Kategori

2015/03/30

TO 4 Jakarta 2014-2015



SOAL BAHASA INDONESIA
LATIHAN UJIAN NASIONAL 2015
       Teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2, bacalah dengan cermat!        
Kalau ada negara kaya yang serba salah mengelola kekayaannya, barangkali salah satunya adalah Indonesia. Dari laut, perut bumi, rawa, hingga hutan di gunung-gunung negeri ini, semuanya bisa menghasilkan uang dan energi. Nyatanya, kekayaan itu tak bisa menyejahterakan 245 juta penduduk Indonesia secara merata. Alih-alih membuat rakyatnya semakin sejahtera, kekayaan alam Indonesia justru menjadi biang kesenjangan pendapatan. Segelintir orang menguasai sektor strategis dan menjadi konglomerat dengan kekayaan triliunan. Sementara jutaan orang lainnya hidup melarat. Tak perlu mencari orang miskin ke pulau terpencil atau daerah pedalaman. Di pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang menjadi barometer perekonomian Indonesia sangat mudah ditemukan warga miskin.
http://www.intisari-online.com/read/negara-kaya-yang-serba-salah

1.       Ide pokok paragraf tersebut yang tepat adalah ... .
A.    pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia
B.     dampak kekayaan alam Indonesia
C.     pengelolaan kekayaan Indonesia yang tidak benar
D.    barometer  perekonomian dan kekayaan Indonesia
E.     kesejahteraan dan kekayaan alam Indonesia

2.      Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf  tersebut adalah …
A.    Apakah kekayaan alam Indonesia dapat dikelola dengan baik?
B.     Siapakah yang dapat mengelola kekayaan alam Indonesia?
C.     Bagaimanakah cara mengelola kekayaan alam Indonesia?
D.    Mengapa kekayaan alam Indonesia tidak bisa menyejahterakan penduduknya?
  1. Bagaimanakah cara menyejahterakan penduduk Indonesia?

        Teks berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4, bacalah dengan cermat!       
Pencuri profesional di banyak daerah kerap membobol dana nasabah melalui anjungan tunai mandiri (ATM). Untuk menghindari hal tersebut, Presiden Direktur Bank Central Asia, Jahja Setiaatmadja, memiliki tips sederhana, tetapi dijamin manjur. Ia mengatakan, kerahasiaan kode personal atau personal identification number (PIN) harus betul-betul dijaga supaya tidak menjadi korban pembobolan seperti yang dilakukan sindikat Malaysia. Hal yang paling mudah dilakukan agar terhindar dari pembobolan dana nasabah oleh pelaku kejahatan adalah, dengan menutup tombol angka pada mesin ATM saat memasukkan PIN. "Kalau tidak ada penutupnya (pada tombol angka ATM) bisa dilakukan dengan mentutupnya dengan tangan, sehingga tidak bisa direkam kamera nomor PIN-nya," kata Jahja di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/3/2014).
http://www.tribunnews.com/nasional/2014/03/04/cara-mudah-nan-manjur-hindari-pembobolan-atm

3.   Arti kata professional pada paragraf tersebut adalah ….
A.    seseorang yang sehari-hari ahli dengan profesinya
B.     tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi
C.     seseorang yang professional untuk membobol bank
D.    perilaku orang yang professional melakukan kejahatan
E.     profesi yang sudah mendarah daging bagi seseorang


4.            Tujuan penulis pada paragraf tersebut adalah ….
A.    menginformasikan kepada nasabah agar menjaga PIN.
B.     menjelaskan kepada nasabah cara menghindar dari pencuri
C.     menyampaikan kiat agar terhindar dari pembobolan dana nasabah
D.    menginformasikan bahwa bank menjaga kerahasiaan nasabah
E.     mengimbau agar berhati-hati dengan sindikat Malayasia pembobol bank

        Teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6. Bacalah dengan cermat!
(1)    Saat ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI telah memiliki lima bus tingkat yang beroperasi hari Senin yang lalu. (2) Bus-bus tersebut dapat dinaiki mulai pukul 09.00 s.d. 19.00 WIB setiap harinya. (3) Setiap bus akan didampingi oleh tour guide yang siap mengajak penumpang berkeliling kota. (4) Bus itu memiliki kapasitas 60 tempat duduk yakni di bagian bawah, kursi yang tersedia berjumlah 18, sementara di atas 42. (5) Bus tersebut juga memiliki jendela-jendela yang besar sehingga penumpang bisa melihat pemandangan di luar dengan leluasa dan dilengkapi dengan penyejuk udara (AC).
http://id.berita.yahoo.com/bus-tingkat-wisata-bisa-dinikmati-mulai-senin

5.      Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ... .
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)
E.        (5)

6.      Kalimat fakta  dalam paragraf tersebut adalah … .
A.   (1) dan (3)
B.    (2) dan (3)
C.    (3) dan (4)
D.   (4) dan (5)
E.    (5) dan (3)

     Teks berikut untuk menjawab soal nomor 7 dan 8, bacalah dengan cermat!          
(1)   Pemerintah mengakui setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mendapat penghasilan besar, termasuk tunjangan, dan remunerasi yang didasarkan pada kinerja. (2) Tujuannya untuk menghindari PNS dari niat korupsi, kolusi, dan nepotisme serta penyelewengan jabatan.  (3) "PNS memang harus digaji besar untuk menciptakan dan meningkatkan kehidupan yang layak buat si PNS," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Keuangan, Kiagus Badarudin, kepada Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Rabu (5/3/2014). (4) Jika gaji PNS tinggi, tambah dia, akan mengurangi niat jahat seperti penyelewengan, penyimpangan ataupun korupsi di kementerian maupun lembaganya masing-masing. (5) Permasalahan korupsi dan sebagainya sudah terjadi di mana-mana dan sulit diberantas.
http://bisnis.liputan6.com/read/2018375/pns-harus-digaji-besar-agar-tak-tergiur-korupsi

7.      Kalimat opini dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor … .
A.    (1) dan (2)
B.    (1) dan (4)
C.    (2) dan (4)
D.    (3) dan (4)
E.     (4) dan (5)
8.      Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah nomor … .
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)
E.        (5)

9.      Bacalah kutipan biografi berikut!

Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962. Ia  lulus dari SMA Boedi Oetomo pada tahun 1981 kemudian melanjutkan studinya di Kedokteran gigi Universitas Indonesia.  Chairul termasuk mahasiswa yang pandai. Ia  mendapat penghargaan sebagai mahasiswa teladan tingkat nasional pada tahun 1984-1985.

           Untuk menopang uang sakunya yang jauh dari cukup, Chairul pun berkuliah sambil berbisnis. Walau ia harus membagi waktu antara kuliah dan berbisnis,  tetapi Chairul bisa menyelesaikan kuliahnya di kedokteran gigi dengan baik dan menyandang gelar sarjana kedokteran. Namun, darah bisnis rupanya lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput rezeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi.

           Chairul memantabkan bisnisnya dengan mendirikan perusahaan bersama tiga temannya pada tahun 1987. Bisnis ini bermodalkan hutangan dari bank sebesar 150 juta. Perusahaan Chairul dan temannya ini memproduksi sepatu anak-anak untuk diekspor. Mereka patut berbangga karena begitu mendirikan usaha ini mereka langsung menerima orderan sebesar 160 ribu pasang sepatu dari Itali. Namun kemudian Chairul memutuskan untuk berpisah dan mendirikan usaha sendiri karena ternyata ketiga temannya memiliki visi yang berbeda dengan dirinya.

           Chairul kemudian mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak di bidang media yaitu mendirikan Trans TV. Chairul Tanjung sangat pandai dalam membangun jaringan. Perusahaannya ini semakin maju dan akhirnya berhasil membuat suatu konglomerasi yang kemudian diberi nama Para Group. Para Group sendiri kemudian membagi tiga ladang usahanya yaitu dibidang keuangan, properti, multimedia. Chairul Tanjung yang  “anak singkong” kemudian menjadi seorang konglomerat Indonesia bahkan namanya juga termasuk dalam jajaran seribu orangg terkaya dunia.

http://biografi-orang-sukses-dunia.blogspot.com/2013/10/biografi-chairul-tanjung-anak-singkong.html

Keteladanan  tokoh  dalam kutipan tersebut adalah . . .
A.    Chairul mampu membagi waktu antara kuliah dan berbisnis.
B.     Chairul kuliah di fakultas kedokteran gigi sambil berbisnis.
C.     Chairul lulus dari fakultas kedokteran gigi, tetapi lebih memilih berbisnis.
D.    Chairul mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak di bidang media.
E.     Chairul memutuskan untuk berpisah dan mendirikan usaha sendiri.






Cermatilah tabel  berikut unuk menjawab soal nomor 10 dan 11.
Data Kecelakaan Lalu Lintas Berdasarkan Jenis Kendaraan

No.

Kendaraan
Tahun
2009
2010
1.
Bus
36
34
2.
Truk
64
32
3.
Pick up
10
14
4.
St.Wagon
33
44
5.
Jeep
2
0
6.
Sedan
5
1
7.
Sepeda motor
331
323
8.
Lain-lain
0
19
              Jumlah
481
467

10.  Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ...
A.    Pada tahun 2010 tingkat kecelakaan lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya.
B.     Tingkat kecelakaan lalu lintas pada tahun 2009 lebih rendah daripada tahun 2010.
C.     Jumlah kecelakaan berkendaraan  bus lebih tinggi daripada berkendaraan sedan.
D.    Jumlah orang yang tewas dengan berkendara motor lebih tinggi daripada jeep.
E.     Ulah pengemudi tahun 2010 lebih tertib dibandingkan dengan tahun 2009.

11.  Simpulan isi tabel tersebut  yang tepat adalah …
A.    Semua kendaraan pasti memiliki risiko kecelakaan dan hal itu sangat bergantung kepada pengendaranya.
B.     Berkendara dengan sedan lebih nyaman dan lebih aman dari kendaraan lainnya karena terhindar dari kecelakaan.
C.     Pengendara sepeda motor perlu diberi penyuluhan cara berkendara yang baik agar terhindar dari kecelakaan.
D.    Untuk perjalanan jauh lebih aman mengendarai jeep daripada kendaraan lainnya karena resiko kecelakaannya kecil.
E.     Ternyata berkendara dengan sepeda motor lebih tinggi tingkat kecelakaannya daripada kendaraan lainnya.

Kutipan tajuk rencana berikut untuk soal no. 12 dan 13, bacalah dengan cermat!          
       Terjadinya tumpang tindih penelitian tidak hanya terjadi di lingkungan perguruan tinggi, tetapi terjadi juga di lembaga riset lainnya. Objek penelitian pun sering tidak terintegrasi dan tidak dipublikasi. Hasil penelitian tersimpan rapi di perpustakaan lembaga riset. Hasil riset gagal menjadi referensi perbaikan kebijakan pemerintah. Program-program penelitian juga kurang memperhatikan aspek budaya dan kemanusiaan, tetapi lebih ke riset teknologi, politik, ekonomi, dan sosial. Padahal, ilmu pengetahuan juga mencakup bidang budaya dan kemanusiaan. Sebaiknya, perguruan tinggi terus memperbaiki praktik risetnya. Bila perlu dan sudah siap, diintroduksi apa adanya. Lembaga riset dan perguruan tinggi seperti halnya urusan kebudayaan di bawah kementerian tersendiri. Jadi, mungkin saja perguruan tinggi berada di bawah Kemristek. Namun, saat ini rasanya masih banyak masalah lain yang mendesak dan mendasar untuk segera diselesaikan oleh pemerintah.





12.  Opini penulis tajuk dalam teks tersebut adalah …
A. Terjadi tumpang tindih penelitian di perguruan tinggi.
B.  Perguruan tinggi sebaiknya memperbaiki praktik risetnya..
C.  Berbagai hasil penelitian hanya tersimpan rapi di perpustakaan.
D. Hasil riset menjadi referensi perbaikan kebijakan pemerintah.
E.  Penelitian tidak memperhatikan aspek budaya dan kemanusiaan.

13.  Pihak yang dituju dalam kutipan tersebut …
A. Kemristek
B.  masyarakat
C.  Kemendikbud
D. Para peneliti
E.  Pemerintah

Kutipan sastra Melayu Klasik berikut untuk soal nomor 14 dan 15, bacalah dengan cermat!
Maka tersebutlah kisah Marakarma berjalan dua bersaudara itu. Maka Tuan Puteri Nila Kesuma itu pun menangis hendak minum susu. Maka Marakarma pun menangis seraya berkata, “Diamlah adinda, jangan menangis kerna kita orang celaka. Dimanakah kita boleh mendapat susu lagi? Kita sudah dibuangkan orang.” Maka diberinyalah kepada adiknya ketupat itu sebelah. Maka dimakannyalah. Maka ia pun diamlah. Maka sampai tujuh hari tujuh malam ia berjalan itu. Maka ketupat yang tujuh biji itu habislah dimakan oleh Tuan Puteri Nila Kesuma itu, kerana diberikannya kepada adiknya sebelah dan petang sebelah.
Setelah hamakan. Maka diambil oleh Marakarma segala taruk kayu dan umbut-umbut dan buah- buahan kayu yang di dalam hutan itu yang patut dimakannya. Maka diberikannya kepada saudaranya itu dan barang dimana ia bertemu dengan air maka dimandikannyalah akan saudaranya. Syahdan beberapa lamanya ia berjalan itu, maka beberapa bertemu dengan gunung yang tinggi- tinggi dan padang yang luas- luas dan tasik yang berombak seperti laut tempat segala dewa-dewi dan peri, mambang, indera, cendera, jin. Maka raja-raja jin di sanalah tempat bermain lancang berlumba- lumba, di sanalah banyak ia beroleh kesaktian yang diberi oleh anak raja-raja itu.

14.   Hal  yang menunjukkan karakteristik sastra Melayu Klasik berupa istanasentris berdasarkan teks tersebut adalah …
A. Ceritanya sangat sulit dipahami karena mengisahkan puteri raja.
B.  Adanya kemustahilan cerita yaitu putri raja diusir dari istana.
C.  Cerita mengisahkan kehidupan puteri raja yang diusir dari istana.
D. Penggunaan kata ”Maka” di awal kalimat dan kata ganti ”hamba.”
E.  Isi cerita pada umunya berupa nasihat untuk para pembaca.

15.  Nilai moral yang terdapat dalam kutipan hikayat tersebut adalah … .
A.    Menjaga dan melindungi adiknya dengan berupaya memberikan makanan.
B.     Kakak yang patuh dan selalu ingin hidup berdampingan dengan saudaranya.
C.     Tidak melakukan perbuatan yang mengganggu ketenangan masyarakat.
D.    Memandikan adik setiap hari sebelum mengajak bermain di tepi pantai .
E.     Percaya terhadap adanya kesaktian yang dimiliki oleh raja-raja jin.




        Kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 16 s.d. 18
           (1) ”Yuk...mari kita kemon, gue di depan, abis itu Riani, Dinda, Ian, Zafran, dan terakhir  Rambo...oke?”
           (2) ”Siip!” Arial memberikan senyum mantapnya ke Genta yang sedikit membuat semangat dalam diri Genta.
”Yuk berangkat.”
            (3) ”Inget...jangan bengong, jangan sombong, interval masing-masing dua meter, jangan lebih,” Genta kembali mengingatkan, dilanjutkan dengan menganyun melangkah tanpa menengok ke belakang lagi.
            (4) Riani sedikit bertatapan dengan Zafran. Mata Riani memberikan lirikan dan tolehan yang menunjuk ke Genta, yang ditangkap sebagai ”kenapa dia?”
”Iya, nggak biasanya...,” jawab Zafran pendek dan pelan.
            (5) Rombongan itu mulai memasuki hutan yang mulai menggelap, sinar matahari selepas siang seperti enggan menembus dedaunan lebat. (6) Genta terus berjalan di depan, terus mencoba fokus ke jalan setapak dan kompas yang dipegangnya. (7) Sesekali ia menengok ke belakang, melihat apakah teman-temannya masih lengkap. (8) Riani, Dinda, Ian, Zafran, Arial. (9) Dicermatinya mereka berulang-ulang
                                                                      (5 cm, Donny Dhirgantoro)

16.  Watak tokoh Genta  berdasarkan kutipan novel tersebut adalah …
A. peduli
B.  tegas
C.  ramah
D. egois
E.  sombong

17.   Pendeskripsian watak tokoh  Genta  diungkapkan melalui
A. perilaku tokoh
B.  dialog tokoh
C.  lukisan tempat tinggal tokoh
D. jalan pikiran tokoh
E.  tuturan langsung pengarang

18.  Kalimat pembuktian latar tempat dalam kutipan tersebut terdapat pada kalimat
A. (1)
B.  (3)
C.  (5)
D. (7)
E.  (9)












      Kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20.

”Adakah yang hendak kau bicarakan dengan daku, Zul? Ceritakanlah.” Perkataan Wartini menambah semangatku untuk meguraikan segala-galanya kepadanya. Begitulah kami termenung keduanya, setelah kuceritakan bahwa Syamsu, adikku hendak pindah dari Shonanto ke Jakarta dan hendak tinggal bersama kami. Kuterangkan pula, bahwa aku tak dapat menolak. Jika kutolak aku dipandang rendah oleh orang kampungku. Wartini pun mengerti tentang hal itu. Dan tentang bahayanya Syamsu tinggal bersama kami, terus terang pula kuuraikan kepada Wartini.

”Takutmu terlalu berlebih-lebihan, Zul. Aku cinta kepadamu. Syamsu hanya teman mainku di waktu kecil. Cinta demikin tak masuk dalam hatiku. Cinta monyet, kata orang.”                                                                              (Idrus, Ave Maria)


19.   Konflik yang tokoh Zul dalam kutipan tersebut adalah ...
A.    Kekhawatiran atas keutuhan rumah tangganya.
B.     Berusaha untuk menolak kedatangan adiknya.
C.     Penyesalan karena adiknya tinggal bersama.
D.    Takut orang kampung tidak menyayanginya.
E.     Merenungi perbuatan yang telah dilakukannya.

20.     Keterkaitan watak tokoh Wartini dengan kehidupan masa kini adalah ...
A.    Waspada terhadap hal yang mengganggu rumah tangga.
B.     Berterus terang mengungkapkan isi hati kepada suami.
C.     Kekhawatiran tidak diakui oleh keluarga di kampung.
D.    Menceritakan sesuatu yang hendaknya kita kerjakan.
E.     Berusaha memaksakan kehendak kepada orang lain.
   
    Cermati kutipan naskah drama berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22!

Jambu  : ”Jauhkan baginda dari Ratu Kenari. Usul-usulnya serba tidak masuk akal                 dan melemahkan semangat Baginda.”

Dara    : ”Saran anda sangat perlu saya perhatikan

Reso    : ”Cukup! Sekarang, silahkan Anda berempat pulang. Istri Anda akan segera                 kami susulkan.”

Bambu : ”Baik. Kami akan pulang tetapi berjanjilah bahwa Anda tidak akan                          terlambat mengambil tindakan untuk membela keutuhan kerajaan.”

Sumbu : ”Keutuhan kerajaan tidak bisa dikorbankan begitu saja. Kami mohon,                      jangan Anda berdiam diri di dalam hal ini.”

Lembu : ”Sedikit saja ada kelemahan di dalam wilayah kerajaan, orang Portugis.”

 


21.  Watak tokoh Sumbu berdasarkan kutipan naskah drama tersebut adalah ...
A.    tegas
B.     egois
C.     patuh
D.    penakut
E.     peduli





22.  Konflik pada tokoh Bambu dalam kutipan naskah drama tersebut adalah ...
A.    Keinginan untuk segera meninggalkan kerajaan .
B.     Tidak percaya terhadap usul yang diberikan teman.
C.     Keinginan untuk memisahkan Ratu dan Baginda.
D.    Terlalu banyak saran yang harus dipertimbangkan.
E.     Khawatir akan keutuhan sebuah kerajaan.

                Cermati puisi berikut untuk menjawab soal nomor 23 s.d. 25
SELAMAT TINGGAL

Aku berkaca

ini muka penuh luka
Siapa punya?
Kudengar seru menderu
dalam hatiku?
Apa hanya angin lalu?

Lagu lain pula
Menggelepar tengah malam buta

Ah…??

Segala menebal, segala mengental
Segala tak kukenal…!!
Selamat tinggal...!!
                                                Chairil Anwar

23.  Makna lambang kata yang dicetak tebal dalam puisi tersebut adalah …
A. gambaran
B.  tampilan
C.  kehidupan
D. badan
E.  wajah

24.  Suasana dalam puisi tersebut adalah ...
A. bimbang
B.  sedih
C.  cemas
D. kecewa
E.  sendu

25.    Maksud isi larik yang bercetak miring dalam puisi tersebut adalah ...

A.      kematian terasa begitu dekat bagi kaum tua

B.      penderitaan yang tidak pernah berakhir

C.      kehidupan di dunia yang fana dan sementara

D.      suasana duka mencekam pada malam hari

E.       semua diam saat angin berlalu




26.  Cermati pantun berikut!

Pisang emas bawa berlayar
Masak sebiji di atas peti
Utang emas dapat dibayar
Utang budi dibawa mati

       Maksud    isi pantun tersebut adalah ...
A. Utang-piutang dalam hidup itu hal yang biasa.
B. Utang budi akan terbayar jika sudah mati.
C. Utang materi dapat dibayar selagi masih hidup.
D. Utang budi tidak dapat dibayar dengan materi.
E. Emas adalah harta yang paling berharga.

27.  Cermati gurindam berikut!

Keaiban orang jangan dibuka

Keaiban sendiri hendaklah sangka     


      Maksud isi gurindam tersebut adalah ...

A.    Tidak baik membicarakan kesalahan orang lain didepan umum.

B.     Tidak baik membuka kesalahan diri sendiri dan usahakan memperbaikinya.

C.     Lebih baik mengoreksi diri sendiri daripada membicarakan kesalahan orang lain.

D.    Hindarkan sifat ingin mengetahui kesalahan orang lain.

E.     Kejelekan diri sendiri tidak pantas dibicarakan dengan orang lain.

 

28.  Bacalah puisi kontemporer berikut!

Shang Hai
ping di atas pong
pong di atas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping
kutak punya ping
kutak punya pong
pinggir ping kumau pong
tak tak bilang ping
pinggir pong kumau ping
tak tak bilang pong
sembilu jarakMu merancap nyaring
Sutadji Calzoum Bachri, 1973


     Ciri yang dominan dalam puisi kontemporer tersebut adalah ….
A.    menggunakan simbol-simbol
B.     mengutamakan tipografik/bentuk
C.     menggunakan idiom inkonvensional
D.    mengungkapkan kritik sosial
E.     mementingkan unsur bunyi

29.    Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Siapkan wadah yang bersih lalu taburkan ragi sesuai takaran!
(2) Kupas kulit luar sampai kulit ari ubi!
(3) Bungkus atau tutup wadah dan tunggu selarna tiga hari!
(4) Pilihlah ubi kayu yang berkualitas baik!
(5) Lalu, bersihkan, potong-potong sesuai selera, dan kukuslah ubi!
 









Susunan kalimat yang tepat menjadi paragraf ekspositoris proses tersebut adalah ….
A. (2), (4), (1), (3), dan (5)
B. (3), (1), (2), (4), dan (5)
C. (3), (5), (2), (3), dan (1)
D. (3), (2), (5), (1), dan (4)
E. (4), (2), (5), (1), dan (3)

30. Cermati paragraf berikut!
       Selama Pekan Rakyat Jakarta yang diselenggarakan oleh Ikatan Pedagang Pasar Tradisional Jakarta,   berlangsung di Jakarta Convention Centre, pedagang beras memberi potongan harga sebesar  20%. Pedagang buah memberi diskon 15%. Diskon 15% persen juga diberikan oleh pedagang sayuran. Pedagang makanan memberi diskon 20%. Hampir 85% peserta pameran memberikan harga 10% di bawah harga umum. . . .
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah ...
A.    Jadi, sebaiknya kita menyempatkan diri untuk  mengunjungi  pameran tersebut.
B.     Dapat disimpulkan, bahwa harga bahan pokok pada pameran tersebut tidak sama.
C.     Dengan demikian, semua harga di pameran tersebut terjangkau oleh masyarakat.
D.    Maka, masyarakat senang berbelanja  karena potongan harganya mencapai 20%. 
E.     Jadi, pada umumnya pedagang di pameran tersebut memberikan potongan harga.

31.   Cermati silogisme berikut!
Premis Umum    :  Semua siswa kelas XII mempersiapkan diri secara maksimal untuk
                              menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi.
Premis Khusus   :  Agung siswa kelas XII.
Simpulan            :  Agung mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi 
                               UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi.

Kalimat entimem berdasarkan silogisme tersebut adalah …
A.       Agung siswa kelas XII mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi karena ia ingin nilai yang baik.
B.       Semua siswa kelas XII mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi karena mereka ingin lulus.
C.       Agung  mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi karena ia siswa kelas XII. 
D.       Agung siswa kelas XII mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan masuk ke perguruan tinggi karena ia ingin lulus.
E.        Semua siswa kelas XII mempersiapkan diri secara maksimal untuk menghadapi UN dan ujian masuk ke perguruan tinggi termasuk Agung.

32.  Bacalah kutipan berikut dengan saksama!
Seseorang yang kurang pandai dalam belajar, tetapi memiliki kemauan ingin pandai, dia akan berusaha belajar. Sedikit demi sedikit dan bertahap, dia mencoba mempelajari apa yang tidak dikuasainya sesuai dengan batas kesanggupan berpikirnya. Hal ini dilakukannya berkali-kali dan berkesinambungan. Akan tetapi, jangan dipaksakan karena mengalami kejenuhan dan menimbulkan kepusingan, bahkan sakit. Berkat kesabaran dan kesungguhan, dia pun menjadi pintar sama halnya dengan mengasah pisau yang tumpul. Bila menginginkan pisau itu tajam, harus diasah. Mengasahnya perlahan-lahan dan dirasa-rasakan ketajamannya sesuai dengan kualitas besi dan bahan pisau tersebut. Artinya, jangan dipaksakan mengasahnya untuk cepat tajam. Pisau itu diasah secara perlahan-lahan. Akhirnya, pisau menjadi tajam sesuai dengan keinginan dan kegunaannya. …

 














        Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf analogi tersebut adalah …
       A. Jadi, belajar itu sangat mudah dilakukan oleh siapa saja sama dengan mengasah pisau
            sangat mudah dilakukan oleh siapa saja asal ada yang akan disahkan dan orang yang akan
            mengasah pisau.
       B. Dengan demikian, seseorang yang kurang pandai dapat menjadi pandai bila dia belajar
            secara kontinu seperti sebuah pisau tumpul apabila diasah perlahan-lahan akan menjadi
            tajam.
       C. Betapa sulitnya belajar itu dilakukan oleh seseorang karena harus menyusun kiat-kiat
            yang telah direncanakan sedemikian rupa sehingga yang ingin belajar menerapkan kiat-
            kiat tersebut.
       D. Dengan demikian, sebuah pisau tumpul apabila diasah terus-menerus akan menjadi tajam
            laksana seseorang yang kurang pandai dapat menjadi pandai bila dia belajar secara terus-
            menerus.
       E. Artinya, mengasah pisau yang tumpul tidak bisa dilakukan secara cepat-cepat kalau
            seseorang menginginkan kualitas pisau yang diasah tersebut ketajamannya baik dan dapat
            digunakan.

33. Cermati paragraf berikut!
Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan…


 




Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…
A. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi.
B. Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan tersebut.
C. Gempa bumi  kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer
D. Gempa bumi Sumatera Barat merupakan gempa tektonik yang berasal dari pergeseran patahan Semangko
E. Beberapa gempa bumi  juga terjadi karena menumpuknya massa air yang sangat besar

34. Cermati naskah pidato berikut!

Saudara-saudara yang saya hormati, pembangunan agribisnis merupakan paradigma pembangunan pertanian yang didasarkan pada prinsip-prinsip bisnis. Dengan demikian, secara otomatis, strategi ini dibangun mempertimbangkan dinamika untuk meningkatkan daya saing agribisnis dalam perdagangan global. Upaya pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan akses para pelaku agribisnis pada pasar, baik pasar domestik maupun pasar global. ...


Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ...
A.  Sudah semestinya upaya meningkatkan kemampuan para pelaku agribisnis untuk
      mengidentifikasi peluang pasar dan menganalisis dinamika permintaan pasar.
B.  Untuk   itu,   diperlukan   langkah-langkah   bersama   antara   pemerintah   dan
      pengusaha agro, lembaga terkait, dan masyarakat untuk lebih meningkatkan kinerja.
C.  Namun demikian, tantangan yang dihadapi dalara pembangunan wisata agro
      sangat besar terutama kesiapan SDM, promosi dan dukungan prasarana.
D.  Agrowisata merupakan  salah  satu usaha  agribisnis  yang prospektif untuk
      dikembangkan sesuai dengan peranannya dalam pembangunan ekonomi.
E.   Kondisi perekonomian dan persaingan global yang semakin kompleks menuntut
      kreativitas pengembangan usaha yang kompetitif.

35. Cermati paragraf berikut!

Ibu guru selalu bilang, semua siswa tidak boleh mensontek pekerjaan teman. Jika ketahuan, ibu guru akan memberikan sangsi kepada siswa tersebut.

        Perbaikan kata tidak baku yang dicetak tebal dalam paragraf tersebut adalah ....
A. mengomentari, mencontek, sanksi
B.  mengatakan, menyontek, sanksi
C.  memberitahukan, mencontek, hukuman
D. mengatakan, mencontek, sanksi
E.  memberitahukan, mencontek, sanksi

36. Cermati paragraf rumpang berikut!

Suasana di desa sangat menyenangkan, tenang, dan menenteramkan. Hal itu terwujud karena di desa jarang terdengar suara kendaraan bermotor maupun suara orang lalu lalang. Hanya ada suara gerobak berisi rumput makanan sapi. ...  terdengar suara burung ... . Buat kita yang cerewet biasanya mengecilkan volume suara saat bercanda dengan teman. Bahkan, di desa tidak ada orang yang ... berlebihan. Kehidupan di desa memang sangat sederhana dan tidak berlebih-lebihan.

  Kata ulang  yang tepat untuk melengkapi paragraf  tersebut adalah … .
A.    sesekali, bersahut-sahutan, tertawa-tawa
B.     sekali-kali, bersahut-sahutan, tertawa-tawa
C.     sekali-kali, sahut-sahutan, tertawa-tawa
D.    berulang-kali, bersahut-sahutan, tertawa-tawa
E.     berkali-kali, bersahut-sahutan, tertawa-tertawa


37.  Cermati paragraf rumpang berikut!
Manfaat membaca ternyata belum … oleh sebagian masyarakat kita. Padahal, membaca merupakan jendela untuk … wawasan, menyerap informasi, dan mempertajam nalar kita. Itulah sebabnya kegiatan membaca harus dimulai sejak usia dini yang diawali dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Gemar membaca harus … di berbagai kalangan sehingga membaca dijadikan sebagai kebutuhan hidup sehari-hari.

      Kata berimbuhan  yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A.    dirasa, ditambah, ditumbuhkembangkan
B.    dirasakan, menambah, ditumbuhkembangkan
C.    dirasakan, bertambah, ditumbuh kembangkan
D.    merasa, menambah, ditumbuhkembangkan
E.     merasakan, bertambah, ditumbuh kembangkan

38. Cermati paragraf rumpang berikut!
 Akhir-akhir ini aksi pedagang beras yang curang mulai meresahkan masyarakat. Pemerintah perlu memperketat pengawasan terhadap peredaran dan perdagangan beras di pasaran. Namun, masyarakat sebagai konsumen juga tidak boleh hanya ... menghadapi kondisi ini, tetapi harus cerdas dalam memilih kualitas beras yang baik sebagai upaya menghentikan kecurangan tersebut.     

 Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
A.    bermuka dua
B.     tebal telinga
C.     tangan kanan
D.    mengambinghitamkan
E.     berpangku tangan

39. Cermati paragraf rumpang berikut!

Hati kita sangat sedih, perasaan pun sangat berat dan iba bila teringat saudara-saudara yang terkena bencana Gunung Sinabung dan Gunung Kelud. Kita tidak akan dapat meringankan perasaan saudara-saudara itu sekalipun telah memberi sumbangan kepada mereka. Ibarat peribahasa …

   Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
A. Janganlah bergantung pada akar lapuk.
B.  Hari baik dibuang-buang, hari buruk dikejar-kejar.
C.  Hati gajah sama dilapah, hati kuman sama dicacah.
D. Seberat-berat mata memandang lebih berat bahu memikul.
E.  Kalah jadi abu menang jadi arang.

40. Cermati paragraf berikut!

Ompi terduduk di kursi. Matanya cemerlang memandang. Tangannya diulurkannya kepadaku meminta telegram itu. Aku merasa ngeri memberikannya. Tapi aku tak bisa
berbuat lain. Telegram itu kusodorkan ke tangannya. Telegram itu dibuangnya ke luar jendela. Lalu didekapkannya ke dadanya. "Datang juga apa yang kunantikan,"
katanya.
Anak Kebanggaan, A. A. Navis

        Kalimat yang tepat untuk menggantikan kalimat yang dicetak miring pada kutipan
        tersebut adalah...
A. Telegram itu digenggamnya erat.
B. Tangannya terjulur lemah.
C. Telegram itu jatuh melayang-layang.
D. Mataku memandangi telegram itu.
E. Aku membacakan isi telegram itu.

41. Cermati paragraf berikut!

Berbuka puasa merupakan hal yang sangat dinantikan bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa. Terlebih bagi anak – anak karena yang baru belajar berpuasa. Makanan yang disajikan di meja makan sangat menggugah selera, namun ditambah dengan aneka makanan dan minuman khas Ramadhan yang bervariasi. Dan pada akhirnya, tidak semua makanan mampu dihabiskan saat berbuka puasa.

Perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A.  dan, sehingga, tetapi
B.  serta, apalagi, meskipun
C.  dan, apalagi, namun
D.  atau, jika, malahan
E.   sebab, tetapi, walaupun

42. Cermati kutipan berikut!

Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa export yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditi, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian besar, para inves asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia. Hal itu tentu merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infra struktural perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.

Istilah yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring dalam paragraf  tersebut adalah … .
A.  eskport, investasi, instruktur
B.  modifikasi, instrument, material
C.  akomodasi, industri, instruksi
D.  akomodatif, industrialisasi, infra struktur
E.   ekspor, investor, infrastruktur

43. Cermati iklan berikut!

LOWONGAN KERJA
Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa membutuhkan seorang tenaga sekretaris, dengan persyaratan; minimal SMA, usia maksimal  25 tahun, mahir berbahasa Inggris, dan komputer.
Lamaran ditujukan ke  PT Anugrah, Jalan Proklamasi 11, Jakarta
                                                                                (Angkasa , 5 Maret 2014)
    
     Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan tersebut adalah … .
A.  Sesuai iklan di Angkasa, 5 Maret 2014 oleh sebab itu saya tertarik bekerja di perusahaan yang Saudara, mudah-mudahan Bapak dapat memperkerjakan saya.
B.  Berdasarkan  iklan yang dimuat di harian  Angkasa, 5 Maret  2014, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai sekretaris di perusahaan yang Saudara pimpin.
C.  Karena saya telah berpengalaman sebagai sekretaris, saya sangat berminat mengisi lowongan kerja di perusahaan saudara.
D.  Dengan  ini saya ingin ajukan lamaran kerja di perusahaan Saudara untuk mengisi lowongan sebagai tenaga sekretaris sesuai iklan di angkasa, 5 Maretl  2014.
E.   Dengan membaca iklan yang dimuat Angkasa, 5 Maret 2014, saya segera mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan Saudara dengan harapan diterima.

44. Cermati ilustrasi berikut!

Sehubungan dengan persiapan Ujian Nasional kelas XII SMA Cendekia, kami mengundang Bapak/Ibu orang tua siswa untuk menghadiri rapat yang diadakan pada,

Penulisan pemerian yang tepat untuk melengkapi surat undangan tersebut adalah ....
A.  hari, tanggal                : Selasa, 4 Maret 2014
      pukul                            : 10.00- 12.00 WIB
      tempat                         : Aula SMA Cendekia
      acara                            : Sosialisasi UN
B.  Hari, Tanggal              : Selasa, 4 Maret 2014
      Pukul                           : 10.00-12.00 WIB
      Tempat                        : Aula SMA Cendekia
      Acara                           : Sosialisasi UN
C.  hari, tanggal                : Selasa, 4 Maret 2014
      Pukul                           : 10.00-12.00 WIB
      tempat                         : AULA SMA CENDEKIA
      acara                            : Sosialisasi UN
D.  HARI, TANGGAL    : Selasa, 4 Maret 2014
      Pukul                           : 10.00-12.00 WIB
      Tempat                        : Aula SMA CENDEKIA
      Acara                           : Sosialisasi UN

E.   Hari/tanggal                : Selasa/ 4 Maret 2014
      Pukul                           : 10.00-12.00 WIB
      Tempat                        : Aula SMA Cendekia
      Acara                           : Sosialisasi UN

45. Cermati judul karya tulis berikut!

pembinaan minat baca dan tulis bagi siswa sekolah menengah atas

  Penulisan judul yang sesuai dengan EYD adalah … .
A.       Pembinaan minat baca dan tulis bagi siswa sekolah menengah atas
B.       Pembinaan minat baca dan tulis bagi siswa Sekolah Menengah Atas
C.       Pembinaan Minat Baca Dan Tulis Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
D.       Pembinaan Minat Baca dan Tulis  bagi Siswa Sekolah Menengah Atas
E.        Pembinaan Minat Baca dan Tulis Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

46. Cermati topik karya tulis berikut!

Topik :  Budidaya Tanaman Anggrek

   Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik  tersebut adalah …  
A.       Bunga anggrek dapat bertahan lebih lama daripada bunga yang lainnya,
B.       Warna bunga anggrek bermacam-macam sehingga dapat memikat wisatawan. 
C.       Penanaman bunga anggrek tidak memerlukan banyak media dan lahan.
D.       Masih banyak orang yang belum tahu bahwa anggrek memiliki nilai ekonomi cukup tinggi.
E.        Tanaman anggrek dapat tumbuh di mana saja dan tidak memerlukan perawatan secara khusus.

47. Cermati topik karya tulis berikut!

Topik : Pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk siap pakai

   Kalimat rumusan tujuan yang sesuai dengan topik tersebut adalah ... .
A.    menjelaskan manfaat mengolah sampah organik menjadi pupuk siap pakai
B.    memberitahukan agar masyarakat rnengolah sampah menjadi pupuk
C.    mendeskripsikan pengolahan sampah organik menjadi pupuk
D.    agar lingkungan terbebas dari sampah yang berbau busuk
E.    menjelaskan cara mengolah sampah organik menjadi pupuk

48. Cermati puisi berikut!
HUTAN KELABU
Kau pun kekasihku
Langit di mana berakhir setiap pandangan
Bermula kepedihan rindu ini
Temaram kepadaku semata
Memutih dari seribu warna
...
Lalu kelabu menabuh nyanyian
                                                     (Sapardi Djoko Damono)

Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah ...
A.       Awan hitam mulai terlihat
B.       Udara desa terasa sejuk
C.       Hujan senandung dalam hutan
D.       Menjadi lukisan mewah
E.        Cahaya dari sinar matahari







49. Cermati naskah drama berikut!

Laura :   Ya, kau masih dua puluh tahun (la duduk di bangku belakang). Aku merasa
   lebih letih daripada biasanya (Melihat Petra yang nampak tak sabar),   
   pergilah kalau kau ingin ngobrol dengan tukang kebunmu!
Petra :     Dia bukan tukang kebunku, Senora, dia tukang kebun taman ini!
Laura :    Dia lebih tepat disebut milikmu daripada milik taman ini. Cari saja dia.
   Tapi jangan sampai terlalu jauh hingga tak kau dengar panggilanku.
Petra :     Saya sudah melihatnya di sana, menanti.
Laura :    Pergilah, tapi jangan lebih dari sepuluh menit.
Petra :     Baik, Senora (Berjalan ke kanan)
Laiira:     Hei, nanti dulu !
Petra :     Ada apa lagi, Senora?
Laura:     Berikan remah-remah itu !
Petra :     Ah pelupa benar aku ini !
Laura: ....
Pagi Bening, Terjemahan Sapardi Djoko Darmono

Kalimat dialog yang menggambarkan sifat bijak (baik hati) Laura, untuk melengkapi teks drama yang rumpang adalah ...
A.      Ah, kau memang kejam, Petra! (sambil tersenyum)
B.       (Melotof) Engkau tidak becus, kerja selalu salah.
C.       (Acuh tak acuh) Pikiranmu ke mana saja ? Jangan nyasar!
D.      (Senyum) Aku tahu! Pikiranmu sudah lekat ke tukang kebun itu kan?
E.       (Terbahak-bahak) Ah, aku lupa lagi, lupa lagi, rindu berat rupanya.


50.  Perhatikan ilustrasi berikut dengan saksama!
Buku ”Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu” yang ditulis oleh P. Swantoro termasuk buku sejarah walaupun temanya beraneka ragam. Pembaca akan mendapatkan informasi tentang sejarah tersebut.

 





      Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku sesuai dengan ilustrasi tersebut    adalah ...
A. Fakta sejarah akan ditemukan dalam membaca buku ”Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu”.
B. Dengan membaca buku ini secara cermat, para pembaca akan terbantu dalam mendapatkan informasi tentang sejarah.
C. Buku sejarah yang ditulis P. Swantoro ini mengajak para pembaca untuk memahami fakta sejarah pada setiap periode.
D. Banyak Fakta sejarah yang ditulis P. Swantoro yang kurang dikenal pada masyarakat Indonesia.
E. Buku ”Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu” yang ditulis oleh P. Swantoro sangat bermanfaat.