Kategori

2018/06/04

SOAL TEKS NARASI PG

SOAL PILIHAN GANDA TEKS NARASI

22. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Beberapa cerpen karangan Seno Gumira Ajidarma menggunakan pola dongeng. Pola dongeng tampak
jelas pada peristiwa yang muncul, berkisar pada hal-hal yang bersifat khayal atau luar biasa. Penanda
lainnya adalah pada awal cerpen selalu ditandai oleh seorang tokoh yang meminta tokoh lain
bercerita kepadanya tentang tema tertentu, kemudian juru cerita mulai mendongeng sesuai dengan
tema yang diminta. Cerpen pun selalu diawali dengan kalimat pembuka yang mirip awal dongeng
untuk anak-anak, misalnya “Pada suatu hari ….”
Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. terletak pada kalimat 1
B. terletak pada kalimat 2
C. terletak pada kalimat 3
D. terletak pada kalimat 4
E. tidak memiliki ide pokok

23. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Cara pengolahan minyak bekas sama dengan cara pengolahan minyak mentah. Penyaringan minyak
bekas memisahkan kotoran-kotoran, destilasi menghilangkan air, sedang asam belerang membuang
sisa kotoran. Proses ini dilakukan untuk mengembalikan warna minyak, sedang destilasi ulang
membuat minyak seperti minyak baru. Hasilnya tidak berbeda sifatnya dengan minyak murni. Bahkan
para pengolah mengatakan bahwa minyak yang sudah digodok dalam motor akan lebih stabil kalau
panas.
Pikiran utama di dalam paragraf di atas adalah ...
A. Minyak yang sudah digodok dalam motor akan lebih stabil kalau panas.
B. Belerang membuang sisa kotoran pada minyak.
C. Minyak bekas jika disaring sama dengan minyak murni
D. Destilasi ulang membuat minyak bekas sama dengan minyak murni.
E. Persamaan cara pengolahan minyak bekas dan minyak mentah.

24. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Membaca merupakan kunci keberhasilan masyarakat dalam menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi. Minat baca akan tumbuh dan berkembang melalui kebiasaan membaca yang dibentuk
dalam lingkungan sekolah atau pun lingkungan masyarakat dan keluarga. Ketika Human
Development Index (HDI) Indonesia berada pada peringkat 102 dari 162 negara urutan nomor 111
dari 175 negara pada tahun 2004, tentu tidak dapat dilepaskan dari rendahnya mutu SDM. Untuk
meningkatkan mutu SDM, tentu penggairahan minat baca perlu digencarkan. Minat baca mesti
ditumbuhkembangkan mulai sejak dini.
Simpulan dari paragraf di atas adalah …
A. Minat baca masyarakat Indonesia masih kurang.
B. Membaca dapat meningkatkan mutu SDM Indonesia.
C. Minat baca dimulai dari lingkungan keluarga.
D. Membaca merupakan kunci keberhasilan masyarakat dalam menguasai ilmu pengetahuan dan
teknologi.
E. Minat baca perlu ditumbuhkankembangkan sejak dini.

25. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Publikasi ilmiah-populer jelas bukan ditujukan untuk kalangan pembaca yang perlu tahu secara detail
tentang segala hal yang berkenaan dengan topik yang dibahas. Para pembaca diasumsikan sebagai
orang-orang yang merasa perlu untuk memuaskan keingintahuannya atau hanya sekadar ingin
mendapatkan pengetahuan atau pemahaman baru terhadap suatu hal. Pembaca jenis ini jelas bukan
ilmuwan yang memerlukan setumpuk data untuk memperkuat analisis terhadap suatu topik.
Dari paragraf di atas dapat disimpulkan …
A. Tulisan ilmiah dan ilmiah-populer itu berbeda.
B. Pembaca tulisan ilmiah-populer bukan ilmuwan.
C. Pembaca tulisan ilmiah-populer hanya sekadar untuk mendapatkan pengetahuan baru.
D. Tulisan ilmiah-populer tidak perlu menyajikan data secara detail.
E. Pembaca tulisan ilmiah-populer diasumsikan sebagai orang-orang perlu memuaskan
keingintahuannya.

26. Berikut ini merupakan topik yang tepat untuk menulis paragraf narasi yaitu . . . .
A. Perjalanan Bank Bukopin
B. Keindahan Pantai Pangandaran
C. Pengalamanku di Masa Kecil
D. Menabung untuk Masa Depan
E. Dampak Kebiasaan Merokok

27. Simak penggalan narasi berikut ini!
Waktu itu jam istirahat, seperti biasa aku memilih di perpustakaan. Bel tanda masuk berbunyi, aku
segera kembali ke kelas. Ketika tiba di depan kelas, aku lihat teman-temanku diam semua dan
mengerjakan tugas. Aku kira pelajarannya kosong. Ada tugas dan segera dikumpulkan. Aku senang
sekali karena hari ini akan ada ulangan.
Perbaikan kalimat yang tercetak miring dalam paragraf di atas agar menjadi kalimat baku adalah. . .

A. Aku kira pelajaran pada jam tersebut kosong.
B. Aku mengira bahwa pelajaran pada jam tersebut kosong.
C. Aku mengira pelajarannya kosong.
D. Aku mengira pelajarannya kosong pada jam tersebut.
E. Aku mengira jam kosong pada pelajarannya.

28. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
    Sumber: pixabay.com
Hari kedua ini kondisi kami tidak optimal. Padahal jalan yang bakal kami telusuri lebih berat, dengan
tingkat resiko tinggi. Lorong gua menurun terjal dengan jarak 60 meter sampai 70 meter. Bukan
cuma licin, air yang tergenang juga mengalir dan jatuh mengikuti bentuk lorong gua. Kalau sampai
terpeleset atau lampu mati saat turun, bisa gawat.
Kata tidak baku dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat. . . .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. kelima

29. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Tangis adikku keras sekali. Nenek berusaha menghentikan tangisnya. Akan tetapi adik tetap
menangis. Air matanya berlinang membasahi pipi. Matanya memerah. Tiba-tiba teman adikku datang. Akhirnya adikku terdiam seketika.
Pikiran utama pada paragraf di atas adalah ....
A. nenek membujuk
B. matanya memerah
C. adik menangis
D. teman adik datang
E. adik terdiam

30. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pada pesta ulang tahun yang ke-17, Rani tampak cantik. la selalu tersenyum ramah kepada tamunya.
la bergaun merah muda. la didampingi oleh kedua orang tuanya.
Pikiran utama paragraf di atas adalah ...
A. Pada pesta ulang tahun yang ke-17.
B. Rani tampak cantik.
C. la selalu tersenyum ramah.
D. la bergaun merah muda.
E. la didampingi oleh kedua orang tuanya.

31. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Selama ini aku merasa bangga karena kedua orang tuaku selalu memerhatikanku. Seluruh kebutuhan
sekolahku selalu tercukupi. Beberapa hari yang lalu aku mendapatkan hadiah kejuaraan olahraga
sehingga kedua orang tuaku senang atas prestasi yang kuraih tersebut.
Paragraf di atas mengambil sumber tema....
A. pengalaman
B. pengamatan
C. penelitian
D. pendapat orang lain
E. daya khayal

Paragraf di bawah ini untuk soal nomor 32- 34!
Ketika aku kecil, tubuhku sangat gemuk. Untuk duduk atau mengenakan sepatu aku harus dibantu ayah atau ibuku. Bukan karena aku manja, tetapi karena memang aku sulit untuk menekuk tubuhku lantaran terganjal perutku yang buncit. Dokter keluargaku menyarankan agar aku mencoba berolahraga dengan jenis olahraga yang paling aku sukai. Sudah kucoba berbagai jenis olahraga, mulai renang dan fitnes di tempat fitnes atau di rumah, namun semuanya tidak bertahan lama. Akhirnya, aku menemukan olahraga yang amat sangat aku sukai, yaitu bermain sepatu roda. Sungguh, sehari saja aku tidak menyentuh sepatu roda, rasanya kakiku gatal.
32. Paragraf tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan ….
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. persuasi
E. argumentasi

33. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
A. terletak pada kalimat 1
B. terletak pada kalimat 2
C. terletak pada kalimat 3
D. terletak pada kalimat 4
E. tidak memiliki ide pokok

34. Paragraf tersebut bertujuan untuk ….
A. menjelaskan sesuatu
B. meyakinkan pembaca
C. menggambarkan sesuatu
D. menceritakan sesuatu
E. memengaruhi orang

35. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
1. Karta berasal dari keluarga yang kurang mampu bercita-cita ingin menjadi sarjana teknik.
2. Karta diterima sebagai mahasiswa ITB jurusan elektro.
3. Sejak ia masuk SMA ia kerja keras melengkapi buku pelajaran.
4. Setiap hari ia rajin pergi ke perpustakaan meminjam buku-buku dan belajar dengan tekun.
5. Ternyata setelah mengikuti ujian akhir SMA, ia lulus dengan peringkat terbaik.
Urutan kalimat di atas yang tepat sesuai dengan penalaran induksi adalah ...
A. 1 – 3 – 4 – 5 – 2
B. 2 – 1 – 3 – 4 – 5
C. 3 – 1 – 4 – 5 – 2
D. 4 – 1 – 3 – 5 – 2
E. 5 – 2 – 1 – 3 – 4

36. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
     Sumber: pixabay.com
Sejak kecil aku gemar menari. Aku sering diajak ibu ke sanggar tarinya. Tidak jarang ibu
mengajariku menari bersama murid-muridnya. Selain itu, ayah juga mengajariku disiplin mengikuti
latihan tari. Oleh karena itu, ……..
Kata yang logis untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
A. aku terus rajin berlatih menari
B. aku berhasil menjadi salah seorang penari nasional
C. aku sering diberi hadiah setiap habis menari
D. aku mendapat fasilitas yang serba menyenangkan
E. aku tidak pernah dipungut biaya setiap pergi keluar negeri

37. Bacalah dialog wawancara di bawah ini!
Siswa     : Bagaimana perasaan Ibu setelah menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional tahun ini?
Ibu Silvi : Saya sangat bangga. Selain dapat mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi
                pengalaman tersendiri buat saya.
Siswa     : Sudah berapa lama Ibu mengajar?
Ibu Silvi : Ibu sudah mengajar selama 15 tahun

Teks narasi yang sesuai dengan kutipan wawancara di atas adalah....
A. Ibu Silvi merasa sangat bangga atas prestasinya menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional tahun ini. “Selain dapat mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buat saya,” kata beliau. Ibu Silvi sudah mengajar selama 15 tahun.
B. Dengan berbekal pengalamannya mengajar selama 15 tahun, Ibu Silvi berhasil menjadi Guru
Teladan Tingkat Nasional tahun ini. Saya merasa sangat bangga atas prestasinya. “Selain dapat
mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buatnya,” kata saya.
C. Ibu Silvi merasa sangat bangga atas prestasi saya menjadi Guru Teladan Tingkat Nasional tahun
ini. “Selain dapat mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buat dia,”
kata beliau. Ibu sudah mengajar selama 15 tahun.
D. Dengan berbekal pengalaman saya mengajar selama 15 tahun, saya berhasil menjadi Guru
Teladan Tingkat Nasional tahun ini. Saya merasa sangat bangga atas prestasi saya. “Selain dapat
mengharumkan nama sekolah, hal ini memberi pengalaman tersendiri buat saya,” kata saya.
E. Saya sangat bangga bisa mewawancarai Ibu Silvi yang akan menjadi kandidat Guru Teladan
Tingkat Nasional. Selain itu, saya bisa mengharumkan nama sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar