1.
Cermatilah Paragraf berikut!
www.pixabay.com |
1) Awal musim penghujan di Kabupaten Gunung Kidul,
Yogyakarta, diwarnai dengan angina kencang. 2) Akibatnya, dua rumah rusak. 3)
Kejadian pertama rumah roboh di Dusun Mokol, Desa Selang, Kecamatan Wonosari. Rumah
tersebut milik Fransiscus Tri Sudarmanto. 4) Pemilik rumah, Sudarmanto,
menyampaikan peristiwa itu bermula saat hujan deras yang turun sekitar pukul
14.00 WIB. 5) Tiba-tiba angina kencang dating dari arah utara dan dalam sekejap
rumahnya roboh.
Kata rujukan itu pada kalimat angka 4) mengacu pada ….
A.
Musim hujan
B. Rumah roboh
C.
Angina kencang
D.
Hujan deras
E.
Pemilik rumah
2.
Cermati teks berikut!
Bagi guru, tugasnya yang esensial di tahun-tahun
politik ini ialah menebar wacana yang reflektif, bukan provokasi yang reaktif. Guru
juga harus melahir-hadirkan pemikiran yang teduh, bukan suasana belajar yang
riuh. Bila memahami tugas-tugas itu dengan baik, niscaya pesreta didik akan
memiliki kedalaman berpikir. Selain itu, peserta didik tidak mudah terjebak
pada ajakan dan ajakan provokatif bebralut kebencian yang berpotensi memecah
belah kerukunan.
Pandangan oenulis berdasarkan paragraph tersebut
adalah ….
A.
Sebagai pahlawan masa kini, guru harus berpikir
kritis dalam menyampaikan ajaran terutama dalam tahun-tahun politik agar
peserta didik terprovokasi dan berpotensi memecah belah kerukunan.
B. Guru harus memahami tugasnya dengan baik
pada tahun-tahun politik ini sehingga peserta didik memiliki kedalaman berpikir
dan tidak mudah terpengaruh ajaran provokatif yang dapat memecah belah
kerukunan.
C.
Peserta didik harus mawas diri dan kritis dalam
menyaring semua informasi yang disampaikan oleh orang lain sehingga akan
terjerumus dalam ajaran yang bersifat memecah belah krukunan.
D.
Guru harus melahirkan pemikiran yang teduh,
bukan suasana belajar yang riuh dalam menyampaikan pembelajaran di dalam kelas
sehingga peserta dididk dapat memahami materi pelajaran yang disampaikan.
E.
Guru harus memberikanajaran kepada peserta didik
agar dapat memahami bahwa suatu perbedaan tidak dapat terelakkan sehingga
pemahaman kebenaran hanya dapat diperjuangkan secara intoleran.
3.
Cermati kedua teks berikut!
Teks I
Wilayah Mamasa, Sulawesi Barat dalam sepekan terakhir
diguncang gempa tektonik yang beruntun. Hingga hari ini Jumat, 9 November 2018,
aktivitas gempa masih terjadi. Berdasarkan data monitoring BMKG, totqal
aktivitas gempa Mamasa selama enam hari sejak 3 November 2018 tercatat 217
gempa. Sebanyak 39 gempa di antaranya merupakan gempa yang guncangannya
dirasakan oleh masyarakat.
Teks II
Sabtu, 3 November 2018 telah terjadi lima gempa bumi
di wilayah Sulawesi. Gempa pertama dirasakan oleh warga Poso dan Palu, Sulawesi
Tengah. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengemukakan pusat
gempa berada di darat, tepatnya 37 kilometer barat laut Poso. Sementara itu,
titik hiposenternya berada pada kedalaman sepuluh kilometer.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah …
A. Teks I diawali unsur di mana, sedangkan
Teks II diawali unsur kapan.
B.
Teks I diawali unsur siapa, sedangkan Teks II
diawali unsur kapan.
C.
Teks I diawali unsur di mana, sedangkan Teks II
diawali unsur apa.
D.
Teks I diawali unsur apa, sedangkan Teks II
diawali unsur mengapa.
E.
Teks I diawali unsur kapan, sedangkan Teks II
diawali unsur di mana.
4.
Bacalah kutipan puisi berikut!
Sepanjang Jalur Hitam
Sepanjang jalur hitam 1)
Ada penyesalan diri 2)
Entah terpaksa atau dipaksa 3)
Oleh keadaan
Kini tinggal sepercik pengharapan 4)
Untuk bertaubat kepada-Nya 5)
Belumlah terlambat
….
Larik yang menyimbolkan jalur hidup yang suram
terdapat pada larik angka ….
A. 1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
E.
5)
Baca juga:
try-out
soal-to-bahasa-indonesia-sma
soal-dan-jawaban-to-bahasa-indonesia-sma
soal-bahasa-indonesia-sma-dan-kunci