Rubrik Penilaian Berpidato
Komponen
Penilaian
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Kesiapan
|
Siswa menunjukkan kesiapan tampil
|
Siswa tampak cukup siap tampil dan
sepertinya masih perlu berlatih
|
Siswa tampak cukup siap tampil dan
sepertinya masih perlu banyak berlatih
|
Siswa tampak tidak siap
|
Kejelasan
|
Siswa berbicara dengan jelas, tidak ada
kesalahan pengucapan
|
Siswa berbicara dengan jelas, ada
kesalahan pengucapan 1 kata
|
Siswa berbicara dengan jelas, ada
kesalahan pengucapan lebih dari satu kata
|
Siswa berbicara dengan tidak jelas atau
tidak dapat dimengerti, atau kesalahan pengucapan kata banyak sekali
|
Isi
|
Siswa menunjukkan pemahaman yang sangat
baik tentang topic
|
Siswa menunjukkan pemahaman yang baik
tentang topic
|
Siswa menunjukkan pemahaman yang baik
pada beberapa bagian topic
|
Siswa menunjukkan pemahamanyang buruk
tentang topic
|
Volume suara
|
Seluruh pengucapan sangat keras
sehingga dapat didengar dengan jelas oleh seluruh pendengar
|
Bicara cukup keras sehingga dapat
didengar dengan jelas oleh paling tidak 90 % pendengar
|
Berbicara cukup keras sehingga dapat
didengar dengan jelas oleh paling tidak 80 % pendengar
|
Berbicara seirngkali terlalu pelan
volumenya sehingga kurang dapat didengar oleh banyak pendengar
|
Posisi tubuh dan Kontak
pandang
|
Berdiri tegak tampak percaya diri dan
rileks, melakukan kontak pandang seluruh pendengar
|
Berdiri tegak, melakukan kontak pandang
dengan seluruh pendengar
|
Kadang-kadang tidak berdiri dengan
tegak dan melakukan kontak pandang dengan pendengar
|
Tampak gelisah dan tidak melakukan
kontak pandang dengan pendengar
|
Jeda
|
Memberikan jeda pada saat yang tepat sebanyak
2 kali atau lebih untuk memberikan efek dramatis atau meningkatkan
penghayatan
|
Memberikan jeda pada saat yang tepat
sebanyak 1 kali sepanjang pidato untuk memberikan efek dramatis
|
Memberikan jeda pada saat berbicara
tetapi belum dapat memberikan efek dramatis dan penghayatan
|
Jeda sepertinya tidak digunakan sama
sekali
|
Waktu/durasi
|
Penampilan 3 sampai 5 menit
|
-
|
-
|
Pidato kurang dari 3 menit atai lebih
dari 5 menit
|
Mendengarkan penampilan teman sekelas
|
Mendengarkan dengan baik dan tidak
membuat gerakan atau suara berisik yang mengganggu temannya yang sedang
tampil
|
Mendengarkan dengan baik tetapi membuat
gerakan atau suara-suara berisik yang mengganggu temannya yang sedang tampil
|
Kadang-kadang tampak tidak mendengarkan
dengan baik, tetapi tidak membuat suara atau geraka-gerakan yang- membuat
berisik
|
Kadang-kadang tampak tidak mendengarkan
dengan baik dan membuat suara atau gerakan-gerakan yang membuat berisik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar