SOAL
BAHASA INDONESIA
LATIHAN
UJIAN NASIONAL 2015
Teks berikut untuk menjawab
soal nomor 1 dan 2, bacalah dengan cermat!
Kalau ada negara kaya yang serba salah mengelola kekayaannya, barangkali
salah satunya adalah Indonesia. Dari laut, perut bumi, rawa, hingga hutan di
gunung-gunung negeri ini, semuanya bisa menghasilkan uang dan energi.
Nyatanya, kekayaan itu tak bisa menyejahterakan 245 juta penduduk Indonesia
secara merata. Alih-alih membuat rakyatnya semakin sejahtera, kekayaan alam
Indonesia justru menjadi biang kesenjangan pendapatan. Segelintir orang menguasai sektor strategis dan menjadi
konglomerat dengan kekayaan triliunan. Sementara jutaan orang lainnya hidup
melarat. Tak perlu mencari orang miskin ke pulau terpencil atau daerah
pedalaman. Di pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang menjadi barometer
perekonomian Indonesia sangat mudah ditemukan warga miskin.
http://www.intisari-online.com/read/negara-kaya-yang-serba-salah
|
1. Ide pokok paragraf
tersebut yang
tepat adalah ... .
A.
pemanfaatan
sumber daya alam di Indonesia
B.
dampak
kekayaan alam Indonesia
C.
pengelolaan
kekayaan Indonesia yang tidak benar
D.
barometer perekonomian dan kekayaan Indonesia
E.
kesejahteraan
dan kekayaan alam Indonesia
2.
Pertanyaan
yang sesuai dengan isi paragraf tersebut
adalah …
A.
Apakah
kekayaan alam Indonesia dapat dikelola dengan baik?
B.
Siapakah
yang dapat mengelola kekayaan alam Indonesia?
C.
Bagaimanakah
cara mengelola kekayaan alam Indonesia?
D.
Mengapa
kekayaan alam Indonesia tidak bisa menyejahterakan penduduknya?
- Bagaimanakah cara menyejahterakan penduduk Indonesia?
Teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4, bacalah
dengan cermat!
Pencuri
profesional di banyak daerah kerap membobol dana nasabah melalui anjungan
tunai mandiri (ATM). Untuk menghindari hal tersebut, Presiden Direktur Bank
Central Asia, Jahja Setiaatmadja, memiliki tips sederhana, tetapi dijamin manjur. Ia
mengatakan, kerahasiaan kode personal atau personal identification number (PIN) harus betul-betul dijaga
supaya tidak menjadi korban pembobolan seperti yang dilakukan sindikat
Malaysia. Hal yang paling mudah dilakukan agar terhindar dari pembobolan dana
nasabah oleh pelaku kejahatan adalah, dengan menutup tombol angka pada mesin
ATM saat memasukkan PIN. "Kalau tidak ada penutupnya (pada tombol angka
ATM) bisa dilakukan dengan mentutupnya dengan tangan, sehingga tidak bisa
direkam kamera nomor PIN-nya," kata Jahja di Mabes Polri, Jakarta
Selatan, Senin (3/3/2014).
http://www.tribunnews.com/nasional/2014/03/04/cara-mudah-nan-manjur-hindari-pembobolan-atm
|
3. Arti
kata professional pada paragraf tersebut adalah ….
A.
seseorang yang sehari-hari ahli
dengan profesinya
B.
tindak
tanduk yang merupakan ciri suatu profesi
C.
seseorang yang professional untuk
membobol bank
D.
perilaku orang yang professional
melakukan kejahatan
E.
profesi yang sudah mendarah daging
bagi seseorang
4.
Tujuan penulis pada paragraf
tersebut adalah ….
A.
menginformasikan kepada nasabah agar
menjaga PIN.
B.
menjelaskan kepada nasabah cara menghindar dari pencuri
C.
menyampaikan kiat agar terhindar
dari pembobolan dana nasabah
D.
menginformasikan bahwa bank menjaga
kerahasiaan nasabah
E.
mengimbau agar berhati-hati dengan
sindikat Malayasia pembobol bank
Teks berikut
untuk menjawab soal nomor 5 dan 6. Bacalah dengan cermat!
(1)
Saat ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI
telah memiliki lima bus tingkat yang beroperasi hari Senin yang lalu. (2) Bus-bus
tersebut dapat dinaiki mulai pukul 09.00 s.d. 19.00 WIB setiap harinya. (3) Setiap
bus akan didampingi oleh tour guide
yang siap mengajak penumpang berkeliling kota. (4) Bus itu memiliki kapasitas
60 tempat duduk yakni di bagian bawah, kursi yang tersedia berjumlah 18,
sementara di atas 42. (5) Bus tersebut juga memiliki jendela-jendela yang
besar sehingga penumpang bisa melihat pemandangan di luar dengan leluasa dan
dilengkapi dengan penyejuk udara (AC).
http://id.berita.yahoo.com/bus-tingkat-wisata-bisa-dinikmati-mulai-senin
|
5.
Kalimat utama
paragraf tersebut terdapat pada nomor ... .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
6.
Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah … .
A. (1)
dan (3)
B. (2)
dan (3)
C. (3)
dan (4)
D. (4)
dan (5)
E. (5)
dan (3)
Teks berikut untuk menjawab
soal nomor 7 dan 8, bacalah dengan cermat!
(1)
Pemerintah mengakui setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS)
harus mendapat penghasilan besar, termasuk tunjangan, dan remunerasi yang
didasarkan pada kinerja. (2) Tujuannya untuk menghindari PNS dari niat
korupsi, kolusi, dan nepotisme serta penyelewengan jabatan. (3) "PNS memang harus digaji besar
untuk menciptakan dan meningkatkan kehidupan yang layak buat si PNS,"
kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan, Kiagus Badarudin,
kepada Liputan6.com, Jakarta,
seperti ditulis Rabu (5/3/2014). (4) Jika gaji PNS tinggi, tambah dia, akan
mengurangi niat jahat seperti penyelewengan, penyimpangan ataupun korupsi di
kementerian maupun lembaganya masing-masing. (5)
Permasalahan korupsi dan sebagainya sudah terjadi di mana-mana dan sulit
diberantas.
http://bisnis.liputan6.com/read/2018375/pns-harus-digaji-besar-agar-tak-tergiur-korupsi
|
7.
Kalimat opini dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor …
.
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (4)
C.
(2) dan (4)
D.
(3) dan (4)
E.
(4) dan (5)
8.
Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut
adalah nomor … .
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
9.
Bacalah kutipan biografi berikut!
Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962. Ia lulus dari SMA Boedi Oetomo pada tahun 1981 kemudian melanjutkan studinya di Kedokteran gigi Universitas Indonesia. Chairul termasuk mahasiswa yang pandai. Ia mendapat penghargaan sebagai mahasiswa teladan tingkat nasional pada tahun 1984-1985.Untuk menopang uang sakunya yang jauh dari cukup, Chairul pun berkuliah sambil berbisnis. Walau ia harus membagi waktu antara kuliah dan berbisnis, tetapi Chairul bisa menyelesaikan kuliahnya di kedokteran gigi dengan baik dan menyandang gelar sarjana kedokteran. Namun, darah bisnis rupanya lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput rezeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi.Chairul memantabkan bisnisnya dengan mendirikan perusahaan bersama tiga temannya pada tahun 1987. Bisnis ini bermodalkan hutangan dari bank sebesar 150 juta. Perusahaan Chairul dan temannya ini memproduksi sepatu anak-anak untuk diekspor. Mereka patut berbangga karena begitu mendirikan usaha ini mereka langsung menerima orderan sebesar 160 ribu pasang sepatu dari Itali. Namun kemudian Chairul memutuskan untuk berpisah dan mendirikan usaha sendiri karena ternyata ketiga temannya memiliki visi yang berbeda dengan dirinya.Chairul kemudian mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak di bidang media yaitu mendirikan Trans TV. Chairul Tanjung sangat pandai dalam membangun jaringan. Perusahaannya ini semakin maju dan akhirnya berhasil membuat suatu konglomerasi yang kemudian diberi nama Para Group. Para Group sendiri kemudian membagi tiga ladang usahanya yaitu dibidang keuangan, properti, multimedia. Chairul Tanjung yang “anak singkong” kemudian menjadi seorang konglomerat Indonesia bahkan namanya juga termasuk dalam jajaran seribu orangg terkaya dunia.
http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.com/2013/10/biografi-chairul-tanjung-anak-singkong.html
|
Keteladanan
tokoh dalam kutipan tersebut adalah . . .
A.
Chairul
mampu membagi waktu antara kuliah dan berbisnis.
B.
Chairul
kuliah di fakultas kedokteran gigi sambil berbisnis.
C.
Chairul lulus dari
fakultas kedokteran gigi, tetapi lebih memilih berbisnis.
D.
Chairul
mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak di bidang media.
E.
Chairul
memutuskan untuk berpisah dan mendirikan usaha sendiri.
Cermatilah tabel berikut unuk
menjawab soal nomor 10 dan 11.
Data Kecelakaan
Lalu Lintas Berdasarkan Jenis Kendaraan
No.
|
Kendaraan
|
Tahun
|
|
2009
|
2010
|
||
1.
|
Bus
|
36
|
34
|
2.
|
Truk
|
64
|
32
|
3.
|
Pick up
|
10
|
14
|
4.
|
St.Wagon
|
33
|
44
|
5.
|
Jeep
|
2
|
0
|
6.
|
Sedan
|
5
|
1
|
7.
|
Sepeda motor
|
331
|
323
|
8.
|
Lain-lain
|
0
|
19
|
Jumlah
|
481
|
467
|
10.
Pernyataan yang
sesuai dengan isi tabel
tersebut adalah ...
A.
Pada
tahun 2010 tingkat kecelakaan lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya.
B.
Tingkat
kecelakaan lalu lintas pada tahun 2009 lebih rendah daripada tahun 2010.
C.
Jumlah
kecelakaan berkendaraan bus lebih tinggi
daripada berkendaraan sedan.
D.
Jumlah
orang yang tewas dengan berkendara motor lebih tinggi daripada jeep.
E.
Ulah
pengemudi tahun 2010 lebih tertib dibandingkan dengan tahun 2009.
11.
Simpulan isi tabel tersebut yang tepat adalah …
A.
Semua
kendaraan pasti memiliki risiko kecelakaan dan hal itu sangat bergantung kepada
pengendaranya.
B.
Berkendara
dengan sedan lebih nyaman dan lebih aman dari kendaraan lainnya karena
terhindar dari kecelakaan.
C.
Pengendara
sepeda motor perlu diberi penyuluhan cara berkendara yang baik agar terhindar
dari kecelakaan.
D.
Untuk
perjalanan jauh lebih aman mengendarai jeep daripada kendaraan lainnya karena
resiko kecelakaannya kecil.
E.
Ternyata
berkendara dengan sepeda motor lebih tinggi tingkat kecelakaannya daripada
kendaraan lainnya.
Kutipan tajuk rencana berikut untuk soal no. 12 dan 13, bacalah
dengan cermat!
Terjadinya tumpang tindih penelitian
tidak hanya terjadi di lingkungan perguruan tinggi, tetapi terjadi juga di
lembaga riset lainnya. Objek penelitian pun sering tidak terintegrasi dan
tidak dipublikasi. Hasil penelitian tersimpan rapi di perpustakaan lembaga
riset. Hasil riset gagal menjadi referensi perbaikan kebijakan pemerintah.
Program-program penelitian juga kurang memperhatikan aspek budaya dan
kemanusiaan, tetapi lebih ke riset teknologi, politik, ekonomi, dan sosial.
Padahal, ilmu pengetahuan juga mencakup bidang budaya dan kemanusiaan.
Sebaiknya, perguruan tinggi terus memperbaiki praktik risetnya. Bila perlu
dan sudah siap, diintroduksi apa adanya. Lembaga riset dan perguruan tinggi
seperti halnya urusan kebudayaan di bawah kementerian tersendiri. Jadi,
mungkin saja perguruan tinggi berada di bawah Kemristek. Namun, saat ini
rasanya masih banyak masalah lain yang mendesak dan mendasar untuk segera
diselesaikan oleh pemerintah.
|
12. Opini
penulis tajuk dalam teks tersebut
adalah …
A.
Terjadi tumpang tindih penelitian di
perguruan tinggi.
B.
Perguruan tinggi sebaiknya memperbaiki
praktik risetnya..
C.
Berbagai hasil penelitian hanya tersimpan
rapi di perpustakaan.
D.
Hasil riset menjadi referensi perbaikan
kebijakan pemerintah.
E.
Penelitian tidak memperhatikan aspek budaya
dan kemanusiaan.
13. Pihak
yang dituju dalam kutipan tersebut
…
A. Kemristek
B. masyarakat
C. Kemendikbud
D. Para
peneliti
E. Pemerintah
Kutipan sastra Melayu Klasik berikut untuk soal nomor 14 dan 15,
bacalah dengan cermat!
Maka tersebutlah kisah
Marakarma berjalan dua bersaudara itu. Maka Tuan Puteri Nila Kesuma itu pun
menangis hendak minum susu. Maka Marakarma pun menangis seraya berkata,
“Diamlah adinda, jangan menangis kerna kita orang celaka. Dimanakah kita
boleh mendapat susu lagi? Kita sudah dibuangkan orang.” Maka diberinyalah
kepada adiknya ketupat itu sebelah. Maka dimakannyalah. Maka ia pun diamlah.
Maka sampai tujuh hari tujuh malam ia berjalan itu. Maka ketupat yang tujuh
biji itu habislah dimakan oleh Tuan Puteri Nila Kesuma itu, kerana
diberikannya kepada adiknya sebelah dan petang sebelah.
Setelah
hamakan. Maka diambil oleh Marakarma segala taruk kayu dan umbut-umbut dan
buah- buahan kayu yang di dalam hutan itu yang patut dimakannya. Maka
diberikannya kepada saudaranya itu dan barang dimana ia bertemu dengan air
maka dimandikannyalah akan saudaranya. Syahdan beberapa lamanya ia berjalan
itu, maka beberapa bertemu dengan gunung yang tinggi- tinggi dan padang yang
luas- luas dan tasik yang berombak seperti laut tempat segala dewa-dewi dan
peri, mambang, indera, cendera, jin. Maka
raja-raja jin di sanalah tempat bermain lancang berlumba- lumba, di sanalah
banyak ia beroleh kesaktian yang diberi oleh anak raja-raja itu.
|
14. Hal yang menunjukkan karakteristik sastra Melayu
Klasik berupa istanasentris berdasarkan
teks tersebut adalah …
A. Ceritanya
sangat sulit dipahami karena mengisahkan puteri raja.
B. Adanya
kemustahilan cerita yaitu putri raja diusir dari istana.
C. Cerita
mengisahkan kehidupan puteri raja yang diusir dari istana.
D. Penggunaan
kata ”Maka” di awal kalimat dan kata ganti ”hamba.”
E. Isi
cerita pada umunya berupa nasihat untuk para pembaca.
15. Nilai
moral yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut adalah … .
A.
Menjaga dan melindungi
adiknya dengan berupaya memberikan makanan.
B.
Kakak yang patuh
dan selalu ingin hidup berdampingan dengan saudaranya.
C.
Tidak melakukan perbuatan yang mengganggu ketenangan
masyarakat.
D.
Memandikan adik
setiap hari sebelum mengajak bermain di tepi pantai .
E.
Percaya terhadap
adanya kesaktian yang dimiliki oleh raja-raja jin.
Kutipan
berikut untuk menjawab soal nomor 16 s.d. 18
(1) ”Yuk...mari kita kemon, gue
di depan, abis itu Riani, Dinda, Ian, Zafran, dan terakhir Rambo...oke?”
(2) ”Siip!” Arial memberikan senyum mantapnya ke Genta yang sedikit
membuat semangat dalam diri Genta.
”Yuk berangkat.”
(3) ”Inget...jangan bengong, jangan sombong, interval masing-masing
dua meter, jangan lebih,” Genta kembali mengingatkan, dilanjutkan dengan
menganyun melangkah tanpa menengok ke belakang lagi.
(4) Riani sedikit bertatapan dengan Zafran. Mata Riani memberikan
lirikan dan tolehan yang menunjuk ke Genta, yang ditangkap sebagai ”kenapa
dia?”
”Iya, nggak biasanya...,” jawab Zafran pendek
dan pelan.
(5) Rombongan itu mulai memasuki hutan yang mulai menggelap, sinar
matahari selepas siang seperti enggan menembus dedaunan lebat. (6) Genta terus berjalan di depan, terus mencoba fokus ke jalan setapak
dan kompas yang dipegangnya. (7) Sesekali ia menengok ke
belakang, melihat apakah teman-temannya masih lengkap. (8) Riani, Dinda, Ian, Zafran, Arial. (9) Dicermatinya mereka
berulang-ulang
(5 cm, Donny Dhirgantoro)
|
16. Watak
tokoh Genta berdasarkan kutipan novel tersebut adalah …
A. peduli
B. tegas
C. ramah
D. egois
E. sombong
17. Pendeskripsian
watak tokoh Genta diungkapkan melalui …
A. perilaku
tokoh
B. dialog
tokoh
C. lukisan
tempat tinggal tokoh
D. jalan
pikiran tokoh
E. tuturan
langsung pengarang
18. Kalimat
pembuktian latar tempat dalam kutipan
tersebut terdapat pada kalimat
…
A. (1)
B. (3)
C. (5)
D. (7)
E.
(9)
Kutipan berikut
untuk menjawab soal nomor 19 dan 20.
”Adakah yang hendak kau bicarakan dengan daku, Zul? Ceritakanlah.” Perkataan Wartini menambah semangatku untuk meguraikan segala-galanya kepadanya. Begitulah kami termenung keduanya, setelah kuceritakan bahwa Syamsu, adikku hendak pindah dari Shonanto ke Jakarta dan hendak tinggal bersama kami. Kuterangkan pula, bahwa aku tak dapat menolak. Jika kutolak aku dipandang rendah oleh orang kampungku. Wartini pun mengerti tentang hal itu. Dan tentang bahayanya Syamsu tinggal bersama kami, terus terang pula kuuraikan kepada Wartini.”Takutmu terlalu berlebih-lebihan, Zul. Aku cinta kepadamu. Syamsu hanya teman mainku di waktu kecil. Cinta demikin tak masuk dalam hatiku. Cinta monyet, kata orang.” (Idrus, Ave Maria) |
19. Konflik yang tokoh Zul dalam kutipan tersebut adalah ...
A.
Kekhawatiran atas
keutuhan rumah tangganya.
B.
Berusaha untuk
menolak kedatangan adiknya.
C.
Penyesalan karena
adiknya tinggal bersama.
D.
Takut orang kampung
tidak menyayanginya.
E.
Merenungi perbuatan
yang telah dilakukannya.
20.
Keterkaitan watak tokoh Wartini dengan kehidupan
masa kini adalah ...
A.
Waspada terhadap
hal yang mengganggu rumah tangga.
B.
Berterus terang
mengungkapkan isi hati kepada suami.
C.
Kekhawatiran tidak
diakui oleh keluarga di kampung.
D.
Menceritakan
sesuatu yang hendaknya kita kerjakan.
E.
Berusaha memaksakan
kehendak kepada orang lain.
Cermati kutipan naskah drama berikut untuk menjawab soal
nomor 21 dan 22!
Jambu : ”Jauhkan baginda dari Ratu Kenari. Usul-usulnya serba tidak masuk akal dan melemahkan semangat Baginda.”Dara : ”Saran anda sangat perlu saya perhatikanReso : ”Cukup! Sekarang, silahkan Anda berempat pulang. Istri Anda akan segera kami susulkan.”Bambu : ”Baik. Kami akan pulang tetapi berjanjilah bahwa Anda tidak akan terlambat mengambil tindakan untuk membela keutuhan kerajaan.”Sumbu : ”Keutuhan kerajaan tidak bisa dikorbankan begitu saja. Kami mohon, jangan Anda berdiam diri di dalam hal ini.”Lembu : ”Sedikit saja ada kelemahan di dalam wilayah kerajaan, orang Portugis.” |
21. Watak
tokoh Sumbu berdasarkan kutipan
naskah drama tersebut adalah ...
A. tegas
B. egois
C. patuh
D. penakut
E.
peduli
22. Konflik
pada tokoh Bambu dalam kutipan naskah
drama tersebut adalah ...
A.
Keinginan untuk
segera meninggalkan kerajaan .
B.
Tidak percaya
terhadap usul yang diberikan teman.
C.
Keinginan untuk
memisahkan Ratu dan Baginda.
D.
Terlalu banyak
saran yang harus dipertimbangkan.
E.
Khawatir akan
keutuhan sebuah kerajaan.
Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 23 s.d. 25
SELAMAT TINGGAL
Aku berkaca
ini muka penuh luka
Siapa punya? Kudengar seru menderu dalam hatiku? Apa hanya angin lalu?
Lagu
lain pula
Menggelepar
tengah malam buta
Ah…??
Segala
menebal, segala mengental
Segala tak kukenal…!!
Selamat tinggal...!!
Chairil
Anwar
|
23.
Makna lambang kata yang dicetak tebal dalam
puisi tersebut adalah …
A. gambaran
B. tampilan
C. kehidupan
D. badan
E. wajah
24.
Suasana dalam puisi
tersebut adalah ...
A. bimbang
B. sedih
C. cemas
D. kecewa
E. sendu
25.
Maksud isi larik yang
bercetak miring dalam puisi tersebut adalah ...
A. kematian terasa begitu dekat bagi kaum tua
B. penderitaan yang tidak pernah berakhir
C. kehidupan di dunia yang fana dan sementara
D. suasana duka mencekam pada malam hari
E. semua diam saat angin berlalu
26.
Cermati pantun berikut!
Pisang
emas bawa berlayar
Masak
sebiji di atas peti
Utang
emas dapat dibayar
Utang
budi dibawa mati
|
Maksud isi
pantun tersebut adalah ...
A. Utang-piutang
dalam hidup itu hal yang biasa.
B. Utang
budi akan terbayar jika sudah mati.
C. Utang
materi dapat dibayar selagi masih hidup.
D. Utang
budi tidak dapat dibayar dengan materi.
E. Emas
adalah harta yang paling berharga.
27.
Cermati gurindam
berikut!
Keaiban orang jangan dibukaKeaiban sendiri hendaklah sangka |
Maksud isi
gurindam tersebut adalah ...
A. Tidak baik membicarakan kesalahan orang lain didepan umum.
B. Tidak baik membuka kesalahan diri sendiri dan usahakan memperbaikinya.
C. Lebih baik mengoreksi diri sendiri daripada membicarakan kesalahan orang lain.
D. Hindarkan sifat ingin mengetahui kesalahan orang lain.
E. Kejelekan diri sendiri tidak pantas dibicarakan dengan orang lain.
28. Bacalah puisi
kontemporer berikut!
Shang Hai
ping di atas pong
pong di atas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping
kutak punya ping
kutak punya pong
pinggir ping kumau pong
tak tak bilang ping
pinggir pong kumau ping
tak tak bilang pong
sembilu jarakMu merancap nyaring
Sutadji Calzoum Bachri, 1973
|
Ciri yang
dominan dalam puisi kontemporer tersebut adalah ….
A. menggunakan
simbol-simbol
B. mengutamakan tipografik/bentuk
C. menggunakan
idiom inkonvensional
D. mengungkapkan
kritik sosial
E. mementingkan
unsur bunyi
29. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Siapkan wadah yang bersih lalu
taburkan ragi sesuai takaran!
(2) Kupas kulit
luar sampai kulit ari ubi!
(3) Bungkus
atau tutup wadah dan tunggu selarna tiga hari!
(4) Pilihlah
ubi kayu yang berkualitas baik!
(5) Lalu, bersihkan, potong-potong
sesuai selera, dan kukuslah ubi!
|
Susunan
kalimat yang tepat menjadi paragraf ekspositoris proses tersebut adalah ….
A.
(2), (4), (1), (3), dan (5)
B.
(3), (1), (2), (4), dan (5)
C.
(3), (5), (2), (3), dan (1)
D.
(3), (2), (5), (1), dan (4)
E.
(4), (2), (5), (1), dan (3)
30. Cermati paragraf berikut!
Selama Pekan Rakyat Jakarta yang
diselenggarakan oleh Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Jakarta, berlangsung di Jakarta Convention Centre,
pedagang beras memberi potongan harga sebesar
20%. Pedagang buah memberi diskon 15%. Diskon 15% persen juga
diberikan oleh pedagang sayuran. Pedagang makanan memberi diskon 20%. Hampir
85% peserta pameran memberikan harga 10% di bawah harga umum. . . .
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi
tersebut adalah ...
A.
Jadi, sebaiknya
kita menyempatkan diri untuk
mengunjungi pameran tersebut.
B.
Dapat disimpulkan,
bahwa harga bahan pokok pada pameran tersebut tidak sama.
C.
Dengan demikian,
semua harga di pameran tersebut terjangkau oleh masyarakat.
D.
Maka, masyarakat
senang berbelanja karena potongan
harganya mencapai 20%.
E. Jadi, pada umumnya pedagang di
pameran tersebut memberikan potongan harga.
31. Cermati silogisme berikut!
Premis Umum : Semua siswa kelas XII mempersiapkan
diri secara maksimal untuk
menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan
tinggi.
Premis Khusus : Agung siswa kelas XII.
Simpulan : Agung mempersiapkan diri secara
maksimal untuk menghadapi
UN dan ujian
masuk ke perguruan tinggi.
|
Kalimat entimem berdasarkan silogisme
tersebut adalah …
A.
Agung siswa kelas XII mempersiapkan
diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi
karena ia ingin nilai yang baik.
B.
Semua siswa kelas XII mempersiapkan
diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi
karena mereka ingin lulus.
C.
Agung mempersiapkan diri secara maksimal untuk
menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi karena ia siswa kelas
XII.
D.
Agung siswa kelas XII mempersiapkan
diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan masuk ke perguruan tinggi karena
ia ingin lulus.
E.
Semua siswa kelas XII mempersiapkan
diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi
termasuk Agung.
32.
Bacalah kutipan berikut dengan
saksama!
Seseorang yang
kurang pandai dalam belajar, tetapi memiliki kemauan ingin pandai, dia akan
berusaha belajar. Sedikit demi sedikit dan bertahap, dia mencoba
mempelajari apa yang tidak dikuasainya sesuai dengan batas kesanggupan
berpikirnya. Hal ini dilakukannya berkali-kali dan berkesinambungan. Akan
tetapi, jangan dipaksakan karena mengalami kejenuhan dan menimbulkan
kepusingan, bahkan sakit. Berkat kesabaran dan kesungguhan, dia pun menjadi
pintar sama halnya dengan mengasah pisau yang tumpul. Bila menginginkan
pisau itu tajam, harus diasah. Mengasahnya perlahan-lahan dan
dirasa-rasakan ketajamannya sesuai dengan kualitas besi dan bahan pisau
tersebut. Artinya, jangan dipaksakan mengasahnya untuk cepat tajam. Pisau
itu diasah secara perlahan-lahan. Akhirnya, pisau menjadi tajam sesuai
dengan keinginan dan kegunaannya. …
|
Kalimat simpulan yang tepat untuk
melengkapi paragraf analogi tersebut adalah …
A. Jadi, belajar itu sangat mudah
dilakukan oleh siapa saja sama dengan mengasah pisau
sangat mudah dilakukan oleh siapa
saja asal ada yang akan disahkan dan orang yang akan
mengasah pisau.
B. Dengan demikian, seseorang yang
kurang pandai dapat menjadi pandai bila dia belajar
secara kontinu seperti sebuah pisau
tumpul apabila diasah perlahan-lahan akan menjadi
tajam.
C. Betapa sulitnya belajar itu dilakukan
oleh seseorang karena harus menyusun kiat-kiat
yang telah direncanakan sedemikian
rupa sehingga yang ingin belajar menerapkan kiat-
kiat tersebut.
D. Dengan demikian, sebuah pisau tumpul
apabila diasah terus-menerus akan menjadi tajam
laksana seseorang yang kurang
pandai dapat menjadi pandai bila dia belajar secara terus-
menerus.
E. Artinya, mengasah pisau yang tumpul
tidak bisa dilakukan secara cepat-cepat kalau
seseorang menginginkan kualitas
pisau yang diasah tersebut ketajamannya baik dan dapat
digunakan.
33. Cermati paragraf berikut!
Kebanyakan
gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan
yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian
membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak
dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan…
|
Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
A. Pada saat
itulah gempa bumi akan terjadi.
B. Gempa bumi
biasanya terjadi di perbatasan lempengan tersebut.
E. Beberapa
gempa bumi juga terjadi karena
menumpuknya massa air yang sangat besar
34. Cermati naskah
pidato berikut!
Saudara-saudara yang saya hormati, pembangunan agribisnis merupakan paradigma pembangunan pertanian yang didasarkan pada prinsip-prinsip bisnis. Dengan demikian, secara otomatis, strategi ini dibangun mempertimbangkan dinamika untuk meningkatkan daya saing agribisnis dalam perdagangan global. Upaya pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan akses para pelaku agribisnis pada pasar, baik pasar domestik maupun pasar global. ... |
Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato
tersebut adalah ...
A. Sudah semestinya
upaya meningkatkan kemampuan para pelaku agribisnis untuk
mengidentifikasi
peluang pasar dan menganalisis dinamika permintaan pasar.
B. Untuk itu,
diperlukan langkah-langkah bersama
antara pemerintah dan
pengusaha agro,
lembaga terkait, dan masyarakat untuk lebih meningkatkan kinerja.
C. Namun demikian,
tantangan yang dihadapi dalara pembangunan wisata agro
sangat besar terutama kesiapan SDM, promosi dan dukungan prasarana.
D. Agrowisata
merupakan salah satu usaha
agribisnis yang prospektif untuk
dikembangkan
sesuai dengan peranannya dalam pembangunan ekonomi.
E. Kondisi perekonomian dan persaingan global
yang semakin kompleks menuntut
kreativitas
pengembangan usaha yang kompetitif.
35.
Cermati paragraf berikut!
Ibu guru selalu bilang,
semua siswa tidak boleh mensontek
pekerjaan teman. Jika ketahuan, ibu guru akan memberikan sangsi kepada siswa tersebut.
|
Perbaikan kata tidak baku yang dicetak tebal dalam paragraf tersebut adalah ....
A.
mengomentari, mencontek, sanksi
B.
mengatakan, menyontek, sanksi
C.
memberitahukan, mencontek, hukuman
D.
mengatakan, mencontek, sanksi
E.
memberitahukan, mencontek, sanksi
36. Cermati paragraf rumpang berikut!
Suasana di desa sangat
menyenangkan, tenang, dan menenteramkan. Hal itu terwujud karena di desa
jarang terdengar suara kendaraan bermotor maupun suara orang lalu lalang. Hanya ada
suara gerobak berisi rumput makanan sapi. ...
terdengar suara burung ... . Buat kita yang cerewet biasanya
mengecilkan volume suara saat bercanda dengan teman. Bahkan, di desa tidak
ada orang yang ... berlebihan. Kehidupan di desa memang sangat sederhana dan
tidak berlebih-lebihan.
|
Kata ulang yang tepat untuk
melengkapi paragraf tersebut adalah … .
A.
sesekali, bersahut-sahutan,
tertawa-tawa
B.
sekali-kali, bersahut-sahutan,
tertawa-tawa
C. sekali-kali,
sahut-sahutan, tertawa-tawa
D. berulang-kali,
bersahut-sahutan, tertawa-tawa
E.
berkali-kali, bersahut-sahutan,
tertawa-tertawa
37. Cermati paragraf rumpang
berikut!
Manfaat
membaca ternyata belum … oleh sebagian masyarakat kita. Padahal, membaca
merupakan jendela untuk … wawasan, menyerap informasi, dan mempertajam nalar
kita. Itulah sebabnya kegiatan membaca harus dimulai sejak usia dini yang
diawali dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Gemar membaca
harus … di berbagai kalangan sehingga membaca dijadikan sebagai kebutuhan
hidup sehari-hari.
|
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.
dirasa, ditambah, ditumbuhkembangkan
B.
dirasakan, menambah,
ditumbuhkembangkan
C.
dirasakan, bertambah, ditumbuh
kembangkan
D.
merasa, menambah, ditumbuhkembangkan
E.
merasakan, bertambah, ditumbuh kembangkan
38. Cermati paragraf rumpang berikut!
Akhir-akhir ini aksi pedagang beras yang
curang mulai meresahkan masyarakat. Pemerintah perlu memperketat pengawasan
terhadap peredaran dan perdagangan beras di pasaran. Namun, masyarakat
sebagai konsumen juga tidak boleh hanya ... menghadapi kondisi ini, tetapi
harus cerdas dalam memilih kualitas beras yang baik sebagai upaya
menghentikan kecurangan tersebut.
|
Ungkapan yang tepat
untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A.
bermuka dua
B.
tebal telinga
C.
tangan kanan
D.
mengambinghitamkan
E.
berpangku tangan
39. Cermati paragraf rumpang berikut!
Hati kita sangat sedih,
perasaan pun sangat berat dan iba bila teringat saudara-saudara yang terkena
bencana Gunung Sinabung dan Gunung Kelud. Kita tidak akan dapat meringankan
perasaan saudara-saudara itu sekalipun telah
memberi sumbangan kepada mereka. Ibarat peribahasa …
|
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Janganlah bergantung pada akar
lapuk.
B. Hari baik dibuang-buang, hari buruk
dikejar-kejar.
C. Hati gajah sama dilapah, hati kuman
sama dicacah.
D. Seberat-berat mata memandang lebih
berat bahu memikul.
E. Kalah jadi abu menang jadi arang.
40. Cermati paragraf
berikut!
Ompi terduduk di kursi.
Matanya cemerlang memandang. Tangannya diulurkannya kepadaku meminta telegram
itu. Aku merasa ngeri memberikannya. Tapi aku tak bisa
berbuat
lain. Telegram itu kusodorkan ke tangannya. Telegram itu dibuangnya ke luar
jendela. Lalu didekapkannya ke dadanya. "Datang juga apa yang
kunantikan,"
katanya.
Anak
Kebanggaan,
A. A. Navis
|
Kalimat yang tepat untuk menggantikan
kalimat yang dicetak miring pada kutipan
tersebut adalah...
A. Telegram itu
digenggamnya erat.
B. Tangannya
terjulur lemah.
C. Telegram itu
jatuh melayang-layang.
D. Mataku
memandangi telegram itu.
E.
Aku membacakan isi telegram itu.
41. Cermati paragraf
berikut!
Berbuka puasa merupakan hal
yang sangat dinantikan bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa. Terlebih
bagi anak – anak karena yang baru belajar berpuasa. Makanan yang disajikan di
meja makan sangat menggugah selera, namun ditambah dengan aneka makanan dan minuman khas Ramadhan yang
bervariasi. Dan pada akhirnya,
tidak semua makanan mampu dihabiskan saat berbuka puasa.
|
Perbaikan kata penghubung yang
tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A. dan, sehingga, tetapi
B. serta, apalagi, meskipun
C. dan, apalagi, namun
D. atau, jika, malahan
E. sebab, tetapi,
walaupun
42. Cermati kutipan
berikut!
Kekuatan terbesar ekonomi
Indonesia tidak hanya berupa export yang didukung oleh kekuatan
tenaga kerja dan komoditi, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan
jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi
yang sedemikian besar, para inves asing mengharapkan makin
banyak pilihan investasi di Indonesia. Hal itu tentu merupakan peluang dan
tantangan bagi Indonesia. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infra
struktural perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk
menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.
|
Istilah yang
tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah … .
A. eskport,
investasi, instruktur
B. modifikasi,
instrument, material
C. akomodasi, industri,
instruksi
D. akomodatif,
industrialisasi, infra struktur
E. ekspor,
investor, infrastruktur
43. Cermati iklan berikut!
LOWONGAN KERJA
Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa membutuhkan
seorang tenaga sekretaris, dengan persyaratan; minimal SMA, usia
maksimal 25 tahun, mahir berbahasa
Inggris, dan komputer.
Lamaran ditujukan ke
PT Anugrah, Jalan Proklamasi 11, Jakarta
(Angkasa , 5 Maret 2014)
|
Kalimat
pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan tersebut adalah
… .
A. Sesuai iklan di Angkasa, 5 Maret 2014 oleh sebab itu saya tertarik bekerja di perusahaan yang
Saudara, mudah-mudahan Bapak dapat memperkerjakan saya.
B. Berdasarkan iklan
yang dimuat di harian Angkasa, 5 Maret 2014, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan yang
Saudara pimpin.
C. Karena saya telah berpengalaman sebagai sekretaris, saya sangat
berminat mengisi lowongan kerja di perusahaan saudara.
D. Dengan ini saya ingin ajukan lamaran
kerja di perusahaan Saudara untuk mengisi lowongan sebagai tenaga sekretaris sesuai iklan di angkasa, 5 Maretl 2014.
E.
Dengan membaca iklan yang dimuat Angkasa, 5 Maret 2014, saya segera mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan Saudara dengan
harapan diterima.
44. Cermati ilustrasi berikut!
Sehubungan dengan persiapan Ujian
Nasional kelas XII SMA Cendekia, kami mengundang Bapak/Ibu orang tua siswa untuk
menghadiri rapat yang diadakan pada,
|
Penulisan
pemerian yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah ....
A. hari, tanggal
: Selasa, 4 Maret 2014
pukul : 10.00- 12.00 WIB
tempat : Aula
SMA Cendekia
acara : Sosialisasi
UN
B. Hari, Tanggal :
Selasa, 4 Maret 2014
Pukul :
10.00-12.00 WIB
Tempat : Aula
SMA Cendekia
Acara : Sosialisasi
UN
C. hari, tanggal :
Selasa, 4 Maret 2014
Pukul :
10.00-12.00 WIB
tempat : AULA
SMA CENDEKIA
acara : Sosialisasi
UN
D. HARI, TANGGAL : Selasa, 4 Maret 2014
Pukul :
10.00-12.00 WIB
Tempat : Aula
SMA CENDEKIA
Acara : Sosialisasi
UN
E. Hari/tanggal :
Selasa/ 4 Maret 2014
Pukul :
10.00-12.00 WIB
Tempat : Aula
SMA Cendekia
Acara : Sosialisasi
UN
45. Cermati judul karya tulis
berikut!
pembinaan
minat baca dan tulis bagi siswa sekolah menengah atas
|
Penulisan judul
yang sesuai dengan EYD adalah
… .
A. Pembinaan minat baca dan tulis bagi siswa sekolah menengah
atas
B. Pembinaan minat baca dan tulis bagi siswa Sekolah Menengah
Atas
C. Pembinaan Minat Baca Dan Tulis Bagi Siswa Sekolah Menengah
Atas
D. Pembinaan Minat Baca dan Tulis bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
E.
Pembinaan Minat Baca dan Tulis Bagi
Siswa Sekolah Menengah Atas
46. Cermati topik karya tulis
berikut!
Topik : Budidaya Tanaman Anggrek
|
Kalimat latar
belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah …
A.
Bunga anggrek dapat bertahan lebih
lama daripada bunga yang lainnya,
B.
Warna bunga anggrek bermacam-macam
sehingga dapat memikat wisatawan.
C.
Penanaman bunga anggrek tidak
memerlukan banyak media dan lahan.
D.
Masih banyak orang yang belum tahu
bahwa anggrek memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.
E.
Tanaman anggrek dapat tumbuh di mana
saja dan tidak memerlukan perawatan secara khusus.
47. Cermati topik karya tulis
berikut!
Topik : Pemanfaatan sampah
organik menjadi pupuk siap pakai
|
Kalimat rumusan tujuan yang
sesuai dengan topik tersebut adalah ... .
A. menjelaskan manfaat mengolah sampah organik
menjadi pupuk siap pakai
B. memberitahukan agar masyarakat rnengolah
sampah menjadi pupuk
C. mendeskripsikan pengolahan sampah organik
menjadi pupuk
D. agar lingkungan terbebas dari sampah yang
berbau busuk
E. menjelaskan cara mengolah sampah organik
menjadi pupuk
48. Cermati
puisi berikut!
HUTAN KELABU
Kau pun kekasihku
Langit di mana berakhir setiap pandangan
Bermula kepedihan rindu ini
Temaram kepadaku semata
Memutih dari seribu warna
...
Lalu kelabu menabuh nyanyian
(Sapardi Djoko Damono)
|
Larik
bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A.
Awan hitam mulai terlihat
B.
Udara desa terasa sejuk
C.
Hujan senandung dalam hutan
D.
Menjadi lukisan mewah
E.
Cahaya dari sinar matahari
49. Cermati naskah drama berikut!
Laura : Ya, kau masih dua puluh tahun (la duduk di
bangku belakang). Aku merasa
lebih letih
daripada biasanya (Melihat Petra yang nampak tak sabar),
pergilah kalau
kau ingin ngobrol dengan tukang kebunmu!
Petra : Dia bukan tukang kebunku, Senora, dia
tukang kebun taman ini!
Laura : Dia lebih tepat disebut milikmu daripada
milik taman ini. Cari saja dia.
Tapi jangan
sampai terlalu jauh hingga tak kau dengar panggilanku.
Petra : Saya sudah melihatnya di sana, menanti.
Laura : Pergilah, tapi jangan lebih dari sepuluh
menit.
Petra : Baik, Senora (Berjalan ke kanan)
Laiira: Hei, nanti dulu !
Petra : Ada apa lagi, Senora?
Laura:
Berikan remah-remah itu !
Petra : Ah
pelupa benar aku ini !
Laura:
....
Pagi Bening, Terjemahan
Sapardi Djoko Darmono
|
Kalimat dialog
yang menggambarkan sifat bijak (baik hati) Laura, untuk melengkapi teks drama
yang rumpang adalah ...
A.
Ah, kau memang
kejam, Petra! (sambil tersenyum)
B.
(Melotof)
Engkau tidak becus, kerja selalu salah.
C.
(Acuh
tak acuh) Pikiranmu ke mana saja ? Jangan nyasar!
D.
(Senyum)
Aku tahu! Pikiranmu sudah lekat ke tukang kebun itu kan?
E.
(Terbahak-bahak)
Ah, aku lupa lagi, lupa lagi, rindu berat rupanya.
50. Perhatikan ilustrasi berikut dengan saksama!
Buku ”Dari Buku ke Buku, Sambung
Menyambung Menjadi Satu” yang ditulis oleh P. Swantoro termasuk buku
sejarah walaupun temanya beraneka ragam. Pembaca akan mendapatkan informasi
tentang sejarah tersebut.
|
Kalimat
resensi yang mengungkapkan keunggulan buku sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah ...
A. Fakta sejarah akan ditemukan dalam membaca
buku ”Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu”.
B. Dengan membaca buku ini secara cermat,
para pembaca akan terbantu dalam mendapatkan informasi tentang sejarah.
C. Buku sejarah yang ditulis P. Swantoro ini
mengajak para pembaca untuk memahami fakta sejarah pada setiap periode.
D. Banyak Fakta sejarah yang ditulis P.
Swantoro yang kurang dikenal pada masyarakat Indonesia.
E. Buku ”Dari Buku ke Buku, Sambung
Menyambung Menjadi Satu” yang ditulis oleh P. Swantoro sangat bermanfaat.