

Bom Bunuh Diri Meledak 
di Restoran A&W
Teroris kembali melakukan aksi bom bunuh diri. Kini giliran restoran cepat saji A&W Kramat Jati Pondok Indah Plaza di Jalan Raya Bogor, Jaktim. Beruntung ledakan tidak begitu kuat sehingga hanya memecahkan beberapa lampu dan membuat retak dinding restoran.
(Poskota, 12 November 2009)

Kesamaan isi kedua tajuk rencana tersebut adalah ….
a. Hancurnya restoran karena bom
b. Berita tentang ledakan bom di Jakarta
c. Teroris meledakkan bom bunuh diri
d. Penyambutan kunjungan Presiden Amerika Serikat
e. Kunjungan Presiden Amerika Serikat ke Jakarta

8. Tahun ini Rossi tidak ingin mengulangi kesalahan serupa, apalagi motor YZR-M1 yang akan digunakannya sudah semakin besar tenaganya dan mampu bersaing di trek lurus. Tahun lalu, Rossi kalah dan Gibernau karena sirkuit diguyur hujan saat lomba. Pemilihan ban yang salah membuat Rossi keteteran melawan pembalap Honda itu. Kendati demikian, kali ini Rossi meyakinkan diri akan kemungkinannya memenangkan kejuaraan yang akan diadakan di Ceko.
Kalimat yang menunjukkan opini pada paragraph di atas adalah …
a. Tahun ini, Rossi mengikuti kejuaraan balap motor di Ceko.
b. Motor YZR-M1 memiliki tenaga yang lebih besar.
c. Tahun lalu, Rossi kalah dari Gibernau.
d. Pemilihan ban yang salah membuat Rossi keteteran saat melawan pembalap Honda.
e. Rossi meyakinkan diri akan kemungkinannya memenangkan kejuaraan di Ceko.

9. Produksi ikan pada tahun 2006 mencapai 5,7 juta ton. Hal ini menunjukkan bahwa pengolahan sector kelautan telah ada perbaikan. Perbaikan dan peningkatan menjadi dasar dibentuknya Departemen Kelautan dan Perikanan pada tahun 2000. Sehingga sumber daya kelautan tidak terabaikan. Dan menjadi sector utama hasil kelautan.
Kalimat yang berupa fakta dalam teks berikut adalah nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

10. Meskipun bentuknya keceil, kedelai bias diolah menjadi berbagai macam produk makanan, salah satunya adalah susu kedelai. Komposisi susu kedelai hamper sama dengan susu sapi. Oleh karena itu, susu kedelai bias digunakan sebagai pengganti susu sapi terutama bagi mereka yang alergi laktosa pada susu sapi. Kelebihan lain susu kedelai disbanding susu sapi adalah tidak mengandung kolesterol sama sekali. Meskipun demikian, menurut Prof. Dr. Made Astawan, penulis buku Kandungan Gizi dan Aneka Bahan Makanan, kandungan kolesterol susu sapi masih tergolong sangat rendah bila dibandingkan dengan bahan pangan hewani lainnya. Oleh karena itu, kita tak perlu  khawatir minum susu sapi.
Kalimat yang berisi fakta pada paragraph tersebut adalah ….
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
e. 4 dan 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar